Perpustakaan SMPN 4 SUKASADA,BULELENG,BALI


LEMBAR KEGIATAN SISWA

BIOTIK DAN ABIOTIK

Standar Kompetensi : 4.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar       :  5.1 Melaksanakan pengamatan obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
APERSEPSI
                      Biologi merupakan bagian dari mata pelajaran IPA yang mempelajari tentang makhluk hidup di alam ini dan gejala kehidupannya.Ilmu pengetahuan selalu berkembang yang disebabkan oleh sifat dasar manusia,Kamu juga dapat menjadi ilmuawan dengan menguji hasil ilmuawan sebelumnya.
PERMASALAHAN: Menurutmu, apakah yang membedakan biotik dan abiotik serta metode apakah yang dapat ditempuh untuk memecahkan masalah yang timbul dalam ilmu pengetahuan?
                                   
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : DISKUSI
Tujuan                 :    1.  Membedakan Biotik dan Abiotik
                                  2. Memahami langkah kinerja ilmiah dan manfaatnya dalam kehidupan.

Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS .
                            Langkah Kerja   :
  1.Bacalah wacana tentang biotik dan abiotik  dengan seksama !      
                      
  2.Kemudian jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat berdasarkan tabel berikut
                                                                
No
Benda
Abiotik / Biotik
1
Tanah

2
Udara

3
Gajah

4
Tumbuhan

5
Manusia

6
Kelembaban udara


   3. Apakah yang membedakan benda termasuk Abiotik dan Biotik?..................................
   4.  Apakah kegunaan dari metode ilmiah dan sebutkan urutan-urutannya dengan tepat!
         ...........................................................................................................................................
  5.Jelaskan masing-masing urutan-urutan langkah metode ilmiah tadi dengan tepat!....................
     ................................................................................................................................................
  6.Apakah perbedaan pengertian antara kerja ilmiah dan sikap ilmiah?......................................
  7. Buatlah kesimpulan dari kegiatan diatas !.............................................................
a.Gejala alam ada 2 macam;.................................dan............................
b.Gejala alam biotik adalah..................................dan gejala alam abiotk adalah..........
c.Contoh biotik adalah............................................dan contoh abiotik adalah..............










PENGEMBANGAN DAN APLIKASI:
  1.Amati dan pelajarilah gambar dibawah ini dengan seksama !
  
 
2.Gambar tentang apakah itu ?..............................................................................
3.Apakah semua kegiatan dapat dilakukan dalam Ruang Lab, jelaskan jawabanmu!
 .......................................................................................................................................
4.Jelaskan masing-masing dari sikap ilmiah tersebut dengan tepat !.............................
          


                                                         SELAMAT BEKERJA








































LEMBAR KEGIATAN SISWA

GERAK (1)

Standar Kompetensi : 5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar       :  5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari - hari
APERSEPSI
                      Kita dapat melihat kendaraan seperti sepeda,sepeda motor  atau mobil yang berlalu lalang di jalan raya.Kendaraan tersebut melakukan gerakan terhadap orang atau pohon yang ada dipinggir jalan.
PERMASALAHAN: Menurutmu, apakah bilamana sebuah benda dikatakan bergerak atau melakukan gerakan? Marilah kita lakukan kegiatan berikut ini !                               
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : DEMONTRASI
Tujuan                 :    1.  Mendefinisikan  pengertian gerak
        .                        2.  Mendefinisikan  pengertian Jarak,perpindahan,kecepatan serta Kelajuan                            .

Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS .
                            Langkah Kerja   :
  1.Lakukanlah kegiatan berikut ini dengan  dengan seksama !      
                      
  2.Suruhlah temanmu berdiri pada jarak kurang lebh 5 metet didepan kamu!

   3. Lalu dekatilah temanmu dengan melangkahkan kakimu, dan temanmu tetap pada posisi diam,dari kegiatan tadi apakah temanmu melakukan gerakan?..................................
   4.  Jika tidak lalu siapakah yang melakukan gerakan ?.................................................
   5. Jadi sebuah benda dikatakan bergerak atau melakukan gerakan jika,...............................
     ................................................................................................................................................
   6. Apakah yang dimaksud dengan :
       a,Jarak?.........................................................contohnya.................................................
       b.Perpindahan ?........................................... contohnya.................................................
  7. . Apakah yang dimaksud dengan :
       a,Kecepatan?................................................yang dirumuskan......................................
       b.Kelajuan  ?........................................... .....yang dirumuskan.....................................
  8. Buatlah kesimpulan dari kegiatan diatas !.
       a.Gerak adalah...........................................................................
       b.Contoh Benda bergerak a.l....................................................
       cJarak adalah..........................................................................
       d.Perpindahan adalah..............................................................
       e.Kecepatan adalah................................................................
       f.Kelajuan adalah..............................................................................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI :
 1.Amatilah gambar berikut ini dengan seksama !

2.Apakah dapat dikatakan bahwa orang di dalam gambar itu melakukan gerakan, jelaskan !..
   ...............................................................................................................................................
3. contoh soal ;
    Seorang siswa berjalan dengan lintasan ABC,                      
    seperti gambar berikut. Selang waktu dari A ke C
   10 sekon. Tentukan kelajuan dan kecepatan siswa tersebut ............................................................
   tersebut?.........................................................................................................................................
LEMBAR KEGIATAN SISWA ( 2 )

GERAK LURUS,GERAK LURUS BERATURAN DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN

Standar Kompetensi : 5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar       :  5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari - hari
APERSEPSI
                        Pernahkah kamu mengamati bagaimana jalannya kereta api?
                        Lintasannya lurus, parabola atau lingkaran? Gerak suatu benda
                        dalam lintasan lurus disebut gerak lurus. Buah kelapa yang jatuh
                       dari pohonnya adalah contoh gerak lurus. Gerak bumi mengelilingi
                       matahari merupakan gerak dengan kecepatan tetap dengan waktu
                       tempuh satu tahun.

