RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 01
SMP/MTs : SMP
Negeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 3 Memahami
konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar
: 3.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
3.2
Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk tekhnologi
Indikator
1. Menyebutkan
sifat kutub magnet.
2. Menyebutkan
macam-macam magnet menurut bentuknya.
3. Menyebutkan
macam-macam magnet menurut sifat kemagnetannya
4.
Mendemontrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat
kemagnetan.
5. Memaparkan teori kemagnetan bumi
6. Menjelaskan sifat medan magnet
secara kualitatif disekitar kawat bermuatan listrik
Alokasi Waktu : 5
Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan)
A.Tujuan
Pembelajaran:
·
Akademik :
Peserta didik dapat :
1. Menyebutkan sifat kutub magnet. melalui demontrasi
2. Menyebutkan macam-macam magnet menurut bentuknya. melalui demontrasi
3. Menyebutkan macam-macam magnet menurut sifat kemagnetannya melalui
demontrasi.
4. Mendemontrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat
kemagnetan.dengan
tepat
5.
Memaparkan teori
kemagnetan bumi melalui diskusi informasi
6.
Menjelaskan sifat medan
magnet secara kualitatif disekitar kawat bermuatan listrik melalui diskusi
informasi
7.
Menyebutkan pemanfaatan
kemagnetan dalam produk tekhnologi melalui diskusi informasi
·
NILAI KARAKTER
1. Jujur
2. Disiplin
3. Kreatif
4. Mandiri
5. Rasa ingin tahu
6. Gemar membaca
7. Tanggung jawab
B.
Materi Pembelajaran
Ø Kutub magnet memiliki
sifat: a) Menarik benda-benda tertentu yang dekat pada magnet b) Menolak
kutub-kutub yang sejenis dan menarik kutub-kutub yang tak sejenis jika saling
didekatkan.
Ø Menurut bentuknya magnet dibedakan atas: a) Batang, Ladam, Silinder,
Lingkaran(cakram))
Ø Menurut sifat kemagnetannya dibedakan atas: a)Permanen/tetap b)Tidak
permanen/sementara.
Ø Cara membuat magnet dapat dilakukan dengan:a)gosokan, b) Induksi c)
mengalirkan arus listrik pada kawat penghantar.
Ø Teori kemagnetan bumi mengatakan; a)Bumi dapat dianggap magne yang besar
yang sifatnya sama dengan sifat magnet alam/buatan b) Medan magnet bumi
terletak didaerah kutub-kutub bumi c) Medan magnet bumi berasal dari gerakan
inti bumi c) Arah medan magnet bumi tidak tetap d) KUTUB UTARA MAGNET BUMI
TERLETAK DISEKITAR KUTUB SELATAN BUMI DAN KUTUB SELATAN BUMI TERLETAK DISEKITAR
KUTUB UTARA BUMI.
Ø Arus listrik yang mengalir disekitar kawat penghantar dapat menimbulkan
medan magnet yang arahnya tergantung arah arus listrik.(percobaan Oersted)
Ø Medan maganet yang ditimbulkan peghantar lurus lebih lemah dari pada yang
berbentuk kumparan.
Ø Medan magnet juga dapat menimbulkan medan listrik( perecobaan Faraday
Ø Medan magnet yang menimbulkan arus listrik itu disebut:GAYA LORENTZ yang
besarnya dapat ditentukan dengan rumus:F=B.I.L dan arahnya ditentukan dengan
aturan tangan kanan.
Ø
C.
Metode Pembelajaran
1.
Model
Cooperatif Learning (CL)
2.
Metode:
·
Demontrasi
·
Diskusi
kelompok
·
Tanya
jawab
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pertemuan
1 (TP 1-4)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
- Apakah anak-anak tahu, bahwa banyak peralatan kita yang menggunakan
magnet?
-
Bagaimanakah cara orang membuat magnet?
-
Prasarat Pengetahuan
· Anak-anak mengenal benda yang namanya magnet?
·
Apakah manfaat magnet itu?
·
Pra kegiatan
· Guru menuliskan indikator dan
tujuan pembelajaran.
· Guru membagikan LKS/ tugas
yang harus dikerjakan siswa
Kegiatan
Inti
A. Eksplorasi
B.
Elaborasi
· Guru mempersilahkan siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
· Guru menyempatkan diri memberikan
penghargaan kepada masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil
kegiatannya.
· Guru memberikan kesempatan lain
untuk saling menanggapi hasil presentasinya.
