LEMBAR KEGIATAN SISWA
BIOTIK DAN ABIOTIK
Standar Kompetensi : 4.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : 5.1 Melaksanakan pengamatan obyek secara
terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan
abiotik
APERSEPSI
Biologi merupakan bagian dari mata
pelajaran IPA yang mempelajari tentang makhluk hidup di alam ini dan gejala
kehidupannya.Ilmu pengetahuan selalu berkembang yang disebabkan oleh sifat
dasar manusia,Kamu juga dapat menjadi ilmuawan dengan menguji hasil ilmuawan
sebelumnya.
PERMASALAHAN: Menurutmu, apakah yang membedakan biotik dan
abiotik serta metode apakah yang dapat ditempuh untuk memecahkan masalah yang
timbul dalam ilmu pengetahuan?
EKSPLORASI :
Kegiatan : DISKUSI
Tujuan : 1.
Membedakan Biotik dan Abiotik
2. Memahami langkah kinerja ilmiah dan
manfaatnya dalam kehidupan.
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS .
Langkah Kerja :
1.Bacalah
wacana tentang biotik dan abiotik dengan
seksama !
2.Kemudian jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan tepat berdasarkan tabel berikut
No
|
Benda
|
Abiotik / Biotik
|
1
|
Tanah
|
|
2
|
Udara
|
|
3
|
Gajah
|
|
4
|
Tumbuhan
|
|
5
|
Manusia
|
|
6
|
Kelembaban
udara
|
3. Apakah yang membedakan benda termasuk
Abiotik dan Biotik?..................................
4. Apakah kegunaan dari metode ilmiah dan
sebutkan urutan-urutannya dengan tepat!
...........................................................................................................................................
5.Jelaskan
masing-masing urutan-urutan langkah metode ilmiah tadi dengan
tepat!....................
................................................................................................................................................
6.Apakah
perbedaan pengertian antara kerja ilmiah dan sikap
ilmiah?......................................
7. Buatlah
kesimpulan dari kegiatan diatas
!.............................................................
a.Gejala
alam ada 2 macam;.................................dan............................
b.Gejala
alam biotik adalah..................................dan gejala alam abiotk
adalah..........
c.Contoh
biotik adalah............................................dan contoh abiotik
adalah..............
PENGEMBANGAN
DAN APLIKASI:
1.Amati dan pelajarilah gambar dibawah ini
dengan seksama !
2.Gambar tentang apakah itu
?..............................................................................
3.Apakah semua kegiatan dapat dilakukan dalam Ruang
Lab, jelaskan jawabanmu!
.......................................................................................................................................
4.Jelaskan
masing-masing dari sikap ilmiah tersebut dengan tepat !.............................
SELAMAT BEKERJA
LEMBAR KEGIATAN SISWA
GERAK (1)
Standar Kompetensi : 5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : 5.2
Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari - hari
APERSEPSI
Kita dapat melihat kendaraan seperti
sepeda,sepeda motor atau mobil yang
berlalu lalang di jalan raya.Kendaraan tersebut melakukan gerakan terhadap
orang atau pohon yang ada dipinggir jalan.
PERMASALAHAN: Menurutmu, apakah bilamana sebuah benda
dikatakan bergerak atau melakukan gerakan? Marilah kita lakukan kegiatan
berikut ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : DEMONTRASI
Tujuan : 1.
Mendefinisikan pengertian gerak
. 2. Mendefinisikan pengertian Jarak,perpindahan,kecepatan serta
Kelajuan .
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS .
Langkah Kerja :
1.Lakukanlah kegiatan berikut ini dengan dengan seksama !
2.Suruhlah temanmu berdiri pada jarak kurang
lebh 5 metet didepan kamu!
3. Lalu
dekatilah temanmu dengan melangkahkan kakimu, dan temanmu tetap pada posisi
diam,dari kegiatan tadi apakah temanmu melakukan
gerakan?..................................
4. Jika tidak lalu siapakah yang melakukan
gerakan ?.................................................
5. Jadi
sebuah benda dikatakan bergerak atau melakukan gerakan
jika,...............................
................................................................................................................................................
6. Apakah yang dimaksud dengan :
a,Jarak?.........................................................contohnya.................................................
b.Perpindahan
?...........................................
contohnya.................................................
7. .
Apakah yang dimaksud dengan :
a,Kecepatan?................................................yang
dirumuskan......................................
b.Kelajuan
?........................................... .....yang
dirumuskan.....................................
8. Buatlah kesimpulan dari kegiatan diatas !.
a.Gerak
adalah...........................................................................
b.Contoh Benda bergerak
a.l....................................................
cJarak
adalah..........................................................................
d.Perpindahan
adalah..............................................................
e.Kecepatan
adalah................................................................
f.Kelajuan
adalah..............................................................................
PENGEMBANGAN
DAN APLIKASI :
1.Amatilah gambar berikut ini dengan seksama !
2.Apakah
dapat dikatakan bahwa orang di dalam gambar itu melakukan gerakan, jelaskan !..
...............................................................................................................................................
3. contoh soal
;
Seorang siswa berjalan dengan lintasan ABC,
seperti gambar berikut. Selang waktu dari A
ke C
10 sekon. Tentukan kelajuan dan kecepatan
siswa tersebut
............................................................
tersebut?.........................................................................................................................................