PERMASALAHAN: Menurutmu, gerak dapat dibedakan atas berapa? Marilah kita lakukan kegiatan berikut ini !
                                  
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : DISKUSI
Tujuan                 :    .  Mengenal jenis gerak lurus dan penerapannya dalam kehidupan kita
        
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS .
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  :DISKUSI.
   Langkah Kerja   :

  1.Bacalah wacana tentang gerak dengan  dengan seksama !                          
  2. Apakah yang dimaksud dengan gerak lurus ?......................................................
  3. Berikan contoh benda yang termasuk melakukan gerak lurus !.........................
  4. Apakah yang dimaksud dengan gerak lurus beraturan ?..........................................
  5. Apakah yang dimaksud dengan gerak lurus berubah beraturan  ?...................................
  6.Persamaan/rumus yang berlaku pada GLB( gerak lurus beraturan ) adalah.......................yang secara grafik digambarkan sbb;..................................................................................................
  7. Persamaan/rumus yang berlaku pada GLBB( gerak lurus berubah beraturan ) adalah............. secara grafik digambarkan sbb;.................................................................................................
  8.. Buatlah kesimpulan dari kegiatan diatas !................................................................................

     1.   a.Gerak lurus di bedakan atas 2 jenis yaitu ;
             1..........................................................(.GLB)
             2...........................................................(GLBB)
        b.GLB adalah..........................................................................................................................
        c.GLBB adalah.......................................................................................................................
        d.Contoh Gerak yang termasuk GLB adalah...........................................................................
        e. Contoh Gerak yang termasuk GLBB adalah......................................................................

    2.Pada GLB berlaku rumus -rumus sbb;......................................................................................
        ..................................................................................................................................................
    3. Pada GLBB berlaku rumus -rumus sbb;...................................................................................
        ..................................................................................................................................................
 








  PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
 1.  Amatilah gambar berikut ini !
    
2.Dari gambar diatas, apakah pengemudi bergerak terhadap penonton,jelaskan !......................
3. Sebuah mobil bergerak kecepatan tetap 36 km/jam. Hitung jarak yang ditempuh mobil selama 20   sekon ?..................................................................................................................................
   

                 

                                          SELAMAT BEKERJA











































LEMBAR KEGIATAN SISWA

Standar Kompetensi : 5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar       :  5.3 Menggunakan Mikroskop an peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala -gejala kehidupan

MIKROSKOP
APERSEPSI
 Apakah semua makhluk hidup dapat diamati dengan jelas secara
langsung, tanpa menggunakan alat bantu? Bagaimana pula makhluk
hidup yang bersel satu? Saat kita melakukan pengamatan sel atau
jaringan pada makhluk hidup dapatkah kita melihat dengan jelas
bagian-bagiannya? Mereka terlalu kecil untuk dapat kita amati
langsung dengan mata kita atau disebut dengan mikroskopis. Untuk
mengamati hewan atau benda mikroskopis, kita perlu menggunakan
alat bantu untuk dapat memperjelas objek pengamatan. Alat bantu
tersebut dapat berupa kaca pembesar (lup) maupun mikroskop.

                        

PERMASALAHAN: Menurutmu, Apakah komponen komponen mikroskop tersebut ?Marilah kita lakukan kegiatan berikut ini !
                                  
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : DISKUSI
Tujuan                 :    Mengenal fungsi mikroskop dan komponen pendukungnya
       
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS .
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  :DISKUSI.
   Langkah Kerja   :
1. Amati dan pelajarilah gambar mikroskop dibawai ini fengan seksama !


                       
  2.Apakah Fungsi utama Mikroskop siswa itu!..................................................................
  3.Adakah jenis-jenis mikroskop selain mikroskop siswa? Jelaskan jawabanmu!............
      ………………………………………………………………………………………..
  4.Sebutkan bagian -bagian pendukung mikroskop siswa itu beserta fungsinya masing-masing!
     ..................................................................................................................................................
  5. Apakah nama obyek pengamatan dari mikroskop itu ?.........................................................
  6.Jelaskan langkah-langkah penggunaan mikroskop dengan tepat agar menghasilkan hasil   pengamatan yang baik !.............
    a...........................................................................................................................................
    b..........................................................................................................................................
    c...........................................................................................................................................
    d.........................................................................................................................................
    e............................................................................................................................................
    f...........................................................................................................................................


KESIMPULAN :
 1.Mikroskop fungsinya adalah..................................................................................
 2.Bagian - bagian penting pendukung mikroskop adalah.......................................
 3.Fungsi bagian - bagian mikroskop tersebut adalah:.
    ...........................,..........................,...................................,..................................,....................


 PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
  1.Jelaskan 6 cara merawat Mikroskop dengan benar !..............................................
     ...............................................................................................................................
  2.Lihat gambar berikut ini !
            A                                                   B                                                C                                                                                            
    

.Dari gambar di atas manakah yang benar cara membawa mikroskop? Jelaskan alasanmu!
 ..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................