C.
Konfirmasi
· Guru memberikan komentar hasil
presentasi siswa.
· Guru memberikan umpan balik
positif terhadap kegiatan siswa.
· Guru memotivasi siswa yang kurang
aktif dalam kegiatan.
Kegiatan Penutup
· Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan tentang hasil belajar.
· Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui daya serap materi yang baru
dipelajari.
· Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
· Guru menginformasikan kepada siswa untuk materi selanjutnya.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
· Siswa mencatat indikator dan tujuan pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk perwakilannya untuk mempresentasikan
hasil diskusinya.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
· Siswa menerima informasi untuk materi selanjutnya.
|
10
menit
90
menit
20
menit
|
Pertemuan
2 (TP 5-7)
8. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Apakah anak-anak tahu,
benda yang namanya
kompas?
-
Apakah guna kompas itu?
-
Apakah kompas itu tepat
menunjukan arah utara
selatan bumi?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Sebutkan 2 kutub magnet .
- Sebutkan sifat-sifat kutub-kutub magnet.
·
Pra kegiatan
· Guru menuliskan indikator dan
tujuan pembelajaran.
· Guru membagikan LKS/ tugas
yang harus dikerjakan siswa
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
B.
Elaborasi
· Guru mempersilahkan siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
· Guru menyempatkan diri memberikan
penghargaan kepada masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil
kegiatannya.
· Guru memberikan kesempatan lain
untuk saling menanggapi hasil presentasinya.
2.
C. Konfirmasi
· Guru memberikan komentar hasil
presentasi siswa.
· Guru memberikan umpan balik
positif terhadap kegiatan siswa.
· Guru memotivasi siswa yang kurang
aktif dalam kegiatan.
3.
Kegiatan Penutup
· Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan tentang hasil belajar.
· Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui daya serap materi yang baru
dipelajari.
· Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
· Guru menginformasikan kepada siswa untuk materi selanjutnya
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
· Siswa mencatat indikator dan tujuan pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk perwakilannya untuk mempresentasikan
hasil diskusinya.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
· Siswa menerima informasi untuk materi selanjutnya.
|
10
menit
50
menit
20
menit
|
E. Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Alat praktikum/demontrasi.
2. LKS (Lembar Kerja Siswa).
3. Silabus.
4. Buku paket Sains/IPA
5. Buku lain yang relevan.
F.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik penilaian: tertulis
b.
Bentuk Instrumen/penilaian
c.
Instrumen/penilaian
kognitif:
1.
Salah satu sifat kutub magnet adalah……………………………………………..
2.
Sebutkan 3 cara membuat magnet !................................................................
3. Sebutkan 2 hal yang dapat dilakukan untuk
menghilangkan sifat kemagnetan
..........................................................................................................................
4 Jelaskan dengan singkat, tentang teori kemagnetan bumi !...........................
5 Jelaskan arah arus listrik dan arah medan magnet di sekitar kawat berarus
listrik........................................................................................................... .
- KUNCI JAWABAN :
1.Menarik
benda-banda yang terbuat dari logam seperti; besi, paku,tembaga.
2.a.Secara
gosokan b.Menggunakan arus listrik c.Induksi magnet
3.Dipukul-pukul,
Sering di jatuhkan, dipanaskan.
4.Teori kemagnetan bumi mengatakan : bumi dianggap sebagai magnet yang
besar dengan kutub utara magnetnya berada disekitar kutub selatan bumi, serta
kutub selatan magnetnya berada disekitar kutub utara bumi
5.Arah medan magnet yang
erjadi di sekitar kawat berarus listrik besarnya bergantung pada besar kecilnya arus listriknya.
d.
Instrumen afektif
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesiapan siswa dalam menerima pelajaran
|
2
|
2.
|
Kerjasama
kelompok
|
2
|
3
|
Menyiapkan
buku sumber
|
3
|
4.
|
Keantusiasan
siswa dalam diskusi
|
3
|
|
Jumlah Skor
|
10
|
e.
Instrumen Psikomotor
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menyampaian
ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
|
2
|
2.
|
Memformulasikan
ide/ gagasan pada kelompoknya.
|
2
|
3.
|
Mempresentasikan hasil diskusi.
|
4
|
4.
|
Membuat
kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
Mengetahui, Panji
Anom, Januari 2013
Kepala
SMP Negeri 4 Sukasada
Guru Mata Pelajaran
Gede Sumatra Jaya, S.Pd. Gede Sucita,S.Pd.Bio
NIP: 196503291986011001 NIP: 19621111 198411 1 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 02
SMP/MTs : SMP
Negeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 3 Memahami
konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar
: 3.3 Menerapkan konsep Induksi elektromagnetik untuk menjelaskan
prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
Indikator
3 Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis gaya magnet dengan terjadinya
GGL Induksi melalui percobaan.
