Perpustakaan SMPN 4 SUKASADA,BULELENG,BALI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 01


SMP/MTs                    :  SMP Negeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester           :  IX/2

Standar Kompetensi   :  3       Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi dasar      : 3.1      Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
                                      3.2 Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk tekhnologi

Indikator
1.  Menyebutkan sifat kutub magnet.
2.  Menyebutkan macam-macam magnet menurut bentuknya.
3.  Menyebutkan macam-macam magnet menurut sifat kemagnetannya  
4.  Mendemontrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat
 kemagnetan.
5.  Memaparkan teori kemagnetan bumi
6.  Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat bermuatan listrik

Alokasi Waktu           : 5  Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran:
·        Akademik :
 Peserta didik dapat :
1.     Menyebutkan sifat kutub magnet. melalui demontrasi
2.     Menyebutkan macam-macam magnet menurut bentuknya. melalui demontrasi 
3.     Menyebutkan macam-macam magnet menurut sifat kemagnetannya melalui
demontrasi.
4.     Mendemontrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat
                           kemagnetan.dengan tepat
5.     Memaparkan teori kemagnetan bumi melalui diskusi informasi
6.     Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat bermuatan listrik melalui diskusi informasi
7.     Menyebutkan pemanfaatan kemagnetan dalam produk tekhnologi melalui diskusi informasi

·        NILAI KARAKTER
                    1. Jujur
                    2. Disiplin
                    3. Kreatif
                    4. Mandiri
                    5. Rasa ingin tahu
                    6. Gemar membaca
                    7. Tanggung jawab


B. Materi Pembelajaran

Ø  Kutub magnet memiliki sifat: a) Menarik benda-benda tertentu yang dekat pada magnet b) Menolak kutub-kutub yang sejenis dan menarik kutub-kutub yang tak sejenis jika saling didekatkan.
Ø  Menurut bentuknya magnet dibedakan atas: a) Batang, Ladam, Silinder, Lingkaran(cakram))
Ø  Menurut sifat kemagnetannya dibedakan atas: a)Permanen/tetap b)Tidak permanen/sementara.
Ø  Cara membuat magnet dapat dilakukan dengan:a)gosokan, b) Induksi c) mengalirkan arus listrik pada kawat penghantar.
Ø  Teori kemagnetan bumi mengatakan; a)Bumi dapat dianggap magne yang besar yang sifatnya sama dengan sifat magnet alam/buatan b) Medan magnet bumi terletak didaerah kutub-kutub bumi c) Medan magnet bumi berasal dari gerakan inti bumi c) Arah medan magnet bumi tidak tetap d) KUTUB UTARA MAGNET BUMI TERLETAK DISEKITAR KUTUB SELATAN BUMI DAN KUTUB SELATAN BUMI TERLETAK DISEKITAR KUTUB UTARA BUMI.
Ø  Arus listrik yang mengalir disekitar kawat penghantar dapat menimbulkan medan magnet yang arahnya tergantung arah arus listrik.(percobaan Oersted)
Ø  Medan maganet yang ditimbulkan peghantar lurus lebih lemah dari pada yang berbentuk kumparan.
Ø  Medan magnet juga dapat menimbulkan medan listrik( perecobaan Faraday
Ø  Medan magnet yang menimbulkan arus listrik itu disebut:GAYA LORENTZ yang besarnya dapat ditentukan dengan rumus:F=B.I.L dan arahnya ditentukan dengan aturan tangan kanan.
Ø   
C. Metode Pembelajaran
1.     Model  Cooperatif Learning (CL)
2.     Metode:
·        Demontrasi
·        Diskusi kelompok
·        Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

1.



















2.

































3.














Pertemuan 1 (TP 1-4)
 Kegiatan Pendahuluan
·       Apersepsi/ motivasi
-       Apakah anak-anak tahu, bahwa banyak peralatan kita yang menggunakan magnet?
-       Bagaimanakah cara orang membuat magnet?
-       Prasarat Pengetahuan
·       Anak-anak mengenal benda yang namanya magnet?
·       Apakah manfaat magnet itu?
·       Pra kegiatan
·      Guru menuliskan indikator dan tujuan pembelajaran.