                                                            SELAMAT BEKERJA



































LEMBAR KEGIATAN SISWA

KESELAMATAN KERJA

Standar Kompetensi : 5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar       :  5.4 Menrapakan keselamatn kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
APERSEPSI
                             . Keselamatan kerja dalam laboratorium mencakup cara penyimpanan, pemakaian, dan perawatan alat atau bahan laboratorium, serta langkah pertolongan/penanggulangan kecelakaan.
 Laboratorium yang baik selalu dilengkapi dengan tempat penyimpanan. Alat/bahan
 sesuai dengan sifat atau jenis alat/bahan tersebut.

PERMASALAHAN: Menurutmu,Bagaimanakah cara menyimpan alat dan bahan dalam            Laboratorim  .? Marilah kita lakukan kegiatan berikut ini !
                                  
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : DEMONTRASI
Tujuan                 :    .  Menerapkan keselamatan kerja dalam Laboratorium
       

Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS .
   Langkah Kerja   :
  1.Amati dan pelajarilah gambar  berikut ini dengan  dengan seksama!
      

                  
  

2.Gambar di atas menggambarkan situasi atau keadaan dalam ruangan........................................
3.Dari gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa penyimpanan alat dan bahan sebaiknya.............
   ......................................................................................................................................................
4.Sebutkan beberapa bahan kimia yang membahayakan dan umumnya disimpan di ruang Laboratorium!.............,.....................,......................,.........................,....................................
5.Apakah arti simbul-simbul berbahaya dalam Lab berikut ini !
                    a                              b                                 c                                     d.                                                                                                                                                                                      
              





6.KESIMPULAN:
    a. Langkah-langkah untuk menjaga keselamatan kerja di laboratorium adalah:
         1. Bahan kimia yang mudah menguap, mudah terbakar,beracun atau berbahaya harus  memiliki ..................................................
    b. Bahan kimia cair sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang .......................................
  c. Usahakan semua botol penyimpanan bahan berlabel agar..........................................................
  d. Alat-alat yang rawan rusak atau rawan pecah disimpan dalam lemari......................................
  e.. Biasakan segera mencuci tangan jika terkena atau setelah menggunakan bahan-bahan..........
  f. Jika bahan kimia mengenai mata, cucilah mata dengan ..........................................................
  h. Pastikan selalu ada perlengkapan P3K dan alat pemadam kebakaran di laboratorium serta pahami  cara................................................................................................................................

  PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
1.     Menurutmu,apakah di dalam Ruang Laboratorium perlu ada Tata Tertib? Jelaskan Jawabanmu ............................................................................................................................
2.     Sebutkan lima tata tertib yang berlaku di laboratorium sekolahmu!......................................
................................................................................................................................................


                                                       SELAMAT BEKERJA



















































LEMBAR KEGIATAN SISWA

                                    MAKHLUK HIDUP DAN CIRINYA

Standar Kompetensi :  6.Memahami keanekaragaman mahkluk hidup

Kompetensi Dasar       :  6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
                                          6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri ciri yang dimiliki
APERSEPSI
                         Amatilah aktivitas makhluk hidup di sekitarmu. Aktivitas apa yang kamu temui?             Kamu mungkin akan menjumpai orang yang sedang berjalan dan mobil yang sedang melaju. Perhatikan, mobil dan orang sama-sama bergerak, namun samakah gerak yang diperlihatkan
keduanya?.

.
PERMASALAHAN: Menurutmu,.  Apakah semua yang bergerak dapat dikatakan sebagai makhluk hidup? Agar kamu tahu perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup, mari kita lakukan kegiatan berikut ini.
                                  
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : Diskusi.
Tujuan                 :    1  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
                                  2. Mengidentifikasi perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup

        .


Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS .
   Langkah Kerja   :
1. A matilah makhluk hidup dan benda tak hidup yang ada di sekitarmu.....................................
2. Tuliskan ciri-ciri yang ada pada makhluk hidup dan makhluk tak hidup yang kamu amati.
    Catat pula aktivitas yang dilakukan........................................................................................
3.Tuliskan hasil pengamatanmu ke dalam tabel.
        
No.NN
No
Makhluk Hidup yang diamati
Ciri-Cirinya
Aktivitas yang dilakukan
1



2



3



4



5



6




No.
Makhluk Tak Hidup Ciri Aktivitas yang Dilakukan
Pertanyaan
a. A pa saja ciri yang ada pada makhluk hidup?..............................................................................
b. A pakah perbedaan ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup?.....................................

3.Kesimpulan :
 a. Ciri-ciri makhluk hidup adalah:.................,..............................,.....................,.......................
     ............................,..............................................,...............................,.....................................
b. Yang membedakan makhluk hidup dan benda tak hidup adalah.............................................





 PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
 1.Jelaskan masing-masing ciri - ciri makhluk hidup dengan benar !......................................
     ............................................................................................................................................

 2.Amatilah gambar berikut ini !

   a.                                                       b                                       c                 
                            

Berikan masing-masing gambar di atas nama ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup tersebut !


                                                      SELAMAT BEKERJA










































                                        LEMBAR KEGIATAN SISWA
                                        
                            KLASIFIKASI   MAKHLUK HIDUP( 1 )


Standar Kompetensi :  6.Memahami keanekaragaman mahkluk hidup

Kompetensi Dasar       :   6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri ciri yang dimiliki

                                         
APERSEPSI
                      Makhluk hidup yang ada pada umumnya diberi nama sesuai dengan bahasa daerah di mana ia berada. Namun, penggunaan bahasa daerah dalam pemberian nama makhluk hidup hanya tepat untuk suatu daerah tertentu.
.
PERMASALAHAN: Menurutmu, apakah penggunaan bahasa daerah dalam pemberian nama makhluk hidup tidak menimbulkan kerancuan/kebingangan ?Lakukanlah diskusi berikut ini !
                                  
