Perpustakaan SMPN 4 SUKASADA,BULELENG,BALI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 
Satuan Pendidikan                : SMPNegeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran                      : IPA
Kelas/Semester                      : VII/1
Materi Pokok                         :  Klasifikasi Benda
Alokasi Waktu                        : 1  X pertemuan ( 2JP )

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
3.2 Mengidentifikasi cirri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
1.      Menyebutkan cirri-ciri benda sekitar!

2.      Menjelaskan benda-benda disekitar yang bersifat alamiah

3.      Menjelaskan benda-benda disekitar yang bersifat buatan manusia

4.      Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.

5.      Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda disekitar kita.

2
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda(makhluk) hidup dan tak hidup



1.      Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil pengamatannya tentang benda-benda disekitar
2.      Menyajikan hasil proyek
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dari  makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar



6.      Menyebutkan 6 ciri makhluk hidup.


7.       Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup
8.      Mengelompokkan makhluk hidup dengan tak hidup

2
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
3.      Menyajikan hasil pengamatan,inferensi dan mengkomunikasikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri makhluk hidup

4.      Menyajikan hasil proyek


B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dari  makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
9.      Peserta didik dapat Menyebutkan  perbedaan wujud zat padat, cair dan gas dilihat dari bentuk dan volumenya.


10.  Peserta didik dapat Menyebutkan masing-masing 2 contoh zat padat, cair dan gas



3. Peserta didik dapat Menyebutkan 3 perbedaan sifat zat padat, cair dan gas



4. Peserta didik dapat  Menyebutkan perubahan wujud zat padat,cair dan gas
2
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
5.      Peserta didik dapat mencari contoh benda padat cair dan gas

6.      Peserta didik dapat membuat skema perubahan wujud zat




B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dari  makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
11.  Peserta didik dapat Menyebutkan  perbedaan wujud zat padat, cair dan gas dilihat dari bentuk dan volumenya.


12.  Peserta didik dapat Menyebutkan masing-masing 2 contoh zat padat, cair dan gas


3. Peserta didik dapat Menyebutkan 3 perbedaan sifat zat padat, cair dan gas


4. Peserta didik dapat  Menyebutkan perubahan wujud zat padat,cair dan gas
2
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
7.      Peserta didik dapat mencari contoh benda padat cair dan gas

8.      Peserta didik dapat membuat skema perubahan wujud zat



B. KOMPETENSI DASAR
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta ewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli ling-kungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan alat dan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
2.4. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.2. Mengidentifikasi ciri  hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak- hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati.
4.2. Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.3. Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.

      INDIKATOR
1.    Memiliki rasa ingin tahu, objektif,  jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari.
2.    Melakukan pengamatan terhadap beberapa contoh larutan asam, basa dan garam dengan indikator buatan.
3.    Menjelaskan pengertian asam dan menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Menjelaskan pengertian basa dan menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari.



C.      Tujuan Pembelajaran :
1.Pertemuan 1:
1.    Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda disekitar yang menunjukkan kebesaran    Tuhan.
2.    Peserta didik dapat menyebutkan benda yang bersifat alami dan buatan manusia.
3.    Peserta didik dapat menyebutkan benda yang bersifat komplek dan sederhana.
4.    Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda disekitar kita.
2.Pertemuan   2 :

1. Peserta didik dapat Menyebutkan 6 ciri makhluk hidup.
2. Peserta didik dapat Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup
3. Peserta didik dapat Mengelompokkan makhluk hidup dengan tak hidup

3.Pertemuan 3 :
1. Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair dan gas.
      2. Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat padat,cair dan gas
      3. Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan zat padat, cair, dan gas
4. Pertemuan 4 :
1.    Setelah melakukan proses pembelajaran, siswa dapat memiliki rasa ingin tahu, objektif,  jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari.
2.    Melalui kegiatan ekperimen, siswa dapat melakukan pengamatan terhadap beberapa contoh larutan asam, basa, dan garam.
3.    Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi, siswa dapat  menjelaskan pengertian asam dan menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menjelaskan pengertian basa dan menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

