RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : SMP
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VII/2
Standar Kompetensi : 6. Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan.
Kompetensi dasar :6.1 Menganalisis
data percobaan gerak lurus beraturan dan
gerak lurus
berubah beraturan serta penerapannya dalam
kehidupan
sehari-hari.
Indikator
1.
Menemukan persamaan laju yang ditempuh
2.
Menunjukkan konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan
setiap satuan waktu
4.
Menyelidiki GLBB dipercepat beraturan
5.
Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu :
4 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran: Peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian gerak
2. Membedakan kecepatan dan kelajuan
3.
Membedakan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
4.
Memberikan contoh konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
5. Mendefinisikan pengertian percepatan suatu benda
6. Memberikan contoh konsep GLBB dalam kehidupan
sehari-hari
B. Materi
Pembelajaran
v
Pengertian gerak adalah jika benda itu mengalami
perubahan kedudukan terhadap titik tertentu sebagai acuan atau perubahan
kedudukan / posisi suatu benda terhadap titik acuan tertentu.
v
Kecepatan merupakan perpindahan yang ditempuh
oleh suatu benda tiap satuan waktu dan termasuk besaran vektor sedangkan
kelajuan merupakan jarak yang ditempuh tiap satuan waktu dan merupakan besaran
skalar.
v
Gerak lurus beraturan adalah gerak benda jika
menempuh lintasan lurus dengan kelajuan tidak berubah atau tetap sedangkan
gerak lurus berubah beraturan adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan
kelajuan berubah secara teratur tiap detiknya.
v
Contoh konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
digunakan pada mobil yang bergerak lurus dengan kelajuan tetap di jalan raya,
sepeda motor yang bergerak lurus dengan kelajuan tetap di jalan raya.
v
Percepatan benda adalah tambahan kecepatan tiap
satuan waktu dengan rumus a =
v
Contoh konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari
digunakan pada benda jatuh bebas, gerak seorang penerjun payung, gerak sebuah
kelereng pada bidang miring dan sebagainya.
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model Direct Instruction (DI) dan Cooperatif Learning
(CL)
2.
Metode:
·
Demontrasi
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
1.
2.
3.
|
Pertemuan 1 (TP 1-3)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Coba kamu perhatikan benda-benda di sekitarmu,
adakah yang diam dan yang bergerak?
-
Bilamanakah sebuah benda dikatakan bergerak?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok?
-
Sebutkan yang termasuk besaran pokok beserta
satuannya!
-
Sebutkan pula yang termasuk besaran turunan
beserta satuannya dalam SI !
·
Para Eksperimen/lab
-
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa membentuk kelompok.
·
Guru menuliskan indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Guru membagikan LKS/ tugas yang harus
dikerjakan siswa
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
A.
B. C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa.
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
Pertemuan 2
(TP 4-6)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Jika kamu perhatikan sebuah mobil berjalan
lurus dan tidak ada hambatan, apakah termasuk gerak lurus beraturan?Jelaskan
jawabanmu!
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah pengertian gerak?
-
Sebutkan macam-macam gerak!
·
Pra Eksperimen/ Lab
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa secara kelompok dalam
melakukan kegiatan.
·
Guru membimbing siswa secara berkelompok dalam
diskusi hasil kegiatan serta memberi informasi atas pertanyaan siswa dalam
diskusi kelompok.
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi
C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa mencatat indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk perwakilannya untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa melaksanakan tugas yang diberikan guru.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
|
10 menit
50 menit
20 menit
10 menit
50 menit
20 menit
|
E. Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Alat praktikum/demontrasi.
2.
LKS (Lembar Kerja Siswa).
3.
Silabus.
4.
Buku paket Sains/IPA
5. Buku
lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian: tertulis
b. Bentuk Instrumen/penilaian
·
Uraian
obyektif (UO)
c. Instrumen/penilaian kognitif:
1.
Apakah pengertian
gerak?.............................................................................(1)
2.
Apakah perbedaan kecepatan dan
kelajuan?...............................................(2)
3.
Apakah perbedaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus
berubah beraturan?.....................................................................................................(2)
4.
Berikan masing-masing dua contoh yang termasuk GLB dan
GLBB dalam kehidupan
sehari-hari!...................................................................................(4)
5.
Apakah yang dimaksud dengan
percepatan?...............................................(1)
Jumlah Skor
(10)
d.
Instrumen afektif
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesiapan siswa dalam menerima
pelajaran
|
2
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
2
|
3
|
Menyiapkan buku sumber
|
3
|
4.
|
Keantusiasan siswa dalam diskusi
|
3
|
e.