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : Diskusi.
Tujuan                 :     Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri ciri yang dimiliki
                                   .
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS .
   Langkah Kerja   :
1.     Bacalah teks tentang pemberian nama ilmiah makhluk hidup yang dijelaskan oleh Carolus Linnaeus, lalu jawablah pertanyaan berikut ini !
2.Siapakah Carolus Linnaeus itu ?...................................................................................
      3. Apakah sistem tata nama ganda itu ?....................................................................................
 .    .
   4.Bagaimanakah cara penulisan nama ilmiah makhluk hidup itu?............................................
   5.Berikan contoh nama ilmiah makhluk hidup yang di kemukakan oleh Carolus Linnaeus itu?
      .......................................................................................................................................
   6.Sebutkan 4 tujuan mengklasifikasikan makhluk hidup tersebut !......................................
       ..........................................................................................................................................
   7. Dalam taksonomi terdapat tingkatan takson (hirarki) yang disebut unit taksonomi, yang
       Urutannya sbb:  ........................,...........................,.......................,...............,.............,....................
   8. Klasifikasi yang berkembang saat ini mengelompokkan makhluk hidup dalam 5 kingdom  (kerajaan), yaitu......................,.......................,.....................,..........................,..................
   9. Apakah perbedaan ciri yang terdapat pada Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia dan berikan contoh dari masing-masing kerajaan tersbut !.....................................................
         ...................................................................................................................................................


   10.KESIMPULAN :
       a. Tujuan mengklasifikasikan makhluk hidup adalah:.............,.....................,................dan
             .....................................................................
       b. Contoh nama ilmiah makhluk hidup yang di kemukakan oleh Carolus Linnaeus adalah;
             ..................................,..................................,..............................,.................................
       c. Klasifikasi pada makhluk hidup dalam 5 kingdom (kerajaan),yaitu..................,.......................,.....................,..........................,................

PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
.
1. P engelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri disebut……………………….
.
 2.Berdasarkan sistem tata nama ganda, cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa
    adalah....................................................................................................................................................





3.Amatilah gambar berikut  dan berikan nama makluk hidup tersebut dengan benar !


                                          
                 A                            B                                    C
 
                                   
                  D                                   F                                      G                    
          













       
                                      SELAMAT  BEKERJA






























                                  LEMBAR KEGIATAN SISWA

                                        
                                           KLASIFIKASI   MAKHLUK HIDUP ( 2 )

Standar Kompetensi :  6.Memahami keanekaragaman mahkluk hidup

Kompetensi Dasar       :   6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri ciri yang dimiliki

                                         
APERSEPSI
                      . Saat ini para ahli menggunakan sistem klasifikasi 5 kingdom yaitu Monera, Protista, Fungi (jamur), Plantae (tumbuhan), dan Animalia (hewan). Sistem ini didasarkan pada hubungan evolusi masing-masing organisme. Tahukah kamu, apakah ciri dari kelima golongan makhluk hidup itu? Mari kita pelajari bersama melalui kegiatan diskusi berikut ini !
PERMASALAHAN:    Menurutmu, apakah apakah ciri dari kelima golongan makhluk
                                       hidup itu? Mari kita pelajari bersama melalui kegiatan diskusi berikut ini
                                  
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : Diskusi.
Tujuan                 : Menyebutkan ciri - ciri Monera, Protista, Fungi (jamur), Plantae (tumbuhan), dan Animalia (hewan).
                                   .
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS .
   Langkah Kerja   :
      1Bacalah teks tentang klasifikasi makhluk hidup, lalu jawablah pertanyaan berikut ini !
.         a. Sebutkan ciri-ciri yang dimiliki oleh: Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia  dan berikan contoh dari masing-masing kerajaan tersebut !..............................................
 .    .
      b.Sebutkan jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan manusia?
      .......................................................................................................................................
      c..Apakah yang dimaksud dengan LUMUT KERAK dan apakah lumut kerak sama dengan Lumut pada umumnya,jelaskan jawabanmu !...................................................................................
      2.. Sebutkan ciri-ciri Tumbuhan Lumut dengan Tumbuhan Paku!.........................................
      3.Perhatikan 2 gambar berikut ini !
           A      B               Manakah yang dinamakan            lumut dan Paku ?................
        4.Bagaimanakah cara perkembangbiakan Tumbuhan Lumut dan Tumbuhan Paku tsb ?
           .......................................................................................................................................
        5.Buatlah skema pergiliran keturunan pada Tumbuhan Lumut dan Tumbuhan Paku dan adakah perbedaannya ?....................................................................................................
         6.  Pelajarilah bagan Tumbuhan biji berikut ini lalu ceritakanlah dengan benar !

                                                                          Tumbuhan Biji
                                                                           (Spermatophyta)
                                                                                                                                     Tumbuhan biji terbuka
                                                                                                                                             (Gymnospermae)
                     Tumbuhan biji tertutup
                        ( Angiospermae)
                                    
                 Tumbuhan biji berkeping satu
                                (Monokotil)
                              
                                                                                          Tumbuhan biji berkeping dua













          7.Pelajari gambar bunga berikut ini !
                