D.    Materi Pembelajaran
Dilingkungan sekitar terdapat banyak sekali benda.Mobil,sepeda motor,sepatu,pensil,udara,papan tulis merupakan bentuk benda.Setiap jenis benda mempunyai sifat atau cirri yang membedakannya dari jenis benda lain.Benda yang terdapat disekitar banyak sekali benda yang bersifat alamiah seperti,batu,pasir,logam udara  juga ada yang bersifat hasil kerja buatan manusia,pensil,baju,bahan makanan,ban mobil,kaca,sepeda,mobil.Benda-benda buatan manusia bahan dasarnya berasal dari bahan alam,seperti wajan untuk memasak berasal dari tembaga yang merupakan bahan alam,pensil berasal dari bahan karbon,dan sebagainya.Benda-benda tersebut ada yang bersifat sederhana ada pula yang bersifat kompleks,misalnya sebuah mobil bersifat kompleks karena terdiri dari berbagai bahan ,antara lain,besi,aluminium,karet,kaca,kulit sintetis,dan beberapa bahan lainnya.Setiap jenis benda mempunyai sifat atau cirri yang membedakannya dari jenis benda yang lain,yaitu bentuk benda,ukuran benda,warna benda ,keadaan permukaan benda,dan bahan penyusun benda .Manusia akan terus berinovasi untuk terus memproduksi berbagai jenis benda dari bahan alam maupun buatan untuk keperluan hidup manusia
Ciri – ciri Makhluk hidup
Mengapa batu disebut makhluk tak hidup, sedangkan pohon disebut makhluk hidup? Ingatkah kamu bahwa hanya makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri hidup. Ciri-ciri hidup tersebut adalah bernapas, bergerak, makan, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, berkembangbiak, peka terhadap rangsang dan beradaptasi.
Bernapas
Ciri utama makhluk dikatakan hidup yaitu bernapas. Ketika bernapas makhluk hidup menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2). Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.
Reaksi oksidasinya sebagai berikut :
Zat makanan + oksigen —> energi + uap air + karbon dioksida.
Bergerak
Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagaian tubuhnya.
Contohnya gerak daun menguncup, gerak batang menghadap cahaya, gerak akar mendekati sumber air serta gerak mekarnya bunga.
Peka terhadap Rangsang
Makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa indra. Indra peka terhadap rangsang. Rangsang dapat berupa cahaya, bunyi, bau, rasa atau sentuhan. Dengan adanya indra yang peka terhadap rangsang-rangsang tersebut, manusia dan hewan mempunyai kemampuan melihat, mendengar, mencium, mengecap rasa dan menyentuh/meraba.
Tumbuhan tidak mempunyai alat indra, tetapi peka terhadap rangsang. Misalnya tumbuhan putri malu menguncupkan daunnya jika disentuh dan pertumbuhan batang kearah cahaya matahari.



Makan
Makanan diperlukan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Tumbuhan hijau memperoleh makanan dengan memproduksi sendiri. Tumbuhan hijau sebagai produsen mengolah zat-zat anorganik menjadi zat organic melalui proses fotosintesis.
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya.
Tumbuhan tak berhijau daun, hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri. Mereka memanfaatkan makanan dari hasil fotosintesis tumbuhan hijau dan sumber lain dari hewan dan alam.
Mengeluarkan Zat Sisa
bernafas
Dalam proses penyerapan makanan, terbentuklah zat sisa yang merupakan zat yang tidak terserap oleh tubuh. Zat-zat itu disebut zat sisa oksidasi biologis, misalnya air dan karbon dioksida.Berdasarkan aktivitas tubuh dan hasilnya, pengeluaran zat-zat sisa dibedakan atas : Ekskresi, Respirasi, Defekasi.
Ekskresi, merupakan pengeluaran zat-zat sisa yang dilakukan oleh kulit dan ginjal. Kulit akan mengeluarkan zat sisa yang dinamakan keringat karena adanya kelenjar keringat di bawah kulit. Ginjal akan menyaring darah dan mengeluarkan zat sisa yang disebut urine.
Respirasi, merupakan pengeluaran CO2 sebagai zat sisa proses respirasi