Instrumen Psikomotor
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menyampaian
ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
|
2
|
2.
|
Memformulasikan
ide/ gagasan pada kelompoknya.
|
2
|
3.
|
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
4
|
4.
|
Membuat
kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
Mengetahui, Panji Anom, 2010
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada Guru Mata Pelajaran
Drs I Gst Lanang Aryasuta Gede
Sucita
NIP: 19611231 198112 1 045
NIP: 19621111 198411 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : SMP
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VII/2
Standar Kompetensi : 6. Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan.
Kompetensi dasar : 6.2 Melaksanakan
pengamatan obyek secara terencana dan terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.
Indikator
1.
Menyebutkan langkah – langkah metode ilmiah.
2.
Melaksanakan sikap ilmiah dalam menyusun data
pengamatan
3.
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada
obyek abiotik
melalui
pengamatan
4.
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada
obyek biotik
melalui
pengamatan
Alokasi Waktu :
4 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran : peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian metode ilmiah
2.
Menyebutkan urutan-urutan metode ilmiah
3.
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada
obyek abiotik
melalui
pengamatan
4. Membandingkan gejala alam kebendaan dan
kejadian pada obyek biotik
melalui
pengamatan
B. Materi
Pembelajaran
v
Metode ilmiah adalah suatu metode yang tersusun
secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah yang timbul dalam ilmu
pengetahuan.
v
Langkah-langkah metode ilmiah secara berurutan:
1.
Menentukan dan merumuskan masalah
2.
Merumuskan hipotesis/dugaan
3.
Melaksanakan eksperimen/percobaan
4.
Observasi/pengamatan
5.
Mengumpulkan data
6.
Menarik kesimpulan
v
Gejala alam kebendaan dan kejadian pada obyek
abiotik dan biotik merupakan keadaan lingkungan di sekitar kita yang
ditunjukkan oleh keadaan mahluk tak hidup maupun mahluk hidup yang saling
berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model Direct Instruction (DI) dan Cooperatif Learning
(CL)
2.
Metode:
·
Demontrasi
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
1.
2.
3.
|
Pertemuan 1 (TP 1-2)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Siapakah diantara kalian yang ingin menjadi
ilmuwan?
-
Bagaimanakah cara kerja ilmuwan tersebut?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Mata pelajaran IPA di SMP, sekarang disebut
dengan istilah!
-
Ilmu pengetahuan yang kamu kenal sekarang ini
diperoleh melalui suatu penelitian yang disebut…
·
Para Eksperimen/lab
-
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa membentuk kelompok.
·
Guru menuliskan indikator dan tujuan pembelajaran.
·
Guru membagikan LKS/ tugas yang harus
dikerjakan siswa
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
C. C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa.
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
Pertemuan 2
(TP 3-4)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Perhatikan lingkungan sekitar sekolahmu,
apakah ada berbagai jenis tumbuhan, hewan?
-
Adakah disekitar sekolahmu ditemukan air,
tanah, udara, cahaya matahari dan mikroorganisme lainnya?
-
Menurutmu manakah yang termasuk mahluk hidup
abiotik dan biotik, serta adakah hubungan keduanya?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan lingkungan?
-
Lingkungan dapat dibedakan atas lingkungan…dan
lingkungan...
·
Pra Eksperimen/ Lab
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa secara kelompok dalam
melakukan kegiatan.
·
Guru membimbing siswa secara berkelompok dalam
diskusi hasil kegiatan serta memberi informasi atas pertanyaan siswa dalam
diskusi kelompok.
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi
C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa mencatat indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk perwakilannya untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa melaksanakan tugas yang diberikan guru.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
|
10 menit
50 menit
20 menit
10 menit
50 menit
20 menit
|
E. Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Alat praktikum/demontrasi.
2.
LKS (Lembar Kerja Siswa).
3.
Silabus.
4.
Buku paket Sains/IPA
5. Buku
lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian: tertulis
b. Bentuk Instrumen/penilaian
·
Uraian
obyektif (UO)
- Instrumen/penilaian kognitif:
1.
Jelaskan pengertian metode
ilmiah?.............................................................(1)
2.
a). Langkah
pertama dalam metode ilmiah adalah.......................................(1)
b). Langkah yang dapat dilakukan
untuk menguji kebenaran hipotesis
adalah......................................................................................................(1)
3.
Apakah perbedaan pengertian abiotik dan
biotik?.........................................(2)
4.
Berikan masing-masing dua contoh yang termasuk abiotik
dan biotik!.........(4)
5.