                 
         a.Berikanlah nama - nama bagian bunga tersebut yang merupakan alat perkembang biakannya !...............................................................................................................
         b.Sebutkan perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Tumbuhan dikotil dan contohnya !
             ...................................................................................................................................
8.     Coba kamu data nama hewan yang kamu kenal, catatlah ke dalam tabel.
       
                
NO
NAMA HEWAN
BERTULANG
BELAKANG
TIDAK BERTULANG
BELAKANG

KET
1




2




3




4




6




6




9.     Berdasarkan ada dan tidaknya tulang belakang, dunia hewan dibedakan menjadi dua  kelompok besar yaitu; ..................................................dan .........................................................

           10.KESIMPULAN :
      1. a. Ciri - ciri Monera, Protista, Fungi (jamur), Plantae (tumbuhan), dan Animalia  (hewan)..........................,..........................,................................,..............................
      b.Jamur ada yang ..............................     dan yang......................................bagi manusia.
      c.Protonema adalah ............................... dan ada pada tumbuhan..........................
      d.Potalium adalah ...................................dan ada pada tumbuhan..........................
     2. Berdasarkan ada dan tidaknya tulang belakang, dunia hewan dibedakan menjadi dua   kelompok besar yaitu; ..................................................dan ..................................................

PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
.
 1.A matilah hewan Vertebrata yang ada di sekitarmu, seperti ikan mas, katak, kadal, ayam,kucing.
      2. Identifikasi ciri fisik hewan-hewan itu. Bedakanlah mengenai tempat hidup, penutup tubuh, alat   gerak, alat pernapasan, dan lain-lain.
      3. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel seperti contoh di bawah ini.
   
NO
CIRI YANG DIAMATI
IKAN
KATAK
KADAL
AYAM
KUCING
1
Tempat hidup





2
Penutup Tubuh ( Bulu,rambut,sisik )





3
Alat Gerak( kaki,sayap,sirip )





4
Alat bernapas( insang,paru-paru )





5






 Pertanyaan :
   4. Berdasarkan data hasil pengamatanmu, sebutkan perbedaan ciri-ciri dari hewan-hewanVertebrata.

                                    
                                                             SEMOGA SUKSES




















                                            LEMBAR KEGIATAN SISWA
                                        
                            KLASIFIKASI   MAKHLUK HIDUP ( 3 )

Standar Kompetensi :  6.Memahami keanekaragaman mahkluk hidup

Kompetensi Dasar       :   6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri ciri yang dimiliki
                                          
APERSEPSI
                  Kedudukan suatu tumbuhan/hewan dapat kita tentukan menggunakan kunci              determinasi yang telah ada. Bahkan kita dapat  membuatnya sendiri secara sederhana.
                         .
PERMASALAHAN: Menurutmu, bagaimanakah cara membuat dan menggunakan kunci       determinasi itu ? Lakukanlah diskusi berikut ini !                             
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : Diskusi.
Tujuan                 :     Membuat dan menggunakan Kunci  Determinasi sederhana    
                                   .
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS .               3.Berbagai jenis Tumbuhan
   Langkah Kerja   :
      1. P erhatikanlah beberapa jenis tumbuhan yang tersedia.( Tumbuhan lumut, paku simbar      menjangan, suplir, pakis haji, pinus, melinjo, padi, jagung,kembang sepatu, mangga )
      2. A mati berdasarkan ciri yang dimiliki dan gunakanlah kunci determinasi tumbuhan sesuai dengan tabel berikut !
         Contoh kunci determinasi tumbuhan:
         1. a. tidak mempunyai batang............................................................. 2
             b. mempunyai batang....................................................................... 3
         2. a. tidak mengandung klorofil atau zat hijau daun..................... Jamur
            b. mempunyai zat hijau daun...................................................... Ganggang
         3. a. tidak mempunyai bunga ......................................................... L umut dan Paku
            b. merupakan tumbuhan bunga................................................. 4
         4. a. merupakan tumbuhan berbiji terbuka................................... . Gymnospermae
            b. merupakan tumbuhan berbiji tertutup.................................. Angiospermae
         5. a. berkeping biji satu/berakar serabut ..................................... Monokotil
           b. berkeping biji dua/berakar tunggang..................................... D ikotil

     3.   Buatlah tabel seperti contoh di bawah ini, dan tuliskan urutan nomor kunci determinasi
           untuk tanaman tersebut.
            
NO
NAMA TUMBUHAN
URUT KUNCI DETERMINASI
Keterangan kunci determinasi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Mangga
......................
........................
......................
,..........................
........................
.........................
..........................
..........................
............................
1b,2b,3b,4b,5b
Mempunyai batang, Mempunyai zat hijau daun,
Merupakan tumbuhan bunga, Merupakan tumbuhan berbiji tertutup,
. Berkeping biji dua/berakar tunggang ( DIKOTIL )
     4. Pertanyaan
                a. A pakah yang dimaksud kunci determinasi?.................................................................
                b. A pakah manfaat  kunci determinasi itu ?...................................................................
                Kesimpulan :
a.      Kunci determinasi adalah...................................................................
b.     Kunci determinasi digunakan untuk..............................................................

  PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
.
  1. Kerjakanlah tugas yang ada pada LKS halaman 59 bagian E dengan menggunakan kunci determinasi seperti contoh yang ada dirumah dengan waktu 1 minggu ,kemudian dikumpulkan...........................................................................