LEMBAR KEGIATAN SISWA ( 2 )
GERAK LURUS,GERAK LURUS
BERATURAN DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN
Standar Kompetensi : 5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : 5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan
sehari - hari
APERSEPSI
Pernahkah
kamu mengamati bagaimana jalannya kereta api?
Lintasannya lurus,
parabola atau lingkaran? Gerak suatu benda
dalam lintasan lurus
disebut gerak lurus. Buah kelapa yang jatuh
dari pohonnya adalah
contoh gerak lurus. Gerak bumi mengelilingi
matahari merupakan gerak
dengan kecepatan tetap dengan waktu
tempuh satu tahun.
PERMASALAHAN: Menurutmu, gerak dapat dibedakan atas berapa?
Marilah kita lakukan kegiatan berikut ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : DISKUSI
Tujuan : .
Mengenal jenis gerak lurus dan penerapannya dalam kehidupan kita
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS .
EKSPLORASI :
Kegiatan :DISKUSI.
Langkah
Kerja :
1.Bacalah wacana tentang gerak dengan dengan seksama !
2. Apakah yang dimaksud dengan gerak lurus
?......................................................
3. Berikan
contoh benda yang termasuk melakukan gerak lurus !.........................
4. Apakah yang dimaksud dengan gerak lurus
beraturan ?..........................................
5. Apakah
yang dimaksud dengan gerak lurus berubah beraturan ?...................................
6.Persamaan/rumus yang berlaku pada GLB(
gerak lurus beraturan ) adalah.......................yang secara grafik
digambarkan sbb;..................................................................................................
7. Persamaan/rumus yang berlaku pada GLBB(
gerak lurus berubah beraturan ) adalah............. secara grafik digambarkan
sbb;.................................................................................................
8.. Buatlah kesimpulan dari kegiatan diatas
!................................................................................
1.
a.Gerak lurus di bedakan atas 2 jenis yaitu ;
1..........................................................(.GLB)
2...........................................................(GLBB)
b.GLB
adalah..........................................................................................................................
c.GLBB
adalah.......................................................................................................................
d.Contoh Gerak yang termasuk GLB
adalah...........................................................................
e. Contoh Gerak yang termasuk GLBB
adalah......................................................................
2.Pada GLB berlaku rumus -rumus
sbb;......................................................................................
..................................................................................................................................................
3. Pada GLBB berlaku rumus -rumus
sbb;...................................................................................
..................................................................................................................................................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
1.
Amatilah gambar berikut ini !
2.Dari gambar diatas, apakah pengemudi bergerak terhadap penonton,jelaskan
!......................
3. Sebuah mobil bergerak kecepatan tetap 36
km/jam. Hitung jarak yang ditempuh mobil selama 20 sekon ?..................................................................................................................................
SELAMAT BEKERJA
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Standar Kompetensi : 5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : 5.3 Menggunakan Mikroskop an peralatan
pendukung lainnya untuk mengamati gejala -gejala kehidupan
MIKROSKOP
APERSEPSI
Apakah semua makhluk hidup dapat diamati
dengan jelas secara
langsung, tanpa
menggunakan alat bantu? Bagaimana pula makhluk
hidup yang
bersel satu? Saat kita melakukan pengamatan sel atau
jaringan pada
makhluk hidup dapatkah kita melihat dengan jelas
bagian-bagiannya?
Mereka terlalu kecil untuk dapat kita amati
langsung dengan
mata kita atau disebut dengan mikroskopis. Untuk
mengamati hewan
atau benda mikroskopis, kita perlu menggunakan
alat bantu
untuk dapat memperjelas objek pengamatan. Alat bantu
tersebut dapat
berupa kaca pembesar (lup) maupun mikroskop.
PERMASALAHAN: Menurutmu, Apakah komponen komponen mikroskop
tersebut ?Marilah kita lakukan kegiatan berikut ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : DISKUSI
Tujuan : Mengenal fungsi mikroskop dan komponen
pendukungnya
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS .
EKSPLORASI :
Kegiatan :DISKUSI.
Langkah
Kerja :
1. Amati dan pelajarilah gambar mikroskop dibawai
ini fengan seksama !
2.Apakah Fungsi utama Mikroskop siswa itu!..................................................................
3.Adakah jenis-jenis mikroskop selain
mikroskop siswa? Jelaskan
jawabanmu!............
………………………………………………………………………………………..
4.Sebutkan bagian -bagian pendukung mikroskop
siswa itu beserta fungsinya masing-masing!
..................................................................................................................................................
5. Apakah nama obyek pengamatan dari mikroskop
itu ?.........................................................
6.Jelaskan langkah-langkah penggunaan
mikroskop dengan tepat agar menghasilkan hasil
pengamatan yang baik !.............
a...........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c...........................................................................................................................................
d.........................................................................................................................................
e............................................................................................................................................
f...........................................................................................................................................
KESIMPULAN :
1.Mikroskop fungsinya
adalah..................................................................................
2.Bagian - bagian penting pendukung mikroskop
adalah.......................................
3.Fungsi bagian - bagian mikroskop tersebut
adalah:.