Jelaskan gejala abiotik dan biotik pada peristiwa tanah
longsor!..................(3)
Jumlah Skor
(12)
d. Instrumen afektif
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesiapan siswa dalam menerima
pelajaran
|
2
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
2
|
3
|
Menyiapkan buku sumber
|
3
|
4.
|
Keantusiasan siswa dalam diskusi
|
3
|
e. Instrumen Psikomotor
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menyampaian
ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
|
2
|
2.
|
Memformulasikan
ide/ gagasan pada kelompoknya.
|
2
|
3.
|
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
4
|
4.
|
Membuat
kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : SMP
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VII/2
Standar Kompetensi : 6. Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan.
Kompetensi dasar : 6.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan
pendukung lainnya untuk mengamati gejala kehidupan.
6.4 Menerapkan
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
Indikator
KD 6.3
1.
Mengenal bagian-bagian mikroskop
2.
Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus,
pencahayaan, dan menemukan obyek mikroskopis)
KD 6.4
3.
Memegang,membawa dan memberlakukan alat dan bahan
secara aman
4.
Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang
dapat menimbulkan penyakit
5.
Mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium
Alokasi Waktu :
4 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran: Peserta didik dapat :
1. Mengenal bagian-bagian mikroskop
2. Menggunakan
mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, dan menemukan obyek
mikroskopis)
3. Memegang,membawa dan memberlakukan alat dan
bahan secara aman
4. Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya
5. Mendeskripsikan bahan-bahan yang dapat
menimbulkan penyakit
6. Mengidentifikasi simbol-simbol dalam
laboratorium
B. Materi
Pembelajaran
v
Bagian-bagian mikroskop dapat dikelompokkan
menjadi tiga bagian:optik, penerangan,
dan mekanik.
v
Bagian-bagian optik meliputi lensa-lensa (lensa
obyektif dan lensa okuler, serta lensa kondensor).
v
Bagian-bagian penerangan meliputi: cermin datar
dan cermin cekung dan diafragma.
v
Bagian-bagian mekanik meliputi: kaki mikroskop,
pegangan mikroskop, pemutar kasar (makrometer) dan pemutar halus (mikrometer).
v
Cara memegang mikroskop dengan benar harus
mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan oleh mikroskop tersebut dan
perhatikan dalam hal mengatur
fokus, pencahayaan, dan menemukan obyek mikroskopis.
v
Keselamatan kerja dalm laboratorium mencakup
cara memegang, membawa dan memberlakukan alat dan bahan secara aman, perlu
diperhatikan agar diperoleh keselamatan kerja yang aman.
v
Beberapa bahan kimia di laboratorium ada yang
membahayakan atau menimbulkan penyakit misalnya: amonia uapnya mengganggu
pernafasan dan jika tertelan mengakibatkan kerusakan dalam perut, asam sulfat
jika terkena kulit menimbulkan luka yang parah dan beracun, etanol jika diminum
memabukkan dan mudah terbakar,klorofom uapnya dapat mengganggu pernafasan dan
sebagainya.
v
Beberapa simbol bahaya yang ada di laboratorium
khususnya bahan-bahan kimia biasanya tertulis pada botol bahan kimia tersebut
antara lain: mudah terbakar, korosif,
beracun, iritasi mudah meledak, dan radioaktif.
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model Direct Instruction (DI) dan Cooperatif Learning
(CL)
2.
Metode:
·
Demontrasi
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
1.
.
2.
3.
|
Pertemuan 1 (TP 1-2)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Apakah semua mahluk hidup dapat diamati secara
jelas dengan menggunakan mata telanjang?Jelaskan jawabanmu!
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah perbedaan antara cermin dan lensa?
-
Apakah manfaat cahaya bagi kita?
·
Para Eksperimen/lab
-
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa membentuk kelompok.
·
Guru menuliskan indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Guru membagikan LKS/ tugas yang harus
dikerjakan siswa
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
D. C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa.
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
Pertemuan 2
(TP 3-6)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Guru memperagakan cara memegang mikroskop, dan
menanyakan kepada siswa, apakah cara ini benar?
-
Bagaimanakah cara yang benar memegang
mikroskop?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah fungsi mikroskop?
-
Sebutkan bagiaan- bagian
mekanik Mikroskop!
·
Pra Eksperimen/ Lab
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa secara kelompok dalam
melakukan kegiatan.
·
Guru membimbing siswa secara berkelompok dalam
diskusi hasil kegiatan serta memberi informasi atas pertanyaan siswa dalam
diskusi kelompok.
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa mencatat indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk perwakilannya untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa melaksanakan tugas yang diberikan guru.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
|
10 menit
50 menit
20 menit
10 menit
50 menit
20 menit
|
E. Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Alat praktikum/demontrasi.
