RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMPNegeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Klasifikasi Benda
Alokasi Waktu : 1 X pertemuan ( 2JP )
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|||||
1
|
3.2 Mengidentifikasi
cirri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitar.
|
|
|||||
2
|
4.2 Menyajikan
hasil analisis data observasi terhadap benda(makhluk) hidup dan tak hidup
|
|
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|||
1
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak
hidup dari benda-benda dari makhluk
hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
|
|||
2
|
4.2 Menyajikan hasil analisis data
observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
|
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||||
1
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak
hidup dari benda-benda dari makhluk
hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
|
||||
2
|
4.2 Menyajikan hasil analisis data
observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
|
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||||
1
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak
hidup dari benda-benda dari makhluk
hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
|
||||
2
|
4.2 Menyajikan hasil analisis data
observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
|
B. KOMPETENSI DASAR
1.1. Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang
aspek fisik dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta ewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif
dan peduli ling-kungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan
percobaan
dan berdiskusi.
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3. Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
memilih penggunaan alat dan bahan kimia untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
2.4. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan
percobaan
dan berdiskusi.
3.2. Mengidentifikasi ciri
hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
3.3. Memahami prosedur
pengklasifikasian makhluk hidup dan
benda-benda tak- hidup sebagai bagian
kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai
makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
berdasarkan ciri yang diamati.
4.2. Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap
benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.3. Mengumpulkan
data dan melakukan klasifikasi terhadap
benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.
INDIKATOR
1.
Memiliki rasa ingin tahu, objektif,
jujur, teliti, cermat,
tekun,
hati-hati, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari.
2.
Melakukan pengamatan terhadap beberapa
contoh larutan asam, basa dan garam dengan indikator buatan.
3.
Menjelaskan pengertian asam dan menyebutkan
beberapa contohnya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menjelaskan pengertian basa dan menyebutkan
beberapa contohnya
dalam kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan Pembelajaran :
1.Pertemuan 1:
1.
Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda
disekitar yang menunjukkan kebesaran Tuhan.
2.
Peserta didik dapat menyebutkan benda yang
bersifat alami dan buatan manusia.
3.
Peserta didik dapat menyebutkan benda yang
bersifat komplek dan sederhana.
4.
Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan
dari berbagai jenis benda disekitar kita.
2.Pertemuan 2 :
1.
Peserta didik dapat Menyebutkan 6 ciri makhluk hidup.
2. Peserta didik dapat Menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup
3. Peserta
didik dapat Mengelompokkan makhluk hidup dengan tak hidup
3.Pertemuan 3
:
1. Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair dan gas.
2.
Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat padat,cair dan gas
3.
Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan zat padat, cair, dan gas
4. Pertemuan
4 :
1.
Setelah melakukan proses pembelajaran, siswa dapat memiliki rasa
ingin tahu, objektif, jujur, teliti,
cermat, tekun, hati-hati, bertanggung
jawab, dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari.
2.
Melalui kegiatan ekperimen, siswa dapat melakukan
pengamatan terhadap beberapa
contoh larutan asam, basa, dan garam.
3.
Melalui kegiatan
pengamatan dan diskusi, siswa dapat
menjelaskan pengertian asam dan menyebutkan
beberapa contohnya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Setelah melakukan
kegiatan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menjelaskan pengertian basa dan menyebutkan
beberapa contohnya
dalam kehidupan sehari-hari.
D. Materi Pembelajaran
Dilingkungan
sekitar terdapat banyak sekali benda.Mobil,sepeda
motor,sepatu,pensil,udara,papan tulis merupakan bentuk benda.Setiap jenis benda
mempunyai sifat atau cirri yang membedakannya dari jenis benda lain.Benda yang
terdapat disekitar banyak sekali benda yang bersifat alamiah seperti,batu,pasir,logam
udara juga ada yang bersifat hasil kerja
buatan manusia,pensil,baju,bahan makanan,ban
mobil,kaca,sepeda,mobil.Benda-benda buatan manusia bahan dasarnya berasal dari
bahan alam,seperti wajan untuk memasak berasal dari tembaga yang merupakan bahan
alam,pensil berasal dari bahan karbon,dan sebagainya.Benda-benda tersebut ada
yang bersifat sederhana ada pula yang bersifat kompleks,misalnya sebuah mobil
bersifat kompleks karena terdiri dari berbagai bahan ,antara
lain,besi,aluminium,karet,kaca,kulit sintetis,dan beberapa bahan lainnya.Setiap
jenis benda mempunyai sifat atau cirri yang membedakannya dari jenis benda yang
lain,yaitu bentuk benda,ukuran benda,warna benda ,keadaan permukaan benda,dan
bahan penyusun benda .Manusia akan terus berinovasi untuk terus memproduksi
berbagai jenis benda dari bahan alam maupun buatan untuk keperluan hidup
manusia
Ciri – ciri Makhluk
hidup
Mengapa batu disebut makhluk tak hidup, sedangkan pohon
disebut makhluk hidup? Ingatkah kamu bahwa hanya makhluk hidup yang mempunyai
ciri-ciri hidup. Ciri-ciri hidup tersebut adalah bernapas, bergerak, makan,
mengeluarkan zat sisa, tumbuh, berkembangbiak, peka terhadap rangsang dan
beradaptasi.