...........................,..........................,...................................,..................................,....................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
1.Jelaskan 6 cara merawat Mikroskop dengan
benar !..............................................
...............................................................................................................................
2.Lihat gambar berikut ini !
A
B
C
.Dari gambar di
atas manakah yang benar cara membawa mikroskop? Jelaskan alasanmu!
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
SELAMAT BEKERJA
LEMBAR KEGIATAN SISWA
KESELAMATAN KERJA
Standar Kompetensi : 5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : 5.4 Menrapakan keselamatn kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam
APERSEPSI
. Keselamatan
kerja dalam laboratorium mencakup cara penyimpanan, pemakaian, dan perawatan
alat atau bahan laboratorium, serta langkah pertolongan/penanggulangan
kecelakaan.
Laboratorium yang baik selalu dilengkapi
dengan tempat penyimpanan. Alat/bahan
sesuai dengan sifat atau jenis alat/bahan
tersebut.
PERMASALAHAN: Menurutmu,Bagaimanakah cara menyimpan
alat dan bahan dalam
Laboratorim .? Marilah kita
lakukan kegiatan berikut ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : DEMONTRASI
Tujuan : . Menerapkan keselamatan kerja dalam Laboratorium
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS .
Langkah
Kerja :
1.Amati dan pelajarilah gambar berikut ini dengan dengan seksama!
2.Gambar di atas menggambarkan
situasi atau keadaan dalam ruangan........................................
3.Dari gambar tersebut dapat
disimpulkan bahwa penyimpanan alat dan bahan sebaiknya.............
......................................................................................................................................................
4.Sebutkan beberapa bahan
kimia yang membahayakan dan umumnya disimpan di ruang
Laboratorium!.............,.....................,......................,.........................,....................................
5.Apakah arti simbul-simbul
berbahaya dalam Lab berikut ini !
a b c d.
6.KESIMPULAN:
a. Langkah-langkah untuk menjaga keselamatan
kerja di laboratorium adalah:
1. Bahan
kimia yang mudah menguap, mudah terbakar,beracun atau berbahaya harus memiliki
..................................................
b. Bahan kimia cair sebaiknya tidak diletakkan
di tempat yang .......................................
c. Usahakan semua botol penyimpanan bahan
berlabel agar..........................................................
d. Alat-alat yang rawan rusak atau rawan
pecah disimpan dalam lemari......................................
e.. Biasakan segera mencuci tangan jika
terkena atau setelah menggunakan bahan-bahan..........
f. Jika bahan kimia mengenai mata, cucilah
mata dengan ..........................................................
h.
Pastikan selalu ada perlengkapan P3K dan alat pemadam kebakaran di laboratorium
serta pahami cara................................................................................................................................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
1.
Menurutmu,apakah
di dalam Ruang Laboratorium perlu ada Tata Tertib? Jelaskan Jawabanmu ............................................................................................................................
2.
Sebutkan
lima tata tertib yang berlaku di laboratorium sekolahmu!......................................
................................................................................................................................................
SELAMAT BEKERJA
LEMBAR KEGIATAN SISWA
MAKHLUK HIDUP DAN CIRINYA
Standar Kompetensi : 6.Memahami
keanekaragaman mahkluk hidup
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri ciri yang dimiliki
APERSEPSI
Amatilah aktivitas
makhluk hidup di sekitarmu. Aktivitas apa yang kamu temui? Kamu mungkin akan menjumpai orang
yang sedang berjalan dan mobil yang sedang melaju. Perhatikan, mobil dan orang sama-sama
bergerak, namun samakah gerak yang diperlihatkan
keduanya?.
.
PERMASALAHAN: Menurutmu,. Apakah semua yang bergerak dapat dikatakan
sebagai makhluk hidup? Agar kamu tahu perbedaan makhluk hidup dan benda tak
hidup, mari kita lakukan kegiatan berikut ini.
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan : 1 Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
2.
Mengidentifikasi perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup
.
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS .
Langkah
Kerja :
1. A matilah makhluk
hidup dan benda tak hidup yang ada di sekitarmu.....................................
2. Tuliskan
ciri-ciri yang ada pada makhluk hidup dan makhluk tak hidup yang kamu amati.
Catat pula aktivitas yang dilakukan........................................................................................
3.Tuliskan
hasil pengamatanmu ke dalam tabel.
No.NN
No
|
Makhluk Hidup yang diamati
|
Ciri-Cirinya
|
Aktivitas yang dilakukan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
No.
Makhluk
Tak Hidup Ciri Aktivitas yang Dilakukan
Pertanyaan
a.
A pa saja ciri yang ada pada makhluk hidup?..............................................................................
b.
A pakah perbedaan ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup?.....................................
3.Kesimpulan
:
a. Ciri-ciri makhluk hidup
adalah:.................,..............................,.....................,.......................
............................,..............................................,...............................,.....................................
b. Yang membedakan
makhluk hidup dan benda tak hidup
adalah.............................................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
1.Jelaskan masing-masing ciri - ciri makhluk hidup
dengan benar !......................................
............................................................................................................................................
2.Amatilah gambar berikut ini !
a. b c
Berikan masing-masing gambar
di atas nama ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup tersebut !