2.
LKS (Lembar Kerja Siswa).
3.
Silabus.
4.
Buku paket Sains/IPA
5. Buku
lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian: tertulis
b. Bentuk Instrumen/penilaian
·
Uraian
obyektif (UO)
c. Instrumen/penilaian kognitif:
1.
Sebutkan tiga bagian utama dari Mikroskop!.................................................(3)
2.
Sebutkan masing-masing satu contoh yang termasuk bagian
dari: optik, penerangan dan
mekanik!.............................................................................(3)
3.
Jika kita menggunakan Mikroskop, dan ingin mengatur
cahaya bagian manakah yang kita atur agar bayangan benda/obyek tepat jatuh pada
lensa okuler?...........................................................................................................(1)
4. Jelaskan
cara membawa mikroskop dengan benar!.....................................(2)
5. Bagaimanakah
cara menyimpan bahan kimia yang mudah menguap, terbakar, ataupun
beracun?...........................................................................(1)
6. Sebutkan
dua contoh bahan yang terdapat di laboratorium yang berbahaya, terutama yang
mudah terbakar!.....................................................................(2)
7. Sebutkan
dua contoh bahan yang terdapat di laboratorium yang berbahaya, terutama yang
menimbulkan
penyakit!..........................................................(2)
8. Simbol
tengkorak (kepala manusia) yang tercantum pada bahan kimia menunjukkan bahan
kimia
tersebut!..............................................................(1)
Jumlah Skor
(15)
d. Instrumen afektif
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesiapan siswa dalam menerima
pelajaran
|
2
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
2
|
3
|
Menyiapkan buku sumber
|
3
|
4.
|
Keantusiasan siswa dalam diskusi
|
3
|
e. Instrumen Psikomotor
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menyampaian
ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
|
2
|
2.
|
Memformulasikan
ide/ gagasan pada kelompoknya.
|
2
|
3.
|
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
4
|
4.
|
Membuat
kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : SMP
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VII/2
Standar Kompetensi : 7. Memahami keanekaragaman mahluk hidup
Kompetensi dasar : 7.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri mahluk hidup.
7.2 Mengklasifikasikan
mahluk hidup berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki.
Indikator
KD 7.1
- Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup
- Membuat laporan ciri-ciri mahluk hidup berdasarkan hasil observasi.
- Membedakan ciri tumbuhan dan hewan pada mahluk hidup.
KD 7.2
- Membedakan mahluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya.
- Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi mahluk hidup.
- Membuat perbandingan ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.
- Mengklasifikasi beberapa mahluk hidu di sekitar berdasakan ciri yang dimiliki.
Alokasi Waktu :
6 Jam Pelajaran ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran: Peserta didik dapat :
1.
Mengidentifikasi 8 ciri-ciri mahluk hidup.
2.
Membuat laporan ciri-ciri mahluk hidup berdasarkan
hasil observasi.
3.
Membedakan ciri tumbuhan dan hewan pada mahluk hidup.
4.
Membedakan mahluk hidup yang satu dengan yang lainnya
berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya.
5.Mendeskripsikan pentingnya dilakukan
klasifikasi mahluk hidup.
6.
Membuat perbandingan ciri khusus tiap kingdom dalam
sistem 5 kingdom.
7.Mengklasifikasi beberapa mahluk
hidup di sekitar berdasakan ciri yang dimiliki.
B. Materi
Pembelajaran
v
Ciri mahluk hidup: bergerak, bernafas,
memerlukan makanan, tumbuh dan berkembang, reproduksi, adaptasi, peka terhadap
rangsang, serta ekskresi (pengeluaran).
v
Tumbuhan dan hewan memiliki ciri-ciri yang
hampir sama tetapi tumbuhan tidak dapat berpindah tempat seperti halnya hewan.
v
Antara mahluk hidup yang satu dengan yang
lainnya memiliki ciri khusus kehidupan yang dimilikinya misalnya: mamalia menyusui
anaknya.
v
Pentingnya dilakukan klasifikasi mahluk hidup
untuk memudahkan mengenal keanekaragaman mahluk hidup berdasarkan ciri dan
perbedaannya.
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model Direct Instruction (DI) dan Cooperatif Learning
(CL)
2.
Metode:
·
Demontrasi
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
1.
2.
3.
|
Pertemuan 1 (TP 1-3)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Amatilah aktivitas mahluk hidup yang ada di
sekitarmu, adakah yang bergerak, samakah gerak yang diperlihatkan oleh mahluk
hidup itu?Jelaskan jawabanmu!