●
Bernapas
Ciri utama makhluk dikatakan hidup yaitu bernapas. Ketika bernapas makhluk hidup menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2). Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.
Ciri utama makhluk dikatakan hidup yaitu bernapas. Ketika bernapas makhluk hidup menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2). Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.
Reaksi
oksidasinya sebagai berikut :
Zat makanan + oksigen —> energi + uap air + karbon dioksida.
Zat makanan + oksigen —> energi + uap air + karbon dioksida.
●
Bergerak
Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagaian tubuhnya.
Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagaian tubuhnya.
Contohnya
gerak daun menguncup, gerak batang menghadap cahaya, gerak akar mendekati
sumber air serta gerak mekarnya bunga.
Makhluk
hidup peka terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya. Alat pengenal
lingkungan pada manusia dan hewan berupa indra. Indra peka terhadap rangsang.
Rangsang dapat berupa cahaya, bunyi, bau, rasa atau sentuhan. Dengan adanya
indra yang peka terhadap rangsang-rangsang tersebut, manusia dan hewan
mempunyai kemampuan melihat, mendengar, mencium, mengecap rasa dan
menyentuh/meraba.
Tumbuhan
tidak mempunyai alat indra, tetapi peka terhadap rangsang. Misalnya tumbuhan
putri malu menguncupkan daunnya jika disentuh dan pertumbuhan batang kearah
cahaya matahari.
● Makan
Makanan
diperlukan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, untuk pertumbuhan dan
mengganti sel-sel yang rusak. Tumbuhan hijau memperoleh makanan dengan
memproduksi sendiri. Tumbuhan hijau sebagai produsen mengolah zat-zat anorganik
menjadi zat organic melalui proses fotosintesis.
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya.
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya.
Tumbuhan
tak berhijau daun, hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri.
Mereka memanfaatkan makanan dari hasil fotosintesis tumbuhan hijau dan sumber
lain dari hewan dan alam.
●
Mengeluarkan Zat Sisa
bernafas
Dalam
proses penyerapan makanan, terbentuklah zat sisa yang merupakan zat yang tidak
terserap oleh tubuh. Zat-zat itu disebut zat sisa oksidasi biologis, misalnya
air dan karbon dioksida.Berdasarkan aktivitas tubuh dan hasilnya, pengeluaran
zat-zat sisa dibedakan atas : Ekskresi, Respirasi, Defekasi.
• Ekskresi, merupakan pengeluaran zat-zat sisa yang dilakukan oleh kulit dan ginjal. Kulit akan mengeluarkan zat sisa yang dinamakan keringat karena adanya kelenjar keringat di bawah kulit. Ginjal akan menyaring darah dan mengeluarkan zat sisa yang disebut urine.
• Respirasi, merupakan pengeluaran CO2 sebagai zat sisa proses respirasi yang dikeluarkan melalui hidung.
• Defekasi, merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan yang berupa tinja (feses) melalui anus.
• Ekskresi, merupakan pengeluaran zat-zat sisa yang dilakukan oleh kulit dan ginjal. Kulit akan mengeluarkan zat sisa yang dinamakan keringat karena adanya kelenjar keringat di bawah kulit. Ginjal akan menyaring darah dan mengeluarkan zat sisa yang disebut urine.
• Respirasi, merupakan pengeluaran CO2 sebagai zat sisa proses respirasi yang dikeluarkan melalui hidung.
• Defekasi, merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan yang berupa tinja (feses) melalui anus.
●
Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh, yaitu luas, tinggi dan berat. Perkembangan adalah perubahan menjadi dewasa.
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh, yaitu luas, tinggi dan berat. Perkembangan adalah perubahan menjadi dewasa.
●
Berkembang Biak
Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Hewan berkembang biak antara lain dengan melahirkan, bertelur, bertelur-melahirkan, bertunas, fragmentasi atau membelah diri. Tumbuhan berkembang biak secara alami dan buatan.