SELAMAT BEKERJA
LEMBAR KEGIATAN SISWA
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP( 1 )
Standar Kompetensi : 6.Memahami
keanekaragaman mahkluk hidup
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri ciri yang dimiliki
APERSEPSI
Makhluk hidup yang ada pada umumnya diberi
nama sesuai dengan bahasa daerah di mana ia berada. Namun, penggunaan bahasa
daerah dalam pemberian nama makhluk hidup hanya tepat untuk suatu daerah
tertentu.
.
PERMASALAHAN: Menurutmu, apakah penggunaan bahasa
daerah dalam pemberian nama makhluk hidup tidak menimbulkan
kerancuan/kebingangan ?Lakukanlah diskusi berikut ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan : Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan ciri ciri yang dimiliki
.
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS .
Langkah
Kerja :
1.
Bacalah
teks tentang pemberian nama ilmiah makhluk hidup yang dijelaskan oleh Carolus
Linnaeus, lalu jawablah pertanyaan berikut ini !
2.Siapakah
Carolus Linnaeus itu
?...................................................................................
3. Apakah sistem tata nama ganda itu
?....................................................................................
. .
4.Bagaimanakah cara penulisan nama ilmiah
makhluk hidup itu?............................................
5.Berikan contoh nama ilmiah makhluk hidup
yang di kemukakan oleh Carolus Linnaeus itu?
.......................................................................................................................................
6.Sebutkan 4 tujuan mengklasifikasikan
makhluk hidup tersebut !......................................
..........................................................................................................................................
7. Dalam taksonomi terdapat tingkatan takson
(hirarki) yang disebut unit taksonomi,
yang
Urutannya sbb:
........................,...........................,.......................,...............,.............,....................
8.
Klasifikasi yang berkembang saat ini mengelompokkan makhluk hidup dalam 5
kingdom (kerajaan), yaitu......................,.......................,.....................,..........................,..................
9. Apakah
perbedaan ciri yang terdapat pada Monera,
Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia dan berikan contoh dari
masing-masing kerajaan tersbut
!.....................................................
...................................................................................................................................................
10.KESIMPULAN
:
a. Tujuan mengklasifikasikan makhluk
hidup adalah:.............,.....................,................dan
.....................................................................
b. Contoh nama ilmiah makhluk hidup yang
di kemukakan oleh Carolus Linnaeus adalah;
..................................,..................................,..............................,.................................
c. Klasifikasi pada makhluk
hidup dalam 5 kingdom (kerajaan),yaitu..................,.......................,.....................,..........................,................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
.
1. P
engelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri disebut……………………….
.
2.Berdasarkan sistem tata nama ganda, cara
penulisan yang benar untuk nama jenis
kelapa
adalah....................................................................................................................................................
3.Amatilah
gambar berikut dan berikan nama makluk
hidup tersebut dengan benar !
A
B
C
D F G
SELAMAT BEKERJA
LEMBAR KEGIATAN SISWA
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP ( 2 )
Standar Kompetensi : 6.Memahami
keanekaragaman mahkluk hidup
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri ciri yang dimiliki
APERSEPSI
. Saat
ini para ahli menggunakan sistem klasifikasi 5 kingdom yaitu Monera,
Protista, Fungi (jamur), Plantae (tumbuhan), dan Animalia (hewan).
Sistem ini didasarkan pada hubungan evolusi masing-masing organisme. Tahukah
kamu, apakah ciri dari kelima golongan makhluk hidup itu? Mari kita pelajari
bersama melalui kegiatan diskusi berikut ini !
PERMASALAHAN:
Menurutmu, apakah apakah ciri dari kelima golongan makhluk
hidup
itu? Mari kita pelajari bersama melalui kegiatan diskusi berikut ini
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan : Menyebutkan ciri -
ciri Monera, Protista, Fungi (jamur), Plantae (tumbuhan), dan
Animalia (hewan).
.
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS .
Langkah
Kerja :
1Bacalah teks tentang klasifikasi makhluk
hidup, lalu jawablah pertanyaan berikut ini !
. a.
Sebutkan ciri-ciri yang dimiliki oleh: Monera,
Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia
dan berikan contoh dari masing-masing kerajaan tersebut
!..............................................
. .
b.Sebutkan jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan manusia?
.......................................................................................................................................
c..Apakah
yang dimaksud dengan LUMUT KERAK dan
apakah lumut kerak sama dengan Lumut pada umumnya,jelaskan jawabanmu !...................................................................................
2.. Sebutkan
ciri-ciri Tumbuhan Lumut dengan Tumbuhan
Paku!.........................................
3.Perhatikan 2 gambar berikut ini !
A B Manakah
yang dinamakan lumut dan Paku
?................
4.Bagaimanakah cara perkembangbiakan Tumbuhan Lumut dan Tumbuhan Paku
tsb ?
.......................................................................................................................................
5.Buatlah skema pergiliran
keturunan pada Tumbuhan Lumut dan Tumbuhan Paku dan adakah perbedaannya
?....................................................................................................
6.
Pelajarilah bagan Tumbuhan biji berikut ini lalu ceritakanlah dengan
benar !