                                          LEMBAR KEGIATAN SISWA
                                        
                                     SEL MAKHLUK HIDUP

Standar Kompetensi :  6.Memahami keanekaragaman mahkluk hidup

Kompetensi Dasar       :   6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulaidari tingkat sel sampai organisme                                  
APERSEPSI
                                  Sel merupakan satuan kehidupan /unit terkecil penyusun makhluk     hidup.
                                  Satuan terkecil itu meliputi satuan struktural dan fungsional dan makhlik hidupyang tersusun oleh satu sel disebut makhluk hidup uniseluler.                  
                         .
PERMASALAHAN: Menurutmu, bagaimanakah sel yumbuhan dan sel hewan itu ? Lakukanlah kegiatan berikut ini !                                 
EKSPLORASI :                                  
Kegiatan  : Diskusi.
Tujuan                 :     Membedakan sel tumbuhan dan sel hewan
                                   .
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                            2.LKS
   Langkah Kerja   :
     1.Amati dan pelajarilah gambar sel tumbuhan dan sel hewan berikut ini dengan seksama !
             a.Adakah perbedaan sel antara tumbuhan dan hewan tersebut? Jelaskan jawabanmu !
                ..................................................................................................................................
             b.Apakah yang dimaksud dengan:Nukleoplasma, sitoplasma dan protoplasma ?.......
   
     2.Apakah yang dimaksud dengan:
             a.Jaringan.........................................................................................................................
             b.Organ..........................................................................................................................
             c. Sistem organ..............................................................................................................
             d.Organisme................................................................................................................
     3.KESIMPULAN :
          a. Sel antara tumbuhan dan hewan memiliki perbedaan antara lain:
              1.Pada Tumbuhan memiliki :..........................................................
              2.Pada Hewan memiliki       :..........................................................
          b.Hubungan antara sel,jaringan, sistem organ dan organisme di gambarkan sbb:
              .........................................................................................................................
      
        PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
             1.Apakah fungsi utama sel ?......................................................
             2.Sebutkan jenis-jenis jaringan pada tumbuhan!.................................................
             3.Sebutkan fungsi organ dan sistem organ pada tumbuhan !................................
             4.Sebutkan sistem organ yang menyusun organ pada manusia!............................
             5. Sebutkan sistem organ yang menyusun organ pencernaan pada manusia!..............
        


                                              





                                                




                                                    LEMBAR KEGIATAN SISWA
                     
                                                     PENGELOMPOKAN HEWAN

                Standar Kompetensi :  6.Memahami keanekaragaman mahkluk hidup

   Kompetensi Dasar       :   6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi  kehidupan mulaidari tingkat sel sampai organisme
                APERSEPSI
                                          Saat kamu belajar IPA Biologi di sekolah dasar, tentunya kamu telah             dikenalkan dengan hewan yang mempunyai rangka dalam/tulang belakang, Hewan yang memiliki tulang belakang meliputi Pisces (ikan), Amfibi (katak), Reptil (hewan melata),Aves (burung), dan Mammalia (hewan menyusui).
   EKSPLORASI :                               
  Kegiatan  : Diskusi.                 
  Tujuan :
     Mengidentifikasi ciri hewan Vertebrata dan Avertebrata
     Alat dan Bahan
     1. A lat tulis
     2. Gambar beraneka macam hewan
    3. H ewan di sekitar lingkungan tempat tinggal

    Petunjuk Kerja
    1. Coba kamu data nama hewan yang kamu kenal, catatlah ke dalam tabel. Agar lebih
        mudah mengamatinya, kamu dapat menggunakan gambar beraneka macam hewan.
    2. Tentukanlah apakah hewan tersebut memiliki tulang belakang atau tidak.
    3. Golongkan menjadi dua kelompok berdasarkan ada tidaknya tulang dalam tubuhnya.
    4. L aporkan hasilnya kepada gurumu.
NO
MAKHLUK HIDUP
MEMILIKI TULANG BELAKANG
TAK MEMILIKI TULANG BELAKANG
VERTEBRRTA/AVERTEBRATA
1




2




3




4




5




6




       k Kadal Ayam Kucing
     Pertanyaan
     1  Berdasarkan data hasil pengamatanmu, sebutkan perbedaan ciri dari hewan hewan Vertebrata........................................................................................
     2. Buatlah skema yang menunjukkan adanya perbedaan ciri yang terdapat dalam dunia hewan
        berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, Jangan lupa berikan contohnya..................
         ..........................................................................................................................................
3.Berdasarkan golongan hewan di atas, amatilah tempat hidupnya (darat,air ),penutup  tubuh(bulu,rambut, sisik) dan alat gerak( kaki,sayap, sirip),serta alat bernafasnya(paru-paru,insang )..........................................................................................................................
4.Kesimpulan :
    a. Ciri hewan Vertebrata adalah,................,...................,......................,..............................
    b. Ciri hewan AVertebrata adalah,..............,....................,........................,.........................


     PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
 1.Ciri Arthropoda adalah .................................................................................................................
        2 Contoh hewan yang menyusui tetapi berkembang biak dengan bertelur adalah........................,
           .............................,...................................................,................................................................
3.Gajah termasuk hewan yang dilindungi,.perlindungan terhadap spesies gajah karena.............
...................................................................................................................................................