Perkembangbiakan alami pada tumbuhan yaitu dengan biji (kawin) dan dengan tidak kawin, misalnya membelah diri, spora, tunas, umbi, geragih dan akar tinggal. Perkembangbikan tumbuhan secara buatan, misalnya stek, cangkok, runduk dan kultur jaringan.
Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Hewan berkembang biak antara lain dengan melahirkan, bertelur, bertelur-melahirkan, bertunas, fragmentasi atau membelah diri. Tumbuhan berkembang biak secara alami dan buatan.
Perkembangbiakan alami pada tumbuhan yaitu dengan biji (kawin) dan dengan tidak kawin, misalnya membelah diri, spora, tunas, umbi, geragih dan akar tinggal. Perkembangbikan tumbuhan secara buatan, misalnya stek, cangkok, runduk dan kultur jaringan.
●
Beradaptasi
Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan. Macam-macam adaptasi makhluk hidup adalah adaptasi morfologi, adaptasi tingkah laku, dan adaptasi fisiologi.
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. Contoh pada katak dan itik terdapat selapu renang pada kakinya untuk berenang.
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : hewan bermigrasi ke lain tempat yang banyak sumber makanan.
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : berkeringat saat cuaca panas.
Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan. Macam-macam adaptasi makhluk hidup adalah adaptasi morfologi, adaptasi tingkah laku, dan adaptasi fisiologi.
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. Contoh pada katak dan itik terdapat selapu renang pada kakinya untuk berenang.
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : hewan bermigrasi ke lain tempat yang banyak sumber makanan.
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : berkeringat saat cuaca panas.
Dari
ciri-ciri tersebut diatas ada perbedaan ciri hidup yang dimiliki antara
hewan/manusia dengan tumbuhan, anatara lain :
Hewan/Manusia
1.Bergerak : Melakukan gerak pindah tempat.
2.Cara memperoleh makanan: Tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof) . Bahan yg dimakan berupa zat organik.
3.Pertumbuhan: Hanya sampai batas usia tertentu
1.Bergerak : Melakukan gerak pindah tempat.
2.Cara memperoleh makanan: Tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof) . Bahan yg dimakan berupa zat organik.
3.Pertumbuhan: Hanya sampai batas usia tertentu
Tumbuhan
1.Bergerak :Tidak dapat berpindah tempat sendiri.
2.Cara memperoleh makanan: Dapat membuat makanan sendiri (autotrof), Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan berupa zat anorganik
3.Pertumbuhan : .Tumbuh terus menerus sampai mati. Klasifikasi Materi
1.Bergerak :Tidak dapat berpindah tempat sendiri.
2.Cara memperoleh makanan: Dapat membuat makanan sendiri (autotrof), Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan berupa zat anorganik
3.Pertumbuhan : .Tumbuh terus menerus sampai mati. Klasifikasi Materi
Ketika kamu mengumpulkan sekelompok benda berdasarkan
sifatnya, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.
» Mengamati karakteristik benda tersebut.
» Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda
masing–masing.
» Memasukkan benda-benda yang memiliki persamaan
sifat ke dalam satu kelompok.
» Memberi nama yang sesuai pada setiap kelompok
benda tersebut.
Perhatikan sebuah lampu bohlam. Tersusun dari materi
apa sajakah lampu tersebut?
Para ilmuwan mengklasifikasi materi agar lebih mudah
dipelajari dan disusun secara sistematis. Materi adalah sesuatu yang mempunyai
massa dan dapat menempati sebuah ruang. Materi berdasarkan wujudnya dapat
dikelompokkan menjadi zat padat, cair, dan gas. Contoh zat padat adalah beberapa
jenis logam, seperti besi, emas, dan seng. Air, minyak goreng dan bensin
merupakan contoh wujud cair. Contoh zat berwujud gas adalah udara, asap dan uap
air. Asap rokok merupakan salah satu gas yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh
karena itu kamu dilarang merokok. Merokok selain berbahaya bagi si perokok,
juga berbahaya bagi orang lain yang berada di sekitar perokok, karena asap
rokok akan terhisap oleh orang lain sebagai perokok pasif.
Contoh wujud zat yang sederhana dan mudah kamu pahami
adalah air. Ketika dalam bentuk bongkahan es, es tersebut dikatakan dalam wujud
padat. Tetapi, ketika dipanaskan es tersebut akan berubah kembali menjadi air.
Air tersebut dikatakan dalam wujud cair. Ketika dipanaskan pada suhu 100°C air
akan berubah menjadi uap air. Uap air dikatakan dalam wujud gas.
Perbedaan sifat zat padat, cair, dan gas dijelaskan
pada Tabel 2.4.