·      Guru membagikan LKS/ tugas                                                    yang harus dikerjakan siswa

Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
  • Guru melibatkan siswa mencari informasi tentang gejala kemagnetan, sifat kutub magnet.
  • Guru memfasilitasi siswa melakukan kegiatan dalam mengamati demontrasi.
  • Guru memfasilitasi terjadinya interaktif antarsiswa.
 B. Elaborasi
·      Guru mempersilahkan siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·      Guru menyempatkan diri memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil kegiatannya.
·      Guru memberikan kesempatan lain untuk saling menanggapi hasil presentasinya.
C. Konfirmasi
·      Guru memberikan komentar hasil presentasi siswa.
·      Guru memberikan umpan balik positif terhadap kegiatan siswa.
·      Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan.

Kegiatan Penutup
·       Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan tentang hasil belajar.

·       Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui daya serap materi yang baru dipelajari.
·       Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
·       Guru menginformasikan kepada siswa untuk materi selanjutnya.



·        Siswa menjawab pertanyaan guru.











·       Siswa mencatat indikator dan tujuan pembelajaran.
·       Siswa mengerjakan LKS/ tugas













·       Siswa menunjuk perwakilannya untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
















·       Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil kegiatan.

·       Siswa menjawab pertanyaan.
·       Siswa mengerjakan tugas rumah.
·       Siswa menerima informasi untuk materi selanjutnya.





10 menit



















90 menit































20 menit















Pertemuan 2 (TP 5-7)
8.     Kegiatan Pendahuluan
·       Apersepsi/ motivasi
-       Apakah anak-anak tahu,
      benda yang namanya
      kompas?
-       Apakah guna kompas itu?
-       Apakah kompas itu tepat
     menunjukan arah utara
     selatan bumi?
·       Prasarat Pengetahuan
-       Sebutkan 2 kutub magnet .
-       Sebutkan sifat-sifat kutub-kutub magnet.
·       Pra kegiatan
·   Guru menuliskan indikator dan tujuan pembelajaran.

·   Guru membagikan LKS/ tugas                                                   yang harus dikerjakan siswa

2.   Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
  • Guru melibatkan siswa mencari informasi tentang kemagnetan bumi.
  • Guru memfasilitasi siswa melakukan kegiatan dalam mengamati demontrasi.
  • Guru memfasilitasi terjadinya interaktif antarsiswa.
  •  
 B. Elaborasi
·      Guru mempersilahkan siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·      Guru menyempatkan diri memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil kegiatannya.
·      Guru memberikan kesempatan lain untuk saling menanggapi hasil presentasinya.
2.                C. Konfirmasi
·      Guru memberikan komentar hasil presentasi siswa.
·      Guru memberikan umpan balik positif terhadap kegiatan siswa.
·      Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan.

3.        Kegiatan Penutup
·       Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan tentang hasil belajar.
·       Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui daya serap materi yang baru dipelajari.
·       Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
·       Guru menginformasikan kepada siswa untuk materi selanjutnya

·        Siswa menjawab pertanyaan guru.











·       Siswa mencatat indikator dan tujuan pembelajaran.
·       Siswa mengerjakan LKS/ tugas













·       Siswa menunjuk perwakilannya untuk mempresentasikan hasil diskusinya.

















·       Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil kegiatan.
·       Siswa menjawab pertanyaan.

·       Siswa mengerjakan tugas rumah.
·       Siswa menerima informasi untuk materi selanjutnya.


10 menit



















50 menit































20 menit













E. Alat dan Sumber Pelajaran
    1.  Alat praktikum/demontrasi.
    2.  LKS (Lembar Kerja Siswa).
    3.  Silabus.
    4.  Buku paket Sains/IPA
    5.  Buku lain yang relevan.