·
Prasarat Pengetahuan
-
Berikan contoh yang termasuk mahluk hidup dan
mahluk tak hidup!
·
Para Eksperimen/lab
-
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa membentuk kelompok.
·
Guru menuliskan indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Guru membagikan LKS/ tugas yang harus
dikerjakan siswa
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
E. C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa.
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
Pertemuan 2
(TP 4-5)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Pernahkah kamu memperhatikan sapi atau
kambing?
-
Apakah mahluk hidup diatas menyusui anaknya?
-
Apakah mahluk hidup tadi termasuk mamalia?
-
Apakah menyusui anaknya termasuk ciri khas
mamalia?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Sebutkan ciri-ciri mahluk hidup!
-
Sebutkan yang termasuk mahluk hidup!
·
Pra Eksperimen/ Lab
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa secara kelompok dalam
melakukan kegiatan.
·
Guru membimbing siswa secara berkelompok dalam
diskusi hasil kegiatan serta memberi informasi atas pertanyaan siswa dalam
diskusi kelompok.
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi
C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa mencatat indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk perwakilannya untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa melaksanakan tugas yang diberikan guru.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
|
10 menit
50 menit
20 menit
10 menit
50 menit
20 menit
|
E. Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Alat praktikum/demontrasi.
2.
LKS (Lembar Kerja Siswa).
3.
Silabus.
4.
Buku paket Sains/IPA
5. Buku
lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian: tertulis
b. Bentuk Instrumen/penilaian
·
Uraian
obyektif (UO)
c. Instrumen/penilaian kognitif:
1.
Sebutkan tiga ciri mahluk
hidup!....................................................................(3)
2.
a). Meskipun tidak dapat berpindah tempat, tumbuhan
dapat pula melakukan gerakan yang sering dinamakan
gerak....................................................(1)
b). Mobil bukan
merupakan mahluk hidup karena.........................................(1)
3.
Apakah yang merupakan ciri khas
mamalia?................................................(1)
4.
Sebutkan dua manfaat dari pengklasifikasian mahluk
hidup!........................(2)
5.
Sebutkan 5 kingdom dalam klasifikasi mahluk
hidup!...................................(5)
6.
Salah satu ciri khas kingdom dari monera
adalah.........................................(1)
7.
Salah satu ciri khas tanaman rumput
adalah................................................(1)
Jumlah Skor
(15)
d. Instrumen afektif
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesiapan siswa dalam menerima
pelajaran
|
2
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
2
|
3
|
Menyiapkan buku sumber
|
3
|
4.
|
Keantusiasan siswa dalam diskusi
|
3
|
e. Instrumen Psikomotor
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menyampaian
ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
|
2
|
2.
|
Memformulasikan
ide/ gagasan pada kelompoknya.
|
2
|
3.
|
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
4
|
4.
|
Membuat
kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
Mengetahui,
Panji Anom, 2010
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada Guru Mata Pelajaran
Drs I Gst Lanang Aryasuta Gede
Sucita
NIP: 19611231 198112 1 045
NIP: 19621111 198411 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : SMP
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VII/2
Standar Kompetensi : 7. Memahami keanekaragaman mahluk hidup
Kompetensi dasar : 7.3
Mendeskripsikan keanekaragaman pada sistem organisasi
kehidupan
mulai dari tingkat sel sampai organisme.
Indikator
1.
Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil
pengamatan
2.
Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel
penyusunnya
3.
Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem
organ berdasarkan hasil pengamatan
4.
Mengaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ, dan
sistem organ penyusun tubuh
Alokasi Waktu :
4 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran: Peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian sel
2.
Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil
pengamatan
3.
Mendeskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan
pengangkut pada batang
4.
Mendeskripsikan keragaman tingkat organ pada bunga
tanaman
5.
Menyebutkan urutan organ-organ penyusun sistem pencernaan
pada manusia
B. Materi
Pembelajaran
v
Sel merupakan satuan (unit) kehidupan terkecil
dari mahluk hidup yang meliputi satuan struktural dan fungsional
v
Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki persamaan
dan perbedaan
v
Sel penyusun jaringan pengangkut pada batang
memiliki karakteristik tertentu
v
Tumbuhan tingkat tinggi memiliki sistem organ
seperti halnya hewan-hewan tingkat tinggi dan manusia yang meliputi akar,
batang, dan daun yang ketiganya membentuk sistem organ
v
Organ-organ yang menyusun sistem pencernaan pada
manusia dimulai dari organ mulut, kerongkongan, hati, lambung, pankreas,
kantong empedu, usus, dan anus
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model Direct Instruction (DI) dan Cooperatif Learning
(CL)
2.