Padat
|
Cair
|
Gas
|
Mempunyai
bentuk dan volume tertentu.
|
Mempunyai
volume tertentu, tetapi tidak mempunyai bentuk yang tetap, bergantung pada
media yang digunakan.
|
Tidak
mempunyai volume dan bentuk yang tertentu.
|
Jarak
antar-partikel zat padat sangat rapat.
|
Jarak
antar-partikel zat cair lebih renggang.
|
Jarak
antar-partikel gas sangat renggang.
|
Partikel-pertikel
zat padat tidak dapat bergerak bebas.
|
Partikel-pertikel
zat cair dapat bergerak bebas namun terbatas.
|
Partikel-partikel
gas dapat bergerak bebas
|
Larutan
Asam, Basa, Garam
A. Asam
Tentu kita telah
mengenal larutan asam dalam kehidupan sehari-hari. Asam banyak ditemukan dalam
buah-buahan
dan
sayuran.
Contohnya,
seperti jeruk, lemon, tomat,
dan
sayuran.
Pada
saat
memasak
di
dapur,
tentu kita
mengenal
salah
satu
bahan
penambah
rasa
makanan,
yaitu
cuka dapur yang mengandung asam asetat. Aki pada kendaraan
bermotor mengandung asam sulfat.
Asam dalam lambung
kita berfungsi membantu proses pencernaan bahan makanan.
Masih banyak contoh senyawa asam lainnya yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari.
Kita dapat menemukan
asam baik dalam makanan, minuman,
ataupun bahan pembersih di rumah. Dari beberapa contoh larutan asam yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana cara kita mengidentifikasi larutan asam? Berikut ciri
atau tanda dari larutan asam:
1. Rasanya asam.
2. Dapat
menimbulkan korosif.
3. Mengubah kertas lakmus
biru menjadi merah.
Hujan Asam
Selain banyak
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, bila tidak
berhati- hati dalam penggunaannya, larutan asam dapat
menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, contohnya terjadi
hujan asam. Di beberapa wilayah
tertentu terjadi hujan asam yang menyebabkan kerusakan pada bangunan
gedung dan patung-patung dalam kota. Mengapa
dapat terjadi hujan asam? Bila terdapat
kadar gas belerang
dioksida (SO )
dan nitrogen oksida
(NO) di atmosfer sangat tinggi maka gas ini akan bereaksi dengan air di atmosfer membentuk asam sulfat, asam nitrat,
dan senyawa asam lainnya. Ketika
terjadi hujan, air yang dihasilkan bersifat
lebih asam dari keadaan normal.
Asam inilah yang kita kenal dengan hujan asam.
Gas belerang dioksida
dan gas nitrogen oksida dihasilkan dari pembakaran minyak bumi yang berasal
dari buangan industri dan kendaraan
bermotor. Selain merusak gedung dan patung-patung, hujan asam tersebut
dapat merusak tumbuh-tumbuhan dan mengganggu kehidupan makhluk hidup lainnya seperti ikan dan
insektisida.
B. Basa
Basa merupakan
larutan
yang
banyak
kita
jumpai
dalam
kehidupan
sehari-hari, misal sabun mandi, sabun cuci,
pasta
gigi,
obat
maag,
dan
pupuk.
Dalam penggunaan sehari-hari, pada umumnya
basa dicampur dengan zat lain. Bagaimana cara kita mengidentifikasi larutan basa?
Berikut sifat basa:
1. Terasa licin di kulit dan berasa agak pahit.
2. Mengubah
kertas lakmus merah menjadi biru.
Dalam kehidupan
sehari-hari, larutan asam sering direaksikan dengan larutan basa yang menghasilkan senyawa
netral atau dikenal
dengan reaksi netralisasi. Larutan
basa akan menetralkan larutan asam yang membentuk
air (H2O). Selain membentuk H2O, pada reaksi netralisasi dihasilkan juga garam.
Beberapa
contoh
penerapan
reaksi
netralisasi
dalam
kehidupan
sehari-hari adalah untuk
pengobatan bagi penderita sakit maag, pengobatan untuk sengatan serangga,
melindungi
kerusakan
gigi,
dan
pengolahan
tanah pertanian.
C. Garam
Jenis senyawa
garam
yang
paling
kita
kenal
adalah
garam
dapur atau nama senyawa
kimianya
natrium
klorida
(NaCl).
Garam
ini
banyak
digunakan dalam pengolahan makanan. Bagaimana senyawa garam dapat terbentuk? Salah satu reaksi yang dapat membentuk garam adalah reaksi asam dan basa
atau
reaksi
netralisasi.
Pada
reaksi
netralisasi
tersebut
dihasilkan garam dan air.