F. Penilaian Hasil Belajar
    a.  Teknik penilaian: tertulis
    b.  Bentuk Instrumen/penilaian

c.                                                           Instrumen/penilaian kognitif:
 1. Salah satu sifat kutub magnet adalah……………………………………………..
 2. Sebutkan 3 cara membuat magnet !................................................................
 3. Sebutkan 2 hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sifat kemagnetan
    ..........................................................................................................................
4    Jelaskan dengan singkat, tentang teori kemagnetan bumi !...........................
5    Jelaskan arah arus listrik dan arah medan magnet di sekitar kawat berarus listrik...........................................................................................................  .          
                                         
  • KUNCI JAWABAN :
1.Menarik benda-banda yang terbuat dari logam seperti; besi, paku,tembaga.
2.a.Secara gosokan b.Menggunakan arus listrik c.Induksi magnet
3.Dipukul-pukul, Sering di jatuhkan, dipanaskan.
4.Teori kemagnetan bumi mengatakan : bumi dianggap sebagai magnet yang besar dengan kutub utara magnetnya berada disekitar kutub selatan bumi, serta kutub selatan magnetnya berada disekitar kutub utara bumi
            5.Arah medan magnet yang erjadi di sekitar kawat berarus listrik besarnya bergantung    pada besar kecilnya arus listriknya.



d.  Instrumen afektif
No
Uraian
Skor
1.
Kesiapan siswa dalam menerima pelajaran
2
2.
Kerjasama kelompok
2
3
Menyiapkan buku sumber
3
4.
Keantusiasan siswa dalam diskusi
3

Jumlah Skor
10

 

e.  Instrumen Psikomotor
No
Uraian
Skor
1.
Menyampaian ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
2
2.
Memformulasikan ide/ gagasan pada kelompoknya.
2
3.
Mempresentasikan hasil diskusi.
4
4.
Membuat kesimpulan
2

Jumlah skor
10

Mengetahui,                                                                        Panji Anom,   Januari  2013       
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada
                                                                                                 Guru Mata Pelajaran                         

                                                                                                                                                            Gede Sumatra Jaya, S.Pd.                                                Gede  Sucita,S.Pd.Bio
NIP: 196503291986011001                                                NIP: 19621111 198411 1 001                






































                  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 02


SMP/MTs                    :  SMP Negeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester           :  IX/2

Standar Kompetensi   :  3       Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi dasar      : 3.3      Menerapkan konsep Induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik

Indikator
3     Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis gaya magnet dengan terjadinya GGL Induksi melalui percobaan.
2  Menjelaskan prinsip kerja dinamo/Generarator secara sederhana
3  Menjelaskan secara kualitatif prinsip kerja TRASFORMATOR
4  Menunjukan hubungan antara pergeseran garis medan  magnet dan terjadinya
    GGL Induksi melalui percobaan

Alokasi Waktu           : 5  Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran:
  • Akademik
 Peserta didik dapat :

1        Menjelaskan terjadinya arus induksi. melalui diskusi informasi
2        Menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi besarnya GGL Induksi melalui diskusi informasi
3        Menjelaskan prinsip kerja dinamo/Generarator secara sederhana  melalui diskusi   informasi  
4   Menjelaskan prinsip kerja Transformator.melalui diskusi informasi
      5   Menjelaskan efisiensi transformatormelalui diskusi informasi
      6 Menuliskan rumus-rumus yang berlaku pada Transformator melalui diskusi  informasi
            7  Menyelesaikan soal-soal sederhana dengan rumus-rumus yang berlaku pada    Transformator
  • NILAI KARAKTER
                    1. Jujur
                    2. Disiplin
                    3. Kreatif
                    4. Mandiri
                    5. Rasa ingin tahu
                    6. Gemar membaca
                    7. Tanggung jawab

           




