Silabus
Sekolah : SMP
Negeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran : ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Kelas : IX
(Sembilan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetenai: 5.
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
Kompetensi Dasar
5.1Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
Sistem tata surya
|
Kegiatan Pembelajaran
TATAP MUKA
o Melakukan
studi pustaka untuk mencari informasi tentang pengertian sistem tata surya,
peredaran bulan, peredaran bumi, gravitasi, orbit dan hal-hal yang berkait
dengan perbandingan antar planet.
o Merumuskan
pengertian tentang sistem tata surya, peredaran bulan, peredaran bumi,
gravitasi, orbit dan hal-hal yang berkait dengan perbandingan antar planet.
|
NILAI KARAKTER
Jujur
Kerja keras
Kreatif
Mandiri
Rasa ingin
Tahu
Gema
Membaca
Tanggung jawab
|
Indikator
· Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi
mengelilingi matahari
· Menjelaskan gravitasi
sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
·
Mendeskripsikan orbit planet
mengitari matahari berdasarkan model tata surya
·
Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau
massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dan sebagainya
denganmenggunakan tabel
|
TMT/TMTT
TUGAS
MANDIRI TERSTRUKTUR
TUGAS MANDIRI TERSTRUKTUR
|
Teknik
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
·
Tes tertulis
|
Penilaian
Bentuk Instrumen
·
PG
Uraian
Uji simulasi
Uraian
|
Contoh Instrumen
·
Pergerakan bulan mengelilingi matahari menurut arah
....
a.
berlawanan dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
b.
sesuai dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
c.
tidak ada hubungannya dengan dengan pergerakan bumi
mengelilingi matahari
d.
berlawanan dengan pergerakan matahari mengelilingi bumi
·
Kemukakan apa pengertian gaya gravitasi!
·
Tunjukkan arah orbit planet mengitari matahari
berdasarkan model tata surya yang tersedia!
·
Gunakan tabel yang tersedia untuk menunjukkan
perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, dan jarak rata-rata ke
matahari!
|
Alokasi Waktu
3x40’
|
Ssumber Belajar
Buku siswa, buku referensi, alat peraga, model
tata surya
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
NILAI KARAKTER
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
5.2Mendeskripsikan matahari
sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
|
Matahari
sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
|
TATAP MUKA
o
Melakukan studi pustaka
untuk mencari informasi tentang
pengertian matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet, macam
lapisan-lapisan penyusun, beserta perilakunya
o
Merumuskan pengertian tentang bintang dan
planet, deskripsi dari
o
macam lapisan penyusun, serta deskripsi karakteristik
perilakunya
|
Jujur
Kerja keras
Kreatif
Mandiri
Rasa ingin
Tahu
Gema
Membaca
Tanggung jawab
|
· Mendeskripsikan
·
· matahari sebagai salah satu bintang
· Mendeskripsikan sumber
pembentukan energi matahari
· Mendeskripsikan susunan
lapisan matahari
· Mendeskripsikan
karakteristik dan perilaku bumi.
|
·
·
·
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
·
·
· PG
· Uraian
· Isian
· Uraian
|
·
Matahari merupakan
....
·
Matahari
merupakan sumber energi, bahan-bahan apa saja
yang terkandung pada matahari!
·
Susunan lapisan matahari terdiri dari
1)...,2)...,3).....,4).....
·
Jelaskan bagaimana karakteristik perilaku bumi!
|
3x40’
|
Buku siswa, buku referensi,
charta
|
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksiny
a
|
Gerak edar
bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
|
TATAP MUKA
Melakukan
studi pustaka untuk mencari informasi tentang gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksinya
o
Merumuskan pengertian tentang gerak edar
bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
|
Jujur
Kerja keras
Kreatif
Mandiri
Rasa ingin
Tahu
·
Gema
Membaca
·
Tanggung jawab
|
·
·
·
· dan posisinya terhadap bumi
· Mendiskripsikan Menjelaskan
periode rotasi bulan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan
menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut
· Menjelaskan fungsi satelit
buatan.
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
·
Uraian
·
PG
·
isian
|
·
Jelaskan periode
rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi!
·
Gerhana matahari
terjadi bila ....
a. bulan diantara matahari dan
bumi
b. bumi diantara matahai dan
bulan
c. bulan dianatara matahari dan
pluto
d. bumi diantara matahari dan
pluto
·
Fungsi satelit
buatan adalah ....
|
2x40’
|
Buku siswa, buku referensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
NILAI KARAKTER
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
|
Proses-proses khusus yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
|
TATAP MUKA
o Menkaji pustaka untuk
menggali hal-hal yang berkait dengan proses-proses khusus yang terjadi di
lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan
kalor
o Merumuskan hubungan antara
proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan
perubahan zat dan kalor
|
·
Jujur
Kerja keras
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Rasa ingin
Tahu
·
Tanggung jawab
|
·
Menjelaskan pengaruh
proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan
kalor
· Menjelaskan pengaruh
proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan
kalor
|
Tes tertulis
· Tes tertulis
|
·
· Uraian
· Uraian
|
Jelaskan pengaruh proses
yang terjadi pada lapisan litosfer?
· Jelaskan pengaruh proses
yang terjadi pada lapisan atmosfer?
|
2x40’
|
Buku siswa, buku referensi
|
5.5 Menjelaskan hubungan antara proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
Hubungan antara proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
TATAP MUKA
o Mengkaji pustaka untuk
menggali informasi tentang hubungan antara proses yang terjadi di lapisan
lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
o Merumuskan pengertian
hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan
kesehatan dan permasalahan lingkungan
|
· Jujur
· Kerja keras
· Kreatif
· Mandiri
· Rasa ingin
Tahu
· Gema
Membaca
Tanggung jawab
|
· Menjelaskan proses pelapukan
dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan
· Menjelaskan proses pemenasan
global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
· Menjelaskan pengaruh
proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
· Menyadari bahayanya pengaruh
negatif proses-proses lingkungan
karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia
|
·
·
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Pemberian angket
|
· Uraian
· Uraian
· Uraian
· Angket
|
· Jelaskan proses pelapukan di
lapisan bumi?
· Jelaskan proses pemanasan
global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi.
· Jelaskan pengaruh
proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
· Angket dengan skala Likert
|
3x40 ’
|
Buku siswa, buku referensi
|
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada
I Gede Sumatra Jaya, S.Pd
NIP:196503291986011001
|
Panji Anom, Januari
2013
Guru Mata Pelajaran,
Gede
Sucita,S.Pd.Bio
NIP: 19621111198411
|
Posting Komentar