Metode:
·
Demontrasi
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
1.
2.
3.
|
Pertemuan 1 (TP 1-2)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Perhatikan tubuhmu, apakah tubuhmu tersusun
oleh bagian / unit-unit terkecil yang amat banyak seperti halnya bangunan
rumahmu?
-
Disebut apakah unit-unit kecil yang amat
banyak itu?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah ciri-ciri mahluk hidup?
-
Sebutkan yang termasuk mahluk hidup!
·
Para Eksperimen/lab
-
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa membentuk kelompok.
·
Guru menuliskan indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Guru membagikan LKS/ tugas yang harus
dikerjakan siswa
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
F. C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa.
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
Pertemuan 2
(TP 3-5)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Pernahkah anak-anak mendengar kata jaringan?
-
Apakah arti jaringan dalam pelajaran sains?dan
apa pula fungsinya?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan sel?
-
Apakah perbedaan sel hewan dengan sel
tumbuhan?
·
Pra Eksperimen/ Lab
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa secara kelompok dalam
melakukan kegiatan.
·
Guru membimbing siswa secara berkelompok dalam
diskusi hasil kegiatan serta memberi informasi atas pertanyaan siswa dalam
diskusi kelompok.
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa mencatat indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk perwakilannya untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa melaksanakan tugas yang diberikan guru.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
|
10 menit
50 menit
20 menit
10 menit
50 menit
20 menit
|
E. Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Alat praktikum/demontrasi.
2.
LKS (Lembar Kerja Siswa).
3.
Silabus.
4.
Buku paket Sains/IPA
5. Buku
lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian: tertulis
b. Bentuk Instrumen/penilaian
·
Uraian
obyektif (UO)
c. Instrumen/penilaian kognitif:
1.
Apakah yang dimaksud dengan sel?................................................................(1)
2.
Sebutkan perbedaan sel hewan dan sel
tumbuhan!........................................(2)
3.
Jelaskan karakteristik sel penyusun jaringan pengangkut
pada batang
tumbuhan!.........................................................................................................(2)
4.
Sebutkan organ penyusun dari bunga kembang
sepatu!................................ (2)
5.
Sebutkan secara berurutan organ-organ penyusun sistem
pencernaan pada
manusia!..........................................................................................................
(8)
Jumlah Skor
(15)
d. Instrumen afektif
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesiapan siswa dalam menerima
pelajaran
|
2
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
2
|
3
|
Menyiapkan buku sumber
|
3
|
4.
|
Keantusiasan siswa dalam diskusi
|
3
|
e. Instrumen Psikomotor
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menyampaian
ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
|
2
|
2.
|
Memformulasikan
ide/ gagasan pada kelompoknya.
|
2
|
3.
|
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
4
|
4.
|
Membuat
kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : SMP
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VII/2
Standar
Kompetensi : 8. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi dasar : 8.1
Menentukankan ekosistm dan saling hubungan antar komponen ekosistem.
8.3 Memprediksi pengaruh
kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan.
Indikator
1.
Mengidentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan
menyatakan matahari merupakan sumber energi utama.
2.
Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem biotik
dan abiotik serta hubungan antara komponen abiotik dan biotik.
3.
Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan
jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem.
4.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
populasi penduduk.
5.
Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
kebutuhan air bersih dan udara bersih.
6.
Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
ketersediaan lahan.
7.
Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk
terhadap kerusakan lingkungan.
Alokasi
Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran: Peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian ekosistem
2.
Menyebutkan komponen-komponen ekosistem
3.
Mengidentifikasi satuan-satuan dalam ekosistem
4.
Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem
biotik dan abiotik serta hubungan antara komponen abiotik dan biotik.
5.
Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai
makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem.
6.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan populasi penduduk.
7.
Menjelaskan hubungan populasi penduduk dengan
kebutuhan air dan udara bersih.
8.
Menjelaskan hubungan populasi penduduk dengan
ketersediaan lahan.
9.
Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi
penduduk terhadap kerusakan lingkungan.
B. Materi
Pembelajaran
v
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara
makhluk hidup yang satu dengan yang lain dan hubungan makhluk hidup dengan
lingkungan abiotiknya.
v
Komponen-komponen ekosistem meliputi : abiotik
dan biotik.
v
Satuan-satuan ekosistem meliputi : individu,
populasi, habitat dan komunitas.
v
Hubungan antara komponen ekosistem biotik dan
abiotik sangat erat sehingga dapat membentuk lingkungan yang dalam keadaan
seimbang.
v
Rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan
digambarkan berupa diagram panah yang saling berhubungan.
v
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
populasi : jumlah individu sejenis, dan luas daerah tertentu.
v
Hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan
lapangan adalah sebanding artinya jumlah populasi meningkat, maka ketersediaan
lahan meningkat.