B. Materi Pembelajaran

2.     Arus Induksi terjadi jika terjadi perubahan jumlah garis gaya pada kumparan.
3.     Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya GGL Induksi:a)kecepatan menggerakan magnet  dekat kumparan b)jumlah lilitan kumparan c)kekuatamn magnet yang digunakan
4.     Prinsip kerja generator adalah: dengan gerakan kumparam dekat magnet menyebabkan timbulnya arus listrik
5.     Generayor ada 2 jenis: generator searah dan generator bolak-balik.
6.     Transformator adalah alat yang dapat menaikkan dan menurunkan tegangan bolak-balik menjadi lebih besar atau lebih kecil
7.     Prinsip kerja transformator adalah arus AC yang mengalir melalui kumparan primer menghasilkan medan magnet yang berubah-ubah dan arus listrik ini akan menginduksi kumparan skunder dan dihasilkanlah arus listrik AC pula.
8.     Setiap transformator memiliki Efisiensi yaitu perbandingan antara energi listrik yang keluar dari kumparan skunder dengan yang keluar dari kumparaan primer atau perbandingan antara daya listrik yang keluar dari kumparan skunder dengan yang keluar dari kumparan primer.
8 Pada Transformator berlaku rumus-rumus  sbb:a) Vp/Vs=Np/Ns b) Is/Ip=Vp/Vs c) Is/Ip=Np/Ns d) Ef = Ws/Wpx100%

C.   Metode Pembelajaran                                               
1.     Model Cooperatif Learning (CL)
2.     Metode:
·        Dskusi informasii
·        Diskusi kelompok
·        Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

1.














2.
























3.














Pertemuan 1 (TP 1-3)
 Kegiatan Pendahuluan
·       Apersepsi/ motivasi
-          Jika gejala kemagnetan dapat ditimbulkan oleh arus listrik, apakah dapat terjadi sebaliknya?
-           
-       Prasarat Pengetahuan
-       Apakah itu magnet?
-       Apakah yang anak-anak ketahui tentang kawat kumparan?
-       Apakah guna alat yang namanya GALVANOMETER ?
·       Pra kegiatan :
·     Guru menuliskan indikator dan tujuan pembelajaran.
·      Guru membagikan LKS/ tugas                                                   yang harus dikerjakan siswa

Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
  •  Guru melibatkan siswa mencari informasi terjadinya arus induksi
  • Guru memfasilitasi siswa melakukan kegiatan dalam mengamati demontrasi.
  • Guru memfasilitasi terjadinya interaktif antarsiswa.
·            

B. Elaborasi
·     Guru mempersilahkan siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·      Guru menyempatkan diri memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil kegiatannya.
·      Guru memberikan kesempatan lain untuk saling menanggapi hasil presentasinya..
C. Konfirmasi
·      Guru memberikan komentar hasil presentasi siswa.
·      Guru memberikan umpan balik positif terhadap kegiatan siswa.
·      Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan.
Kegiatan Penutup
·       Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan tentang hasil belajar.
·       Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui daya serap materi yang baru dipelajari.
·       Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.


·        Siswa menjawab pertanyaan guru.












.
·        Siswa mencatat indikator dan tujuan pembelajaran.
·        Siswa mengerjakan LKS/ tugas













·        Siswa menunjuk perwakilannya untuk mempresentasikan hasil diskusinya.



















·       Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil kegiatan.
·        Siswa menjawab pertanyaan.
·        Siswa mengerjakan tugas rumah.





10 menit



















80 menit
































30 menit




















Pertemuan 2 (TP 4-7)
 Kegiatan Pendahuluan
·       Apersepsi/ motivasi
-          Apakah anak-anak tahu, benda yang namanya Transformator?
-          Apakah manfaat alat itu ?
-          Bagaimanakah prinsip kerja dari Transformator itu?
-       Prasarat Pengetahuan
-       Sebutkan bentuk-bentuk magnet yang anak-anak ketahui.
-       Sebutkan alat-alat yang menggunakan magnet.
-       Apa pula yang dimaksud dengan medan magnet?
·        
·       Pra lab :
·     Guru menuliskan indikator dan tujuan pembelajaran.
·      Guru membagikan LKS/ tugas                                                   yang harus dikerjakan siswa