Tumbuhan
Biji
(Spermatophyta)
Tumbuhan biji terbuka
(Gymnospermae)
Tumbuhan biji tertutup
( Angiospermae)
Tumbuhan biji berkeping satu
(Monokotil)
Tumbuhan biji berkeping dua
7.Pelajari gambar bunga
berikut ini !
a.Berikanlah nama - nama bagian bunga tersebut yang
merupakan alat perkembang biakannya
!...............................................................................................................
b.Sebutkan perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Tumbuhan
dikotil dan contohnya !
...................................................................................................................................
8.
Coba
kamu data nama hewan yang kamu kenal, catatlah ke dalam tabel.
NO
|
NAMA HEWAN
|
BERTULANG
BELAKANG
|
TIDAK BERTULANG
BELAKANG
|
KET
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
6
|
||||
6
|
9.
Berdasarkan
ada dan tidaknya tulang belakang, dunia hewan dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu;
..................................................dan
.........................................................
10.KESIMPULAN
:
1. a.
Ciri - ciri Monera, Protista, Fungi (jamur), Plantae (tumbuhan),
dan Animalia (hewan)..........................,..........................,................................,..............................
b.Jamur ada yang .............................. dan
yang......................................bagi manusia.
c.Protonema adalah ............................... dan ada pada tumbuhan..........................
d.Potalium adalah
...................................dan ada pada
tumbuhan..........................
2.
Berdasarkan ada dan tidaknya tulang belakang, dunia hewan dibedakan menjadi
dua kelompok besar yaitu; ..................................................dan
..................................................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
.
1.A matilah hewan Vertebrata yang ada
di sekitarmu, seperti ikan mas, katak, kadal, ayam,kucing.
2.
Identifikasi ciri fisik hewan-hewan itu. Bedakanlah mengenai tempat hidup,
penutup tubuh, alat gerak, alat
pernapasan, dan lain-lain.
3. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam
tabel seperti contoh di bawah ini.
NO
|
CIRI YANG
DIAMATI
|
IKAN
|
KATAK
|
KADAL
|
AYAM
|
KUCING
|
1
|
Tempat hidup
|
|||||
2
|
Penutup Tubuh
( Bulu,rambut,sisik )
|
|||||
3
|
Alat Gerak(
kaki,sayap,sirip )
|
|||||
4
|
Alat
bernapas( insang,paru-paru )
|
|||||
5
|
Pertanyaan
:
4. Berdasarkan data hasil pengamatanmu,
sebutkan perbedaan ciri-ciri dari hewan-hewanVertebrata.
SEMOGA SUKSES
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP ( 3 )
Standar Kompetensi : 6.Memahami
keanekaragaman mahkluk hidup
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri ciri yang dimiliki
APERSEPSI
Kedudukan
suatu tumbuhan/hewan dapat kita tentukan menggunakan kunci determinasi yang telah ada. Bahkan
kita dapat membuatnya sendiri secara
sederhana.
.
PERMASALAHAN: Menurutmu, bagaimanakah cara membuat dan
menggunakan kunci determinasi itu ?
Lakukanlah diskusi berikut ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan : Membuat dan menggunakan
Kunci Determinasi sederhana
.
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS . 3.Berbagai jenis Tumbuhan
Langkah
Kerja :
1. P erhatikanlah beberapa jenis tumbuhan yang tersedia.( Tumbuhan
lumut, paku simbar menjangan,
suplir, pakis haji, pinus, melinjo, padi, jagung,kembang sepatu, mangga )
2. A
mati berdasarkan ciri yang dimiliki dan gunakanlah kunci determinasi tumbuhan
sesuai dengan tabel berikut !
Contoh
kunci determinasi tumbuhan:
1.
a. tidak mempunyai
batang............................................................. 2
b. mempunyai
batang....................................................................... 3
2.
a. tidak mengandung klorofil atau zat hijau daun..................... Jamur
b. mempunyai zat hijau
daun...................................................... Ganggang
3. a.
tidak mempunyai bunga .........................................................
L umut dan Paku
b. merupakan tumbuhan
bunga................................................. 4
4. a.
merupakan tumbuhan berbiji terbuka................................... . Gymnospermae
b. merupakan tumbuhan berbiji tertutup..................................
Angiospermae
5. a.
berkeping biji satu/berakar serabut .....................................
Monokotil
b. berkeping biji dua/berakar
tunggang..................................... D ikotil
3.
Buatlah tabel seperti contoh di bawah ini, dan tuliskan urutan nomor
kunci determinasi
untuk tanaman tersebut.
NO
|
NAMA TUMBUHAN
|
URUT KUNCI
DETERMINASI
|
Keterangan
kunci determinasi
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Mangga
......................
........................
......................
,..........................
........................
.........................
..........................
..........................
............................
|
1b,2b,3b,4b,5b
|
Mempunyai batang, Mempunyai zat hijau daun,
Merupakan tumbuhan bunga, Merupakan tumbuhan
berbiji tertutup,
. Berkeping biji dua/berakar tunggang ( DIKOTIL )
|
4. Pertanyaan
a. A pakah yang dimaksud kunci
determinasi?.................................................................
b. A pakah manfaat kunci determinasi itu
?...................................................................
Kesimpulan :
a.