C. Metode
Pembelajaran
- Model Direct Instruction (DI) dan Cooperatif Learning (CL)
- Metode:
·
Demontrasi
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
1.
2.
3.
1.
2.
3.
|
Pertemuan 1 (TP 1-3)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Jika kamu menemukan semut, tanaman rumput yang
bergerombol, sebatang pohon yang berada dalam suatu lingkungan, itu disebut
dengan istilah apa?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan lingkungan abiotik
dan biotik?
·
Para Eksperimen/lab
-
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa membentuk kelompok.
·
Guru menuliskan indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Guru membagikan LKS/ tugas yang harus
dikerjakan siswa
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
G. C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa.
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
Pertemuan 2
(TP 4-6)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Apa yang terjadi jika populasi bertambah
sedangkan tempat hidupnya tetap?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Sebutkan satuan-satuan dalam ekosistem!
·
Pra Eksperimen/ Lab
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa secara kelompok dalam
melakukan kegiatan.
·
Guru membimbing siswa secara berkelompok dalam
diskusi hasil kegiatan serta memberi informasi atas pertanyaan siswa dalam
diskusi kelompok.
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
Pertemuan 3
(TP 7-9 )
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Apakah yang terjadi jika populasi meningkat
terhadap air dan udara bersih?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan ekosistem?
-
Adakah hubungan energi dalam suatu
ekosistem?Jelaskan jawabanmu!
·
Pra Eksperimen/ Lab
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa secara kelompok dalam
melakukan kegiatan.
·
Guru membimbing siswa secara berkelompok dalam
diskusi hasil kegiatan serta memberi informasi atas pertanyaan siswa dalam
diskusi kelompok.
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa mencatat indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk perwakilannya untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa melaksanakan tugas yang diberikan guru.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa melaksanakan tugas yang diberikan guru.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
|
10 menit
50 menit
20 menit
10 menit
50 menit
20 menit
10 menit
50 menit
20 menit
|
E. Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Alat praktikum/demontrasi.
2.
LKS (Lembar Kerja Siswa).
3.
Silabus.
4.
Buku paket Sains/IPA
5. Buku
lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian: tertulis
b. Bentuk Instrumen/penilaian
·
Uraian
obyektif (UO)
c. Instrumen/penilaian kognitif:
1.
Apakah yang dimaksud dengan
ekosistem?....................................................(1)
2.
Sebutkan 2 satuan dalam ekosistem!...............................................................(2)
3.
Jelaskan hubungan antara jumlah penduduk dengan
ketersediaan air!..........(1)
4.
Gambarkanlah dalam bentuk diagram rantai makanan yang
terjadi pada ekosistem sawah!.............................................................................................(2)
5.
Tuliskan 3 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
populasi penduduk!.......(3)
6.
Apakah yang terjadi jika populasi penduduk meningkat
dengan cepat terhadap kebutuhan air bersih?.......................................................................................(1)
7.
Apakah yang terjadi jika populasi penduduk meningkat
dengan cepat terhadap ketersediaan
pangan?......................................................................................(1)
8.
Apakah yang terjadi jika populasi penduduk meningkat
dengan cepat terhadap ketersediaan lahan/
tempat?............................................................................(1)
Jumlah Skor
(12)
d. Instrumen afektif
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesiapan siswa dalam menerima
pelajaran
|
2
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
2
|
3
|
Menyiapkan buku sumber
|
3
|
4.
|
Keantusiasan siswa dalam diskusi
|
3
|
e. Instrumen Psikomotor
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menyampaian
ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
|
2
|
2.
|
Memformulasikan
ide/ gagasan pada kelompoknya.
|
2
|
3.
|
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
4
|
4.
|
Membuat
kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : SMP
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VII/2
Standar
Kompetensi : 8. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi dasar : 8.4 Mengaplikasikan
peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Indikator
- Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengarunya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya.
- Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara, dan tanah kaitannya dengan aktivitas manusia dan upaya mengatasinya.
- Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Alokasi Waktu :
4 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran: Peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan akibat penebangan hutan terhadap lingkungan
2.
Menjelaskan cara mengatasi kerusakan lingkungan hutan
3.
Menjelaskan pengaruh pencemaran air
4.
Menjelaskan pengaruh pencemaran udara
5.
Menjelaskan pengaruh pencemaran tanah
6.