Asam + Basa Garam + Air
Garam secara luas digunakan
dalam kehidupan sehari-hari antara lain untuk industri
pupuk,
obat-obatan,
pengolahan
makanan,
dan
bahan
pengawet.
Indikator
Seperti diuraikan
tentang sifat-sifat asam dan basa di atas,
larutan asam dan basa
memiliki sifat-sifat yang khas. Salah satu cara untuk membedakan asam atau basa adalah dengan menggunakan indikator. Suatu indikator
asam-basa adalah suatu senyawa
yang menunjukkan perubahan
warna apabila bereaksi dengan asam atau basa.
Indikator buatan
Salah satu jenis indikator
buatan yang bukan dalam bentuk larutan cair adalah kertas lakmus.
Ada
2
jenis
kertas
lakmus
yaitu
lakmus
biru
dan
lakmus merah. Kertas lakmus
biru
akan
menjadi
merah
dalam
larutan asam. Kertas lakmus merah
akan
menjadi
biru
dalam
larutan basa.
Gambar 2.13 Di dalam larutan
asam, lakmus biru berubah warna menjadi
merah. Di dalam larutan
basa, lakmus merah berubah warna menjadi biru.
E. Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan saintifik
b.
Model : Discovery learning
c.
Metode : Diskusi informasi,Pengamatan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.
Media
-
Gambar contoh benda sekitar,lingkungan sekitar,komputer
b.
Alat dan bahan
Alat :Bahan :
benda atau gambar “Pengamatan
terhadap burung dan pesawat terbang” serta beberapa benda-benda sehari hari,
seperti tas, bola, buah-buahan, berbagai jenis tumbuhan
c.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Edisi Revisi 2014
SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Penerbit : Pusbuk Kemendikbud Halaman 26 – 30
2.
Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Edisi Revisi 2014
SMP/MTs Kelas VII : Pusbuk Kemendikbud Halaman 43 – 48.
G.
Kegiatan Pembelajaran:
1.Pertemuan 1 :
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahaluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
Menanya
|
Pemusatan perhatian :
- Guru mengucapkan salam
- Guru mengecek
kehadiran
- Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
- Guru memotivasi siswa.
- Guru mengambil dua buah benda sebagai contoh dan siswa yang lain disuruh menyebutkan
benda tersebut tergolong benda alamiah atau benda buatan manusia.
|
10 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Inti
|
Pembahasan
tugas dan identifikasi masalah
|
- Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu pengamatan terhadap lingkungan sekitar sekolah.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok
terdiri dari 4 orang.
Masing-masing peserta dalam kelompok
melakukan pengamatan.Ditunjukkan dengan gambar benda-benda sekitar
yang ada di buku paket siswa hal 27 -28 kepada peserta didik.
Berdasarkan hasil pengamatan tersebut
peserta didik diminta untuk mengerjakan
dan mengisi table pengamatan.
|
60 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Pengumpulan
data
Pengolahan data
dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
1. Mencatat hasil pengamatan tentang cirri-ciri benda
sekitar,seperti,mainan mobil,ikan,dan kucing dalam bentuk table!
Nama dan Ciri-ciri Benda
Mengolah dan
menganalisis data dari setiap pengamatan dalam kegiatan diskusi
kelompok
Setelah tabel diatas sudah terisi,
bandingkan hasil pengamatanmu dengan temanmu, catat persamaan dan perbedaan
Setelah mencatat hasil ,jawablah pertanyaan
berikut:
1. Apakah
ada benda-benda yang mempunyai cirri yang sama?
2. Ciri-ciri
apa saja yang dimiliki benda tersebut?
- Presentasi hasil pengamatan
-Menyimpulkan
pengelompokan benda-benda disekitar
kita berdasarkan susunannya.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
|
Refleksi
|
-
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru
memberikan penghargaan seperti pujian kepada kelompok yang berkinerja dengan
baik.
-
Menegaskan
kepada peserta didik bahwa benda-benda sekitar ada yang bersifat alami dan
buatan,ada yang bersifat kompleks dan bersifat sederhanan.Setiap jenis benda
mempunyai sifat atau cirri yang membedakannya dari jenis benda lain.
|
10 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Penugasan
|
Memberikan tugas mencatat nama-nama benda
sekitar yang ada di lingkungan tempat tinggal dan mengelompokkan kedalam
benda yang bersifat alami,buatanmanusia.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucapkan salam
|
2.Pertemuan 2 :
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi
(stimulasi )
Menanya
|
Pemusatan perhatian :
- Guru
mengucapkan salam
- Guru mengecek kehadiran
- Menyampaikan
topik dan tujuan pembelajaran
- Guru
memotivasi siswa.