Kunci
determinasi
adalah...................................................................
b.
Kunci
determinasi digunakan
untuk..............................................................
PENGEMBANGAN
DAN APLIKASI
.
- Kerjakanlah tugas yang ada pada LKS halaman 59 bagian E dengan menggunakan kunci determinasi seperti contoh yang ada dirumah dengan waktu 1 minggu ,kemudian dikumpulkan...........................................................................
LEMBAR KEGIATAN SISWA
SEL
MAKHLUK HIDUP
Standar Kompetensi : 6.Memahami
keanekaragaman mahkluk hidup
Kompetensi Dasar : 6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem
organisasi kehidupan mulaidari tingkat sel sampai organisme
APERSEPSI
Sel merupakan satuan kehidupan /unit
terkecil penyusun makhluk hidup.
Satuan
terkecil itu meliputi satuan struktural dan fungsional dan makhlik hidupyang tersusun
oleh satu sel disebut makhluk hidup
uniseluler.
.
PERMASALAHAN: Menurutmu, bagaimanakah sel yumbuhan dan
sel hewan itu ? Lakukanlah kegiatan berikut ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan : Membedakan sel tumbuhan dan sel hewan
.
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas
VII
2.LKS
Langkah
Kerja :
1.Amati
dan pelajarilah gambar sel tumbuhan dan sel hewan berikut ini dengan seksama !
a.Adakah perbedaan sel antara tumbuhan dan
hewan tersebut? Jelaskan jawabanmu !
..................................................................................................................................
b.Apakah yang dimaksud
dengan:Nukleoplasma, sitoplasma dan protoplasma ?.......
2.Apakah yang dimaksud dengan:
a.Jaringan.........................................................................................................................
b.Organ..........................................................................................................................
c. Sistem
organ..............................................................................................................
d.Organisme................................................................................................................
3.KESIMPULAN :
a. Sel antara tumbuhan dan hewan memiliki
perbedaan antara lain:
1.Pada Tumbuhan memiliki
:..........................................................
2.Pada Hewan memiliki
:..........................................................
b.Hubungan antara sel,jaringan,
sistem organ dan organisme di gambarkan sbb:
.........................................................................................................................
PENGEMBANGAN
DAN APLIKASI
1.Apakah fungsi utama sel
?......................................................
2.Sebutkan jenis-jenis jaringan pada
tumbuhan!.................................................
3.Sebutkan fungsi organ dan sistem organ
pada tumbuhan !................................
4.Sebutkan sistem organ yang menyusun organ
pada manusia!............................
5. Sebutkan sistem organ yang menyusun
organ pencernaan pada manusia!..............
LEMBAR KEGIATAN SISWA
PENGELOMPOKAN HEWAN
Standar Kompetensi : 6.Memahami
keanekaragaman mahkluk hidup
Kompetensi Dasar :
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulaidari tingkat sel sampai
organisme
APERSEPSI
Saat kamu belajar IPA Biologi di sekolah dasar, tentunya kamu telah dikenalkan dengan hewan yang mempunyai rangka
dalam/tulang belakang, Hewan yang memiliki tulang belakang meliputi Pisces (ikan),
Amfibi (katak), Reptil (hewan melata),Aves (burung), dan Mammalia
(hewan menyusui).
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan :
Mengidentifikasi ciri hewan Vertebrata dan
Avertebrata
Alat dan Bahan
1. A
lat tulis
2. Gambar beraneka macam hewan
3. H ewan di sekitar lingkungan tempat
tinggal
Petunjuk
Kerja
1. Coba kamu data nama hewan yang kamu
kenal, catatlah ke dalam tabel. Agar lebih
mudah mengamatinya, kamu dapat menggunakan
gambar beraneka macam hewan.
2. Tentukanlah apakah hewan tersebut
memiliki tulang belakang atau tidak.
3. Golongkan menjadi dua kelompok
berdasarkan ada tidaknya tulang dalam tubuhnya.
4. L aporkan hasilnya kepada gurumu.
NO
|
MAKHLUK HIDUP
|
MEMILIKI
TULANG BELAKANG
|
TAK MEMILIKI
TULANG BELAKANG
|
VERTEBRRTA/AVERTEBRATA
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
k Kadal Ayam
Kucing
Pertanyaan
1 Berdasarkan data hasil pengamatanmu, sebutkan
perbedaan ciri dari hewan hewan Vertebrata........................................................................................
2. Buatlah skema yang menunjukkan adanya
perbedaan ciri yang terdapat dalam dunia hewan
berdasarkan kegiatan yang telah kamu
lakukan, Jangan lupa berikan contohnya..................
..........................................................................................................................................
3.Berdasarkan golongan hewan di atas,
amatilah tempat hidupnya (darat,air ),penutup
tubuh(bulu,rambut, sisik) dan alat gerak( kaki,sayap, sirip),serta alat
bernafasnya(paru-paru,insang
)..........................................................................................................................
4.Kesimpulan :
a. Ciri hewan Vertebrata adalah,................,...................,......................,..............................
b. Ciri hewan AVertebrata adalah,..............,....................,........................,.........................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
1.Ciri Arthropoda
adalah
.................................................................................................................