Menjelaskan cara mengatasi berbagai pencemaran terhadap
lingkungan
B. Materi
Pembelajaran
v
Akibat penebangan hutan dapat menyebabkan
kerusakan alam yang menimbulkan korban yang sangat besar.
v
Untuk mengatasi kerusakan lingkungan hutan:
mengurangi penebangan dan mengadakan penanaman kembali, serta pengelolaan yang
baik secara terus-menerus.
v
Pengaruh yang ditimbulkan akibat pencemaran air
adalah mengakibatkan air tidak dapat dimanfaatkan dan menimbulkan penyakit.
v
Pengaruh yang ditimbulkan akibat pencemaran
udara: sesak nafas, kanker tenggorokan, hujan asam, cat menjadi kusam dan
sebagainya.
v
Pengaruh yang ditimbulkan akibat pencemaran
tanah: produktivitas tanah akan berkurang, berkembangnya organisme penyebab
penyakit seperti malaria;demam berdarah dan sebagainya.
v
Cara mengatasi pencemaran atau kerusakan
lingkungan: melaksanakan program-program penyelamatan lingkungan hidup dan
membuat peraturan-peraturan yang berhubungan dengan pengelolaan lingkungan
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model Direct Instruction (DI) dan Cooperatif Learning
(CL)
2.
Metode:
·
Demontrasi
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
1.
2.
3.
|
Pertemuan 1 (TP 1-3)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Apa yang terjadi jika hutan ditebang secara
terus menerus, adakah bahaya yang ditimbulkannya?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan lingkungan abiotik
dan lingkungan biotik?
-
Apakah yang dimaksud dengan penambangan
teknologi industri?
·
Para Eksperimen/lab
-
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa membentuk kelompok.
·
Guru menuliskan indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Guru membagikan LKS/ tugas yang harus
dikerjakan siswa
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
H. C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa.
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
Pertemuan 2
(TP 4-6)
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi/ motivasi
-
Pernahkah anak-anak melihat sungai yang banyak
sampah, asap kendaraan yang mengepul?
-
Adakah bahaya / penyakit yang ditimbulkan bagi
kehidupan mahluk hidup?
·
Prasarat Pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan atmosfer udara?
-
Apakah yang dimaksud dengan efek rumah kaca?
·
Pra Eksperimen/ Lab
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa secara kelompok dalam
melakukan kegiatan.
·
Guru membimbing siswa secara berkelompok dalam
diskusi hasil kegiatan serta memberi informasi atas pertanyaan siswa dalam
diskusi kelompok.
B. Elaborasi
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok
serta menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi.
C. Konfirmasi
·
Guru memberikan komentar hasil presentasi
siswa
·
Guru memberikan umpan balik positif terhadap
kegiatan siswa.
·
Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi
kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
tentang hasil belajar.
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
daya serap materi yang baru dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa mencatat indikator dan tujuan
pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan LKS/ tugas
·
Siswa menunjuk perwakilannya untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa membantu kelompok diskusi.
·
Siswa melaksanakan tugas yang diberikan guru.
·
Siswa melaksanakan diskusi kelas.
·
Siswa membuat rangkuman/ kesimpulan hasil
kegiatan.
·
Siswa menjawab pertanyaan.
·
Siswa mengerjakan tugas rumah.
|
10 menit
50 menit
20 menit
10 menit
50 menit
20 menit
|
E. Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Alat praktikum/demontrasi.
2.
LKS (Lembar Kerja Siswa).
3.
Silabus.
4.
Buku paket Sains/IPA
5. Buku
lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian: tertulis
b. Bentuk Instrumen/penilaian
·
Uraian
obyektif (UO)
c. Instrumen/penilaian kognitif:
- Jelaskan 2 akibat penebangan hutan terhadap lingkungan!...............................(2)
- Jelaskan 2 cara mengatasi kerusakan lingkungan hutan!...................................(2)
- Jelaskan 2 pengaruh pencemaran air!................................................................(2)
- Jelaskan 2 pengaruh pencemaran udara!...........................................................(2)
- Jelaskan 2 pengaruh pencemaran tanah!...........................................................(2)
- Jelaskan 2 cara mengatasi berbagai pencemaran terhadap lingkungan!...........(2)
Jumlah Skor
(12)
d. Instrumen afektif
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesiapan siswa dalam menerima
pelajaran
|
2
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
2
|
3
|
Menyiapkan buku sumber
|
3
|
4.
|
Keantusiasan siswa dalam diskusi
|
3
|
e. Instrumen Psikomotor
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menyampaian
ide/ gagasan kepada anggota kelompok diskusi.
|
2
|
2.
|
Memformulasikan
ide/ gagasan pada kelompoknya.
|
2
|
3.
|
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
4
|
4.
|
Membuat
kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
Posting Komentar