Perpustakaan SMPN 4 SUKASADA,BULELENG,BALI


Silabus


Sekolah                     : SMP Negeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran        : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas                       : IX (Sembilan)
Semester                : 2 (Dua)

Standar Kompetenai: 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya


Kompetensi Dasar




5.1Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya

Materi Pokok/ Pembelajaran


 


Sistem tata surya


Kegiatan Pembelajaran



TATAP MUKA

o Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang pengertian sistem tata surya, peredaran bulan, peredaran bumi, gravitasi, orbit dan hal-hal yang berkait dengan perbandingan antar planet.


o Merumuskan pengertian tentang sistem tata surya, peredaran bulan, peredaran bumi, gravitasi, orbit dan hal-hal yang berkait dengan perbandingan antar planet.

NILAI KARAKTER





Jujur


Kerja keras


Kreatif

Mandiri





Rasa ingin
Tahu



Gema
Membaca


Tanggung jawab

           Indikator






·   Mendeskripsikan  peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari








·   Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
·    Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya
·   Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dan sebagainya denganmenggunakan tabel


TMT/TMTT





     TUGAS MANDIRI TERSTRUKTUR

















     TUGAS MANDIRI TERSTRUKTUR



Teknik





Tes tertulis





Tes tertulis








Tes unjuk kerja


·   Tes tertulis

  Penilaian




Bentuk Instrumen






·   PG










  Uraian




Uji simulasi


Uraian




Contoh Instrumen





·   Pergerakan bulan mengelilingi matahari menurut arah ....
a. berlawanan dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
b. sesuai dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
c.  tidak ada hubungannya dengan dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
d. berlawanan dengan pergerakan matahari mengelilingi bumi
·   Kemukakan apa pengertian  gaya gravitasi!



·   Tunjukkan arah orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya yang tersedia!

·   Gunakan tabel yang tersedia untuk menunjukkan perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, dan jarak rata-rata ke matahari!

 

Alokasi Waktu





3x40’

Ssumber Belajar




Buku siswa, buku referensi, alat peraga, model tata surya



Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
NILAI KARAKTER


     Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen



5.2Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet



Matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet

TATAP MUKA


o Melakukan studi  pustaka

untuk mencari informasi tentang pengertian matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet, macam lapisan-lapisan penyusun, beserta perilakunya
o Merumuskan pengertian tentang bintang dan planet, deskripsi dari


o macam lapisan penyusun, serta deskripsi karakteristik perilakunya




Jujur


Kerja keras


Kreatif

Mandiri

Rasa ingin
 Tahu

Gema
Membaca


Tanggung jawab



·   Mendeskripsikan
·    
·    matahari sebagai salah satu bintang
·   Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari
·   Mendeskripsikan susunan lapisan matahari
·   Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi.

·    
·    
·    
·   Tes tertulis


·   Tes tertulis


·   Tes tertulis


·   Tes tertulis

·    
·    
·   PG


·   Uraian



·   Isian


·   Uraian


·    Matahari merupakan ....
  1. Bintang    c. satelit
  2. Planet      d. meteor
·    Matahari merupakan sumber energi, bahan-bahan apa saja  yang terkandung pada matahari!
·   Susunan lapisan matahari terdiri dari 1)...,2)...,3).....,4).....

·   Jelaskan bagaimana karakteristik perilaku bumi!
3x40’
Buku siswa, buku referensi, charta



5.3  Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksiny
a



Gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya

TATAP MUKA


Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
o Merumuskan pengertian tentang gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya



Jujur
Kerja keras
Kreatif
Mandiri
Rasa ingin
 Tahu

·       Gema
Membaca
·   Tanggung jawab
·    
·    
·    
·   dan posisinya terhadap bumi
·   Mendiskripsikan Menjelaskan periode rotasi bulan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut

·   Menjelaskan fungsi   satelit buatan.

· Tes tertulis


· Tes tertulis








· Tes tertulis

·   Uraian


·   PG








·   isian


·    Jelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi!

·    Gerhana matahari terjadi bila ....
a. bulan diantara matahari dan bumi
b. bumi diantara matahai dan bulan
c.  bulan dianatara matahari dan pluto
d. bumi diantara matahari dan pluto
·         Fungsi satelit buatan adalah ....
2x40’
Buku siswa, buku referensi











Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
NILAI KARAKTER
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen



5.4  Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor




Proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor

TATAP MUKA


o Menkaji pustaka untuk menggali hal-hal yang berkait dengan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
o Merumuskan hubungan antara proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan perubahan zat dan kalor



·       Jujur

Kerja keras
·       Kreatif
·       Mandiri

·       Rasa ingin
 Tahu
·           Tanggung jawab



·    
Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor
·   Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor




Tes tertulis



·   Tes tertulis



·    


·   Uraian



·   Uraian










Jelaskan pengaruh proses yang terjadi pada lapisan litosfer?

·   Jelaskan pengaruh proses yang terjadi pada lapisan atmosfer?








2x40’
Buku siswa, buku referensi

5.5   Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan


Hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

TATAP MUKA
o Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
o Merumuskan pengertian hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

·       Jujur

·       Kerja keras

·       Kreatif

·       Mandiri
·       Rasa ingin
 Tahu

·       Gema
Membaca

Tanggung jawab




·   Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan
·   Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
·   Menjelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
·   Menyadari bahayanya pengaruh negatif  proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia

·    

·    
·   Tes tertulis



·   Tes tertulis



·   Tes tertulis



·   Pemberian angket



·   Uraian



·   Uraian



·   Uraian



·   Angket



·   Jelaskan proses pelapukan di lapisan bumi?


·   Jelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi.

·   Jelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia

·   Angket dengan skala Likert




3x40 ’
Buku siswa, buku referensi

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada



I Gede Sumatra Jaya, S.Pd
NIP:196503291986011001                                                                                                                                      

Panji Anom,    Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,



Gede Sucita,S.Pd.Bio
NIP: 19621111198411                                                                                       


0 Responses

Posting Komentar