2 Contoh
hewan yang menyusui tetapi berkembang biak dengan bertelur adalah........................,
.............................,...................................................,................................................................
3.Gajah termasuk
hewan yang dilindungi,.perlindungan terhadap spesies gajah karena.............
...................................................................................................................................................
SELAMAT
BEKERJA
.
LEMBAR KEGIATAN SISWA
EKOSISTEM
Standar Kompetensi : 7.Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar :
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam
pelestarian lingkungan
APERSEPSI
Pernahkah kamu berpikir mengapa saat ini
Indonesia sering dilanda banjir? Banjir tidak
hanya menggenangi kota-kota besar, tetapi juga sudah menggenangi kawasan yang dulunya
merupakan area hutan.
MASALAH : Apakah pengalihan lahan penyerapan air menjadi
lahan perumahan dapat menyebabkan
banjir? Untuk menjawab permasalahan tersebut, mari kita lakukan kegiatan
berikut ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan : 1.Mendefinisikan pengertian Ekosistem
2.Menyebutkan
komponen-komponen Ekosistem
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket IPA kelas VII
2.LKS
Petunjuk
Kerja
1 . Perhatikan
halaman sekolahmu! ...................................................................................
2.Catatlah berbagai macam
organisme, yang kamu temukan kedalam tabel berikut ini!
.
NO
|
Organisme
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
k Kadal Ayam
Kucing
Pertanyaan
1.Berdasarkan tabel di atas menggambarkan ada
interaksi atau hubungan antara
..................................................................................................................................
2.Jika hubungan di atas menggambarkan
EKOSISTEM, jadi pengertian Ekosistem adalah
...........................................................................................................................................
3.Sebutkan komponen-komponen yang
menyusun ekosistem itu !.....................................,
4.Komponen Biotik meliputi: a.......................,b...................................,.c...............................
5.Jelaskan masing-masing komponen Biotik tersebut
!..........................................................
..............................................................................................................................................
6.Kesimpulan :
a.Ekosistem
adalah...............................................................................................................
b.Komponen-komponen penyusun
Ekosistem adalah.............................,..........................
c.Komponen -komponen Biotik
adalah.................................................................................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI
1.Apakah
Ekosistem itu dapat mengalami kerusakan,jelaskan jawabanmu !
.........................................................................................................................................
2.Usaha
-usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan Ekosistem adalah,
...................................,.........................................,.......................................................
3.Apa yang
dimaksud dengan : a. Individu b.Populasi c.Komunitas.
4.Jelaskan
apa yang kamu ketahui tentang FOTOSINTESIS
?........................................
........................................................................................................................................
SELAMAT
BEKERJA
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
KEPADATAN POPULASI ( 1 )
Standar Kompetensi : 7.Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar :
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
APERSEPSI
Kita telah mempelajari bahwa, dalam ekosistem dikenal juga
satuan-satuan ekosistem yang terdiri dari individu, populasi, dan komunitas.
MASALAH : Menurutmu,
Apakah kepadatan populasi dapat dihitung? mari kita lakukan kegiatan berikut
ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan
: .Menghitung kepadatan populasi di lingkungan
sekitar
Alat
dan Bahan : 1. Bingkai kuadrat 1 × 1 m
(jika tidak ada, kamu dapat menggunakan tali rafia sepanjang 5 meter)
2. Patok
3. Alat tulis
Petunjuk
Kerja :
1. Amatilah halaman berumput/lingkungan
sekitar sekolah...........................................
2.
Letakkan bingkai kuadratmu di atas permukaan tanah yang akan kamu amati.
Jika kamu tidak memiliki bingkai kuadrat, kamu
dapat membatasi area pengamatanm
dengan
membuat petak berukuran 1 × 1 m dengan tali rafia.
3.Identifikasi
komponen biotik yang ada di dalamnya. Masukkan data tumbuhan maupun
hewan yang kamu temukan ke dalam tabel.
No
|
Nama Organisme
|
Jumlah
|
Kepadatan populasi
|
Populasi/Individu
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Catatan
:
. Kepadatan Populasi = Jumlah individu sejenis
Satuan luas daerah tertentu
4. Berapa jumlah individu rumput yang hidup
di dalam kuadrat?.................................................
5. Berapa jumlah individu serangga yang
hidup dalam kuadratmu
!.........................................
. 6.Kesimpulan :
a.Kepadatan populasi dapat
mempengaruhi.........................................................................
b.Kepadatan populasi dapat
dihitung dengan rumus: adalah..................................................
PENGEMBANGAN
DAN APLIKASI
1.Sebutkan
hal-hal yang dapat mempengaruhi kepadatan populasi
!..................................
.........................................................................................................................................
2. Bila terjadi perubahan musim dan cuaca,
apakah kepadatan populasi berubah?
........................................................................................................................................
3.Kepadatan
populasi dapat menyebabkan........................................................................
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
RANTAI MAKANAN ( 2 )
Standar Kompetensi : 7.Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar :
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
APERSEPSI
Proses fotosintesis tersebut akan menghasilkan makanan serta
melepaskan O2 ke air, yang diperlukan oleh
hewan maupun tumbuhan itu sendiri.Setiap mahkluk hidup memerlukan makhluk hidup
lain untuk saling mendukung kehidupan baik secara langsung maupun tak langsung.