2 Menjelaskan
prinsip kerja dinamo/Generarator secara sederhana
3 Menjelaskan secara kualitatif
prinsip kerja TRASFORMATOR
4 Menunjukan hubungan antara
pergeseran garis medan magnet dan
terjadinya
GGL Induksi melalui percobaan
Alokasi Waktu : 5
Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan)
A.Tujuan
Pembelajaran:
- Akademik
Peserta didik dapat :
1 Menjelaskan terjadinya arus induksi.
melalui diskusi informasi
2 Menyebutkan factor-faktor yang
mempengaruhi besarnya GGL Induksi melalui diskusi informasi
3 Menjelaskan prinsip kerja
dinamo/Generarator secara sederhana
melalui diskusi informasi
4 Menjelaskan prinsip kerja
Transformator.melalui diskusi informasi
5 Menjelaskan efisiensi transformatormelalui
diskusi informasi
6 Menuliskan rumus-rumus yang
berlaku pada Transformator melalui diskusi
informasi
7
Menyelesaikan soal-soal sederhana dengan rumus-rumus yang berlaku
pada Transformator
- NILAI KARAKTER
1. Jujur
2. Disiplin
3. Kreatif
4. Mandiri
5. Rasa ingin tahu
6. Gemar membaca
7. Tanggung jawab
B.
Materi Pembelajaran
2. Arus Induksi terjadi jika terjadi perubahan jumlah garis gaya pada
kumparan.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya GGL Induksi:a)kecepatan
menggerakan magnet dekat kumparan
b)jumlah lilitan kumparan c)kekuatamn magnet yang digunakan
4. Prinsip kerja generator adalah: dengan gerakan kumparam dekat magnet
menyebabkan timbulnya arus listrik
5.
Generayor
ada 2 jenis: generator searah dan generator bolak-balik.
6. Transformator adalah alat yang dapat menaikkan dan menurunkan tegangan
bolak-balik menjadi lebih besar atau lebih kecil
7. Prinsip kerja transformator adalah arus AC yang mengalir melalui kumparan
primer menghasilkan medan magnet yang berubah-ubah dan arus listrik ini akan
menginduksi kumparan skunder dan dihasilkanlah arus listrik AC pula.
8. Setiap transformator memiliki Efisiensi yaitu perbandingan antara energi
listrik yang keluar dari kumparan skunder dengan yang keluar dari kumparaan
primer atau perbandingan antara daya listrik yang keluar dari kumparan skunder
dengan yang keluar dari kumparan primer.
8 Pada Transformator berlaku rumus-rumus
sbb:a) Vp/Vs=Np/Ns b) Is/Ip=Vp/Vs c) Is/Ip=Np/Ns d) Ef = Ws/Wpx100%
C. Metode Pembelajaran
1.
Model
Cooperatif Learning (CL)
2.
Metode:
·
Dskusi
informasii
·
Diskusi
kelompok
·
Tanya
jawab
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pertemuan
1 (TP 1-3)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Jika gejala kemagnetan
dapat ditimbulkan oleh arus listrik, apakah dapat terjadi sebaliknya?
-
-
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah itu magnet?
- Apakah yang anak-anak ketahui tentang kawat kumparan?
- Apakah guna alat yang namanya GALVANOMETER ?
·
Pra kegiatan :
· Guru menuliskan indikator dan tujuan pembelajaran.
· Guru membagikan LKS/ tugas
yang harus dikerjakan siswa
Kegiatan
Inti
A. Eksplorasi
·
B. Elaborasi
· Guru mempersilahkan siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
· Guru menyempatkan diri memberikan
penghargaan kepada masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil
kegiatannya.
· Guru memberikan kesempatan lain
untuk saling menanggapi hasil presentasinya..
C.
Konfirmasi
· Guru memberikan komentar hasil
presentasi siswa.
· Guru memberikan umpan balik
positif terhadap kegiatan siswa.
· Guru memotivasi siswa yang kurang
aktif dalam kegiatan.
Kegiatan Penutup
· Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan tentang hasil belajar.
· Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui daya serap materi yang baru
dipelajari.
· Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
.
· Siswa mencatat indikator dan
tujuan pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk
perwakilannya untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil kegiatan.
·
Siswa menjawab
pertanyaan.
·
Siswa
mengerjakan tugas rumah.
|
10
menit
80
menit
30
menit
|
Pertemuan
2 (TP 4-7)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Apakah anak-anak tahu,
benda yang namanya Transformator?
-
Apakah manfaat alat itu ?
-
Bagaimanakah prinsip
kerja dari Transformator itu?
-
Prasarat Pengetahuan
- Sebutkan bentuk-bentuk magnet yang anak-anak ketahui.
- Sebutkan alat-alat yang menggunakan magnet.
- Apa pula yang dimaksud dengan medan magnet?
·
·
Pra lab :
· Guru menuliskan indikator dan tujuan pembelajaran.
· Guru membagikan LKS/ tugas yang
harus dikerjakan siswa
·
:
Kegiatan
Inti
A. Eksplorasi
.
·
B. Elaborasi
· Guru mempersilahkan siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
· Guru menyempatkan diri memberikan
penghargaan kepada masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil
kegiatannya.
· Guru memberikan kesempatan lain
untuk saling menanggapi hasil presentasinya..
·
C. Konfirmasi
· Guru memberikan komentar hasil
presentasi siswa.
· Guru memberikan umpan balik
positif terhadap kegiatan siswa.
· Guru memotivasi siswa yang kurang
aktif dalam kegiatan.
Kegiatan Penutup
· Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan tentang hasil belajar.
· Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui daya serap materi yang baru
dipelajari.
· Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
.
· Siswa mencatat indikator dan
tujuan pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk
perwakilannya untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
.
·
Siswa membuat
rangkuman/ kesimpulan hasil kegiatan.
·
Siswa menjawab
pertanyaan.
·
Siswa
mengerjakan tugas rumah.
|
10
menit
50
menit
20
menit
|
E. Alat
dan Sumber Pelajaran
1. Alat praktikum/demontrasi.
2. LKS (Lembar Kerja Siswa).
3. Silabus.
4.
Buku paket Sains/IPA klas IX
5.
Buku lain yang relevan.
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik penilaian: tertulis
b. Bentuk Instrumen/penilaian
c
Instrumen/penilaian kognitif:
1.Sebutkan 2 cara untuk
dapat meninbulkan gaya gerak listrik induksi !
2.Sebutkan 3
faktor yang dapat mempengaruhi besarnya GGL Induksi !
3.Apakah fungsi
dari Transformator ?.
4.Apakah yang
dimaksud dengan Efisiensi Transformator ?
5. Sebuah
trasformator menurunkan tegangan 1200V menjadi 120V.Jika kumparan primer 100
lilitan, berapakah kumparan skundernya ?
. KUNCI JAWABAN :
1.a
Menggerakan magnet didekat kumparan
b. Menggerakan
kumparan didekat magnet
2.a
Kecepatan menggerakan magnet dekat kumparan
b.Jumlah
lilitan kumparan
c.Kekuatan magnet yang digunakan
3. Menaikan dan menurunka tegangan bolak balik
menjadi tegangan bolak balik yang
lebih besar atau kecil sesuai keperluan
4.Perbandingan Besarnya
Energi listrik/daya listrik yang keluar Trafo dengan yang keluar dikalikan 100
persen
5.Rumus : VP/VS = NP/NS
1200/ 120 =
100/ Ns
12000 =
120Ns
Ns =10 lilitan
d. Instrumen afektif
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesiapan siswa dalam menerima pelajaran
|
2
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
2
|
3
|
Menyiapkan
buku sumber
|
3
|
4.
|
Keantusiasan
siswa dalam diskusi
|
3
|
e.
Instrumen Psikomotor
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menyampaian
ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
|
2
|
2.
|
Memformulasikan
ide/ gagasan pada kelompoknya.
|
2
|
3.
|
Mempresentasikan hasil diskusi.
|
4
|
4.
|
Membuat kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
Mengetahui,
Panji Anom,
Januari 2013
Kepala
SMP Negeri 4 Sukasada
Guru Mata Pelajaran
Gede Sumatra Jaya,
S.Pd.Bio
Gede Sucita,S.Pd.Bio
NIP:
196503291986011001 NIP: 19621111 198411 1 001
log in ke http://sekolahadventvi.blogdetik.com/