- Guru
mengambil dua buah benda sebagai contoh
dan siswa yang lain disuruh menyebutkan benda yang termasuk makhluk hidup dan tak hidup
|
15 mnt
|
|||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
Tugas dan identifikasi masalah
Pengumpulan
data
Pengolahan data dan analisis
|
Menyampaikan informasi
tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan terhadap lingkungan
sekitar sekolah.
- Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
Masing-masing
peserta dalam kelompok melakukan pengamatan. Ditunjukkan dengan gambar
benda-benda sekitar yang ada di buku paket siswa hal 28-33
kepada peserta didik.
.
2. Mencatat hasil pengamatan tentang cirri-ciri benda hidup
dan tak hidup
1 Mengolah dan menganalisis data dari
setiap pengamatan dalam kegiatan diskusi kelompok
Setelah
tabel diatas sudah terisi, bandingkan hasil pengamatanmu dengan temanmu,
catat persamaan dan perbedaan
Setelah mencatat hasil
,jawablah pertanyaan berikut:
3.
Apakah ada benda-benda yang mempunyai ciri yang sama?
4.
Ciri-ciri apa saja yang dimiliki benda tersebut?
|
90 mnt
|
|||||||||||||||||||||||
Penutup
|
Refleksi
Penugasan
|
-
Guru
memberikan penghargaan berupa pujian atau penghargaan lain yang relevan
kepada kelompok yang berkinerja baik
-
Guru
menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya.
-
Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
15 mnt
|
3.Pertemuan 3 :
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi
(stimulasi )
Menanya
|
Pemusatan
Perhatian
Guru
menugaskan peserta didik melihat benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
sekolah
1.
Sebutkan wujud benda yang ada di lingkungan
sekitar
2.
Sebutkan pula contoh benda yang berwujud padat,cair dan gas
3.
Bagaimana kalian bisa mengamati apakah
benda tsb berwujud padat,cair atau gas
|
15 mnt
|
|||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
Pembahasan Tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan data
Menganalisis
Mengkomunikasikan
|
- Membentuk kelompok 4-5 orang
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang dilakukan yaitu mengamati contoh benda
padat,cair dan gas
-
Mendemonstrasikan
kegiatan 2 yaitu mengenalkan benda padat cair dan gas
-
Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS
-
Melakukan
pengamatan terhadap benda yang digunakan sebagai contoh benda padat,cair dan
gas
-
Siswa
mencatat data pada kolom yang tersedia pada LKS
-
Siswa
melakukan diskusi membandingkan data yang diperoleh dengan informasi yang
diperoleh dari literatur.
-
Presentasi
hasil diskusi dan pengamatan
-
Membuat kesimpulan tentang zat padat, cair
dan gas
|
90 menit
|
|||||||||||||||||||||||
Penutup
|
-
Guru
memberikan penghargaan berupa pujian atau penghargaan lain yang relevan
kepada kelompok yang berkinerja baik
-
Guru
menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya.
-
Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
15 menit
|
4.Pertemuan 4 :
. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (Stimulasi)
Menanya
|
- Pemusatan perhatian : Menunjukkan beberapa jenis larutan yang sering
ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
- Apersepsi : bahwa di alam terdapat banyak sekali jenis
benda. Untuk memudahkan mempelajarinya maka dilakukan klasifikasi. Materi
dapat diklasifikasikan berdasarkan wujudnya, komponen penyusunnya, dan ada
juga berdasarkan sifat larutannya.
Mungkin kalian telah menganal yang namanya asam, basa, garam. Dari
beberapa jenis larutan tadi, yang mana tersuk asam, basa, atau garam?
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat
mempelajari larutan asam, basa, garam
- Guru menginformasikan secara singkat tentang
proses pembelajaran yang akan dilakukan, dan menghimbau agar berhati-hati
dengan zat-zat tersebut.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan Tugas dan dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan Data
Pengolahan data dan Analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Siswa dibagi menjadi 5 kelompok masing-masing
kelompok terdi atas 3 – 4 orang.
-
Tiap kelompok diberikan LKS untuk melakukan
kegiatan mengamati larutan asam, basa, garam.
-
Guru memberikan penjelasan tentang apa yang
dilakukan.
-
Siswa melakukan eksperimen pengamatan larutan yang
telah tersedia, dan guru membimbingnya.
-
Siwa
mencatat hasil pengamatannya pada tabel LKS, selanjutnya mendiskusikan
pertanyaan pada LKS.
-
Salah satu
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya, dan guru memandu
jalannya presentasi.
-
Guru mendiskusikan hasil pengamatan
larutan asam, basa, dan garam serta
memberikan penguatan dan konfirmasi.