MASALAH :
Menurutmu,?Apakah nama peristiwa makan memakan antara makhluk hidup
tersebut ? mari kita lakukan kegiatan berikut ini !
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan
: Mempelajari Rantai makanan,Jaring- jaring
makanan,dan piramida makanan
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket
IPA kelas VII
2.LKS
Petunjuk
Kerja :
1.
Coba
perhatikan peristiwa makan memakan yang kemungkinan dapat terjadi pada ekosistem sawah.
.
2.
Jika
tanda panah berarti DIMAKAN, maka
padi dimakan oleh..............dan ..........dimakan oleh....................,kodok dimakan
oleh................................
3.
Diagram
di atas menggambarkan RANTAI MAKANAN,Jadi rantai makanan adalah..........
......................................................................
4.
Pelajarilah
diagram berkut ini !
5.Ada berapa rantai
makanan yang terbentuk dari diagram di atas
?...........................................
6.Sekumpulan rantai makanan
yang saling berhubungan disebut...............................................
7.Rantai makanan yang saling
berhubungan akan membentuk ..................................kehidupan.
8. Setiap
kegiatan memerlukan energi. Dari mana makhluk hidup memperoleh energi?..............
9.Apakah yang
dimaksud dengan PIRAMIDA MAKANAN
?............................................................
10.Kesimpulan :
a.Rantai makanan
adalah...................................................
b.Jaring-jaring makanan
adalah..........................................
c.Jaring-jaring kehidupan
adalah.....................................
d.Makhluk hidup dalam beraktifitas
memerlukan energi dari.....................
e, Piramida makanan
adalah.........................................................................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI:
1.Lihat gambar berikut ini!
a.Apakah nama tumbuhan tersebut
?...............................................................
b.Apakah pada tumbiuhan tersebut terjadi
pola interaksi hubungan kehidupan ?
.............................................Jelaskan
!...........................................................
c.Apakah nama pola hubungan tumbuhan
tersebut ?......................................
2.Adakah pola interaksi/hubungan makhluk
hidup yang lain ?.......................................
3.Berikan contoh pola interaksi/hubungan
makhluk hidup berikut ini:
a.Komensalisme
:........................................................................................
b.Mutualisme :............................................................................................
SELAMAT BEKERJA
LEMBAR KEGIATAN SISWA
PENGELOLAAN
LINGKUNGAN
Standar Kompetensi : 7. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar : 7.4
Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan
APERSEPSI
Semakin
meningkat jumlah populasi manusia, semakin banyak
pula sumber daya
alam yang harus diambil untuk memenuhi kebutuhannya.
MASALAH : Menurutmu,
Sumber daya alam apa sajakah yang diperlukan untuk
memenuhi kebutuhan dasar hidup manusia?Apakah
manusia perlu mengelola lingkungan alam agar terhindar dari kerusakan ? dan
upaya apa yang dapat dilakukannya ?
mari
kita lakukan kegiatan berikut ini dengan seksama!
EKSPLORASI :
Kegiatan : Diskusi.
Tujuan : 1. Mempelajari peran manusia dalam pengelolaan lingkungan
untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Alat dan Bahan : 1.Buku Paket
IPA kelas VII
2.LKS
Petunjuk
Kerja :
1.Bacalah wacana tentang pencemaran dan
kerusakan lingkungan yang ada pada buku
paketmu,lalu jawablah pertanyaan dibawah ini!
.
a. Sebutkan fungsi hutan itu
?..........................,...............................,..................................
b..Usaha -usaha apakah yang dapat
dilakukan untuk menjaga kerusakan hutan ?
..............................................................................................................................
2.Apakah yang dimaksud dengan
pencemaran ?.....................................................
3.Jenis-jenis pencemaran meliputi
pencemaran:.........................,.......................,.................
4.Sebutkan akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran
:
a.Udara
;.............................................................................................................
b.Air
;.............................................................................................................
c. Tanah
:..........................................................................................................
5.Usaha -usaha penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan yang
dapat dilakukan manusia antara lain :
a.........................................................................................................................
b........................................................................................................................
6. Kesimpulan :
a.Manusi sangat berperanan dalam menjaga lingkungan
karena ...................
....................................................................................................................
b. Untuk menjaga kerusakan hutan dengan cara
:............................................
......................................................................................................................
c.Pencemaran dapat
memberikan...................................................kehidupan.
d. penanggulangan pencemaran dan kerusakan
lingkungan yang dapat dilakukan
dengan cara......................................................................................................
............................................................................................................................
PENGEMBANGAN DAN APLIKASI :
1.Amati gambar berikut ini !
.
.Apakah ada hubungan gambar
tersebut dengan judul kegiatan ini,jelaskan jawabanmu !
.......................................................................................................................................
2.Gambar diatas menceritakan terjadinya
..........................................................yang dapat menimbulkan
EFEK RUMAH KACA,yaitu
peristiwa..............................................................
.....................................................................................................................................................
3 Gambar dibawah ini terjadi akibat dari
pencemaran.........................................yang dapat
menimbulkan...................................................................................................................................
SELAMAT BEKERJA
Posting Komentar