·        :
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
  • Guru melibatkan siswa mencari informasi tentang prinsip kerjaTrasformator
  • Guru memfasilitasi siswa melakukan kegiatan dalam mengamati demontrasi.
  • Guru memfasilitasi terjadinya interaktif antarsiswa.
.
·      B. Elaborasi
·     Guru mempersilahkan siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·      Guru menyempatkan diri memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil kegiatannya.
·      Guru memberikan kesempatan lain untuk saling menanggapi hasil presentasinya..
·      
     C. Konfirmasi
·      Guru memberikan komentar hasil presentasi siswa.
·      Guru memberikan umpan balik positif terhadap kegiatan siswa.
·      Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan.
Kegiatan Penutup
·       Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan tentang hasil belajar.
·       Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui daya serap materi yang baru dipelajari.
·       Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.

·        Siswa menjawab pertanyaan guru.














.
·        Siswa mencatat indikator dan tujuan pembelajaran.
·        Siswa mengerjakan LKS/ tugas













·        Siswa menunjuk perwakilannya untuk mempresentasikan hasil diskusinya.










.







·        Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil kegiatan.
·        Siswa menjawab pertanyaan.
·        Siswa mengerjakan tugas rumah.



10 menit























50 menit































20 menit










                                     

E. Alat dan Sumber Pelajaran
    1.  Alat praktikum/demontrasi.
    2.  LKS (Lembar Kerja Siswa).
    3.  Silabus.
    4.  Buku paket Sains/IPA klas IX
    5.  Buku lain yang relevan.

F. Penilaian Hasil Belajar
    a.  Teknik penilaian: tertulis
    b.  Bentuk Instrumen/penilaian

    c   Instrumen/penilaian kognitif:

1.Sebutkan 2 cara untuk dapat meninbulkan gaya gerak listrik induksi !
2.Sebutkan 3 faktor yang dapat mempengaruhi besarnya GGL Induksi !
3.Apakah fungsi dari Transformator ?.
4.Apakah yang dimaksud dengan Efisiensi Transformator ?
5. Sebuah trasformator menurunkan tegangan 1200V menjadi 120V.Jika kumparan primer 100 lilitan, berapakah kumparan skundernya ?
  . KUNCI JAWABAN :
         1.a Menggerakan magnet didekat kumparan
            b. Menggerakan kumparan didekat magnet
         2.a Kecepatan menggerakan magnet dekat kumparan
            b.Jumlah lilitan kumparan
            c.Kekuatan magnet yang digunakan
        3.  Menaikan dan menurunka tegangan bolak balik menjadi tegangan bolak balik yang    lebih besar atau kecil sesuai keperluan
        4.Perbandingan Besarnya Energi listrik/daya listrik yang keluar Trafo dengan yang keluar dikalikan 100 persen
        5.Rumus : VP/VS = NP/NS
                         1200/ 120 = 100/ Ns
                          12000 = 120Ns
                          Ns      =10 lilitan
                       
                                      
d.  Instrumen afektif
No
Uraian
Skor
1.
Kesiapan siswa dalam menerima pelajaran
2
2.
Kerjasama kelompok
2
3
Menyiapkan buku sumber
3
4.
Keantusiasan siswa dalam diskusi
3


e.  Instrumen Psikomotor
No
Uraian
Skor
1.
Menyampaian ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
2
2.
Memformulasikan ide/ gagasan pada kelompoknya.
2
3.
Mempresentasikan hasil diskusi.
4
4.
Membuat kesimpulan
2

Jumlah skor
10

Mengetahui,                                                                        Panji Anom,     Januari    2013                                                                                                    
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada
                                                                                              Guru Mata Pelajaran                                                                                                                            

                                     
Gede Sumatra Jaya, S.Pd.Bio                                         Gede  Sucita,S.Pd.Bio
NIP: 196503291986011001                                                NIP: 19621111 198411 1 001
1 Response
  1. log in ke http://sekolahadventvi.blogdetik.com/


Posting Komentar