-
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil kegiatan
yang dilakukan.
|
50 menit
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru menyimpulkan
hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru memberikan kuis
dan Siswa menjawab kuis tentang asam, basa, garam.
-
Guru memberikan
tindak lanjut berupa penugasan untuk mengidentifikasi dampak negatif dari
adanya larutan asam.
-
Guru menyampaikan tentang pembelajaran pada
pertemuan berikutnya dan meminta siswa untuk membawa kunyit, bunga mawar,
bunga kembang sepatu.
|
20 menit
|
H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk
Instrumen
a. Metode : non tes dan tes
b. Bentuk isntrumen : lembar observasi dan tes tulis
2. Instrumen Penilaian
a.
Sikap Spiritual (observasi)
b.
Sikap social
(Penilaian diri : jujur)
c.
Keterampilan (Tugas proyek)
d.
Pengetahuan
1.
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
a.
Penilaian
Sikap Spiritual (Observasi)
Instrumen Observasi:
|
Digunakan
untuk menilai sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi
benda-benda sekitar sebagai karunia
Tuhan yang ada di alam.
.
|
||||||
Lembar Observasi:
|
|||||||
No.
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||||
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||||
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||||
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupaun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||||
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||||
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
|||||||
Rubrik:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
1.
Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.
Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.
Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2.
Selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
|
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
1.
Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.
Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.
Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.
Selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pern
5.
ataan
|
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
1.
Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.
Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.
Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.
Selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
|
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupaun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
1.
Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.
Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.
Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.
Selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
|
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
1.
Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.
Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.
Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.
Selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernataan
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 4
|
|
Skor
Maksimum
|
Konversi Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik
(B), apabila 2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup
(C) apabila 2,40 -
2,79 (60 – 69)
Kurang
(K) apabila Skor<
2,40 (kurang dari 60%)
a.
Observasi : Jujur
Lembar Penilaian Observasi: Kejujuran
b.
Penilaian Diri : Jujur
Lembar Penilaian Diri: Kejujuran
Rubrik Penilaian:
Kriteria Penilaian:
Kriteria Penilaian:
Sangat Baik (SB), apabila
3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik (B), apabila 2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup (C) apabila
2,40 - 2,79 (60 – 69)
Kurang (K) apabila
Skor< 2,40 (kurang dari 60%)
|
2.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator :
1.Menyebutkan 5 ciri –ciri benda-benda sekitar
2.Menjelaskan benda-benda disekitar yang bersifat alamiah
3. Menjelaskan benda-benda disekitar yang bersifat buatan
manusia
4.Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat
sederhana
5. Menjelaskan
kegunaan dari berbagai jenis benda disekitar kita
!
a.
Tes
Tertulis
1.Sebutkanlah 5 ciri-ciri
benda -benda yang terdapat disekitar kita?
2.Jelaskan ciri benda yang bersifat alamiah !
3.Jelaskan cirri
benda yang bersifat buatan!
4. Sebutkan 2 contoh
benda yang bersifat kompleks dan sederhana!
5.Sebutkan kegunaan
dari salah satu benda yang bersifat alami
Lembar Penilaian Tes Tertulis
b. Tes Penugasan (tugas proyek)
Tugas proyek: Digunakan untuk menilai peserta didik dalam
hal:Mengidentifikasi benda-benda di sekitar
Penilaian Keterampilan (Tugas Projek)
Petunjuk:
1. Bentuklah
kelompok, dengan anggota antara 3 – 5 anak.
2. Buatlah
10 nama benda dan mengelompokkannya ke dalam benda yang bersifat alamidan
buatan dalam bentuk tabel dengan waktu 3 hari (pertemuan berikutnya)!
3. Presentasikan hasil kerja kelompokmu!
Instrumen Tugas Projek
Rubrik penilaian
Instrumen Penilaian pertemuan 2 :
Soal objektif
1. Co2 sangat di butuhkan untuk peroses .....
a.
pertumbuhan c. perkembangan
b.
fotosintesis d. pernapasan
2. Mahluk hidup
mempunyai ciri-ciri tertentu,semua mahluk
hidup memiliki ciri-ciri sebagai berikut
a.
tumbuh, berfotosintesis, dan berjalan
b.
mengeluarkan zat sisa, makan, dan bernafas
c.
beranak, peka terhadap rangsang, dan fotosintesis
d.
berkembangbiak, mendengar dan bergerak
3. Mahluk
hidup tidak akan mengalami kepunahan hal ini karena mahluk hidup mampu...
a.
tumbuh c. berkembang
b.
bernafas d.berkembangbiak
4. Gerakkan pada hewan berbeda dengan gerak pada tumbuhan karena
gerak pada hewan........
a.
mencari makanan c. gerak mudah
diamati
b.
sangat terbatas d. sangat cepat
5 . Gerakan
pada tumbuhan di sebut gerak....
a.
aktif c. fasif
b.
interaktif d. sejati
6.