                                           SELAMAT BEKERJA























    
                             .
                                                    LEMBAR KEGIATAN SISWA
                     
                                                               EKOSISTEM

                Standar Kompetensi :  7.Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

   Kompetensi Dasar       :   7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
                                              7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian lingkungan
                APERSEPSI
                                     Pernahkah kamu berpikir mengapa saat ini Indonesia sering dilanda  banjir? Banjir tidak hanya menggenangi kota-kota besar, tetapi juga sudah menggenangi kawasan yang dulunya merupakan area hutan.

               MASALAH : Apakah pengalihan lahan penyerapan air menjadi lahan  perumahan dapat menyebabkan banjir? Untuk menjawab permasalahan tersebut, mari kita lakukan kegiatan berikut ini !


   EKSPLORASI :                               
  Kegiatan  : Diskusi.                  
  Tujuan :    1.Mendefinisikan pengertian Ekosistem
                     2.Menyebutkan komponen-komponen Ekosistem
     Alat dan Bahan   :      1.Buku Paket IPA kelas VII
                                       2.LKS
    Petunjuk Kerja
    1 . Perhatikan halaman sekolahmu! ...................................................................................
    2.Catatlah  berbagai macam organisme, yang kamu temukan kedalam tabel berikut ini!
.
NO
Organisme
Jumlah
Keterangan
1



2



3



4



5



6



       k Kadal Ayam Kucing
     Pertanyaan
       1.Berdasarkan tabel di atas menggambarkan ada interaksi atau hubungan antara
          ..................................................................................................................................
       2.Jika hubungan di atas menggambarkan EKOSISTEM, jadi pengertian Ekosistem adalah
          ...........................................................................................................................................  
3.Sebutkan komponen-komponen yang menyusun ekosistem itu !.....................................,
4.Komponen Biotik meliputi: a.......................,b...................................,.c...............................
5.Jelaskan masing-masing komponen Biotik tersebut !..........................................................
   ..............................................................................................................................................
6.Kesimpulan :
    a.Ekosistem adalah...............................................................................................................
    b.Komponen-komponen penyusun Ekosistem adalah.............................,..........................
    c.Komponen -komponen Biotik adalah.................................................................................
     PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
1.Apakah Ekosistem itu dapat mengalami kerusakan,jelaskan jawabanmu !
  .........................................................................................................................................
2.Usaha -usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan Ekosistem adalah,
   ...................................,.........................................,.......................................................
3.Apa yang dimaksud dengan : a. Individu         b.Populasi     c.Komunitas.
4.Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang FOTOSINTESIS ?........................................
   ........................................................................................................................................


                                                                SELAMAT BEKERJA
                                                         LEMBAR KEGIATAN SISWA
                     
                                                              KEPADATAN POPULASI ( 1 )
                Standar Kompetensi :  7.Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

   Kompetensi Dasar       :   7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
                APERSEPSI
                                        Kita telah mempelajari bahwa, dalam ekosistem dikenal juga satuan-satuan ekosistem yang terdiri dari individu, populasi, dan komunitas.


               MASALAH :  Menurutmu, Apakah kepadatan populasi dapat dihitung? mari kita lakukan kegiatan berikut ini !


   EKSPLORASI :                               
  Kegiatan  : Diskusi.                 
  Tujuan :    .Menghitung kepadatan populasi di lingkungan sekitar
                     
     Alat dan Bahan   : 1. Bingkai kuadrat 1 × 1 m (jika tidak ada, kamu dapat menggunakan tali        rafia sepanjang  5 meter)
                                  2. Patok
                                  3. Alat tulis

    Petunjuk Kerja :
           
  1. Amatilah halaman berumput/lingkungan sekitar sekolah...........................................
  2. Letakkan bingkai kuadratmu di atas permukaan tanah yang akan kamu amati.
      Jika  kamu tidak memiliki bingkai kuadrat, kamu dapat membatasi area pengamatanm
      dengan membuat petak berukuran 1 × 1 m dengan tali rafia.
3.Identifikasi komponen biotik yang ada di dalamnya. Masukkan data tumbuhan maupun
   hewan yang kamu temukan ke dalam tabel.
     
 No
Nama Organisme
Jumlah
Kepadatan populasi
Populasi/Individu
1
2
3
4
5
6
7
8





           Catatan :
.                         Kepadatan Populasi = Jumlah individu sejenis
                                                    
                                                Satuan luas daerah tertentu

   4. Berapa jumlah individu rumput yang hidup di dalam kuadrat?.................................................
   5. Berapa jumlah individu serangga yang hidup dalam kuadratmu !.........................................
   .  6.Kesimpulan :
    a.Kepadatan populasi dapat mempengaruhi.........................................................................
    b.Kepadatan populasi dapat dihitung dengan rumus: adalah..................................................

  PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
1.Sebutkan hal-hal yang dapat mempengaruhi kepadatan populasi !..................................
   .........................................................................................................................................
           2. Bila terjadi perubahan musim dan cuaca, apakah kepadatan populasi berubah?
   ........................................................................................................................................
3.Kepadatan populasi dapat  menyebabkan........................................................................

                                                         LEMBAR KEGIATAN SISWA
                     
                                                              RANTAI MAKANAN ( 2 )
                Standar Kompetensi :  7.Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

   Kompetensi Dasar       :   7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
                APERSEPSI
                                        Proses fotosintesis tersebut akan menghasilkan makanan serta melepaskan  O2 ke air, yang diperlukan oleh hewan maupun tumbuhan itu sendiri.Setiap mahkluk hidup memerlukan makhluk hidup lain untuk saling mendukung kehidupan baik secara langsung maupun tak langsung.

               MASALAH :  Menurutmu,?Apakah nama peristiwa makan memakan antara makhluk hidup tersebut ? mari kita lakukan kegiatan berikut ini !


   EKSPLORASI :                               
  Kegiatan  : Diskusi.                 
  Tujuan :    Mempelajari Rantai makanan,Jaring- jaring makanan,dan piramida makanan
                    
     Alat dan Bahan   : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                                    2.LKS
    Petunjuk Kerja :
                
1.     Coba perhatikan peristiwa makan memakan yang kemungkinan dapat terjadi pada  ekosistem sawah.
                                                                            
                             

                             .
2.     Jika tanda panah berarti DIMAKAN, maka padi dimakan oleh..............dan ..........dimakan   oleh....................,kodok dimakan oleh................................
3.     Diagram di atas menggambarkan RANTAI MAKANAN,Jadi rantai makanan adalah..........
         ......................................................................
4.     Pelajarilah diagram berkut ini !         
    
                                                               
          
                                                         



                                          
5.Ada berapa rantai makanan yang terbentuk dari diagram di atas ?...........................................
6.Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut...............................................
7.Rantai makanan yang saling berhubungan akan membentuk ..................................kehidupan.
8. Setiap kegiatan memerlukan energi. Dari mana makhluk hidup  memperoleh energi?..............
9.Apakah yang dimaksud dengan PIRAMIDA MAKANAN ?............................................................
10.Kesimpulan  :
        a.Rantai makanan adalah...................................................
        b.Jaring-jaring makanan adalah..........................................
        c.Jaring-jaring kehidupan adalah.....................................
        d.Makhluk hidup dalam beraktifitas memerlukan energi dari.....................
        e, Piramida makanan adalah.........................................................................


     PENGEMBANGAN DAN APLIKASI:
     1.Lihat gambar berikut ini!
                  
       a.Apakah nama tumbuhan tersebut ?...............................................................
       b.Apakah pada tumbiuhan tersebut terjadi pola interaksi hubungan kehidupan ?
          .............................................Jelaskan !...........................................................
       c.Apakah nama pola hubungan tumbuhan tersebut ?......................................
    2.Adakah pola interaksi/hubungan makhluk hidup yang lain ?.......................................
    3.Berikan contoh pola interaksi/hubungan makhluk hidup berikut ini:
          a.Komensalisme :........................................................................................
          b.Mutualisme     :............................................................................................




                                                                 SELAMAT BEKERJA





























                                                LEMBAR KEGIATAN SISWA

                                                PENGELOLAAN LINGKUNGAN
        
                                                  
                Standar Kompetensi :  7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

   Kompetensi Dasar       :   7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
                APERSEPSI
                                        Semakin meningkat jumlah populasi manusia, semakin banyak
                                        pula sumber daya alam yang harus diambil untuk memenuhi                                      kebutuhannya. 

                                          
               MASALAH :  Menurutmu, Sumber daya alam apa sajakah yang diperlukan untuk
                                        memenuhi kebutuhan dasar hidup manusia?Apakah manusia perlu mengelola lingkungan alam agar terhindar dari kerusakan ? dan upaya apa yang dapat dilakukannya ?
                                        mari kita lakukan kegiatan berikut ini dengan seksama!

   EKSPLORASI :                               
  Kegiatan  : Diskusi.                 
  Tujuan :      1. Mempelajari  peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
                   
     Alat dan Bahan   : 1.Buku Paket IPA kelas VII
                                    2.LKS

    Petunjuk Kerja :
               
    1.Bacalah wacana tentang pencemaran dan kerusakan lingkungan yang ada pada buku   paketmu,lalu jawablah pertanyaan dibawah ini!
   .         a.  Sebutkan  fungsi hutan itu ?..........................,...............................,..................................
             b..Usaha -usaha apakah yang dapat dilakukan untuk menjaga kerusakan hutan ?
              ..............................................................................................................................
          2.Apakah yang dimaksud dengan pencemaran ?.....................................................
          3.Jenis-jenis pencemaran meliputi pencemaran:.........................,.......................,.................
          4.Sebutkan akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran :
                         a.Udara ;.............................................................................................................
                         b.Air     ;.............................................................................................................
                         c. Tanah :..........................................................................................................
         5.Usaha -usaha penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan yang dapat dilakukan manusia antara lain :
                         a.........................................................................................................................
                         b........................................................................................................................
         6. Kesimpulan :
                      a.Manusi sangat berperanan dalam menjaga lingkungan karena ...................
                              ....................................................................................................................
                       b. Untuk menjaga kerusakan hutan dengan cara :............................................
                              ......................................................................................................................
                       c.Pencemaran dapat memberikan...................................................kehidupan.
                       d. penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan yang dapat dilakukan
                           dengan cara......................................................................................................
                              ............................................................................................................................              






    PENGEMBANGAN DAN APLIKASI  :
             1.Amati gambar berikut ini !
                .
             .Apakah ada hubungan gambar tersebut dengan judul kegiatan ini,jelaskan jawabanmu !
                    .......................................................................................................................................
               


          2.Gambar diatas menceritakan terjadinya ..........................................................yang dapat menimbulkan EFEK RUMAH KACA,yaitu peristiwa..............................................................
             .....................................................................................................................................................
          3 Gambar dibawah ini terjadi akibat dari pencemaran.........................................yang dapat menimbulkan...................................................................................................................................                        
                                       









                                                          SELAMAT BEKERJA
0 Responses

Posting Komentar