Perbedaan mendasar antara hewan dan tumbuhan adalah dalam hal......
a. pernafasan c.
perkembangbiakan
b.
pengeluarkan zat sisa d. cara
memperoreh makanan
7 . Berikut
ini yang bukan merupakan rangsangan adalah....
a. lingkungan c.
cahaya
b.
sentuhan d. suara
8.
Bermacam-macam zat ada di dalam tubuh kita tidak akan meracuni tubuh
karena tubuh
mampu melakukan
peroses....
a.
resfirasi c. pengeluaran
b.
pencernaan d. pertumbuhan
9. Tumbuhan
hijau mampu menyusun makanan sendiri dari bahan-bahan berikut ini,
kecuali....
a. air c. oksigen
b.
karbondioksida d. cahaya matahari
10.Perhatikan gambar !
Lembar Penilaian Tes Tertulis
Lembar Pengamatan Sikap
1. Pengamatan Prilaku Ilmiah
2. Rubrik Penilaian Prilaku
Penilaian ketrampilan mengelompokkan makhluk hidup dan tak hidup
1. Instrumen Penilaian pertemuan 3
a.
Soal Uraian
1.
Sebutkan perbedaan zat padat, cair,
dan gas dilihat dari bentuk dan volumenya!
2.
Sebutkan masing-masing 2 contoh zat padat, cair dan gas!
3.
Sebutkan 3 perbedaan sifat zat padat, cair dan gas!
4.
Sebutkan 5 perubahan wujud zat padat, cair dan gas!
5.
Buatlah skema perubahan wujud, zat padat, cair dan gas!
b. Kunci jawaban:
1.
Perbedaan wujud zat padat, cair, dan gas dilihat dari bentuk dan volumenya
adalah zat padat mempunyai bentuk dan volume tetap, zat cair mempunyai bentuk
berubah, volume tetap dan zat gas mempunyai bentuk dan volume berubah. Skor...........20
2.
2contoh masing-masing zat padat, cair dan gas adalah zat padat contohnya
kayu, es, zat cair contohnya air, minyak dan zat gas contohnya minyak wangi,
udara. Skor.....20
3. 3
perbedaan sifat zat padat, cair dan gas adalah
Skor....................20
4.
5 Perubahan wujud zat pada benda yaitu :
a. menyublim
b. Menguap
c. Mengembun
d. Mencair
e. Membeku Skor..................20
5.
Skema perubahan wujud zat padat,cair dan gas
1
2 5 6
4
KET :
1.Mencair
2. Membeku
3.Menguap
4. Mengembun
5.Mengkristal
6.Menyublim Skor.................20
Nilai = Jumlah Skor/Skor maksimum x100
Lembar
Pengamatan Sikap
1.
Pengamatan Prilaku Ilmiah
2.
Rubrik Penilaian Prilaku
Penilaian
ketrampilan zat padat, zat cair dan
zat gas
4.Instrumen
Pengetahuan pertemuan 4
Soal uraian
1. Jelaskan pengertian larutan asam!
2.
Jelaskan pengertian
larutan basa!
3.
Jelaskan pengertian
garam!
4.
Sebutkan
masing-masing tiga contoh zat yang bersifat asam, basa, garam dalam kehidupan
sehari-hari!
5.
Sebutkan
masing-masing contoh indikator buatan untuk asam-basa!
Kunci :
1.
Larutan asam suatu zat yang memilki ciri atau tanda :
- Rasanya
asam.
- Dapat
menimbulkan korosif.
-
Mengubah kertas lakmus biru menjadi merah.
1. Larutan
basa suatu zat yang memilki sifat :
- Terasa licin di
kulit dan berasa agak pahit.
- Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru.
2.
Garam
merupakan senyawa yang terbentuk dari reaksi asam dan basa.
3.
Contoh asam : cuka dapur (asam asetat), air aki (asam
sulfat); basa : sabun mandi, sabun cuci, obat maag, pupuk; garam : garam
dapur,
4.
Contoh asam-basa buatan
: lakmus merah, lakmus biru
Rubrik penilaian uraian
Nilai =
skor perolehan/100 x 100
|
Mengetahui,
Kepala SMP
Negeri 4 Sukasada
I GEDE
SUMATRA JAYA,S.Pd
NIP. 196503291986011001
|
Panji
Anom, 21 Juli 2014
Guru Mata
Pelajaran IPA
GEDE SUCITA,
S.Pd.Bio
NIP. 19621111
198411 1001
|
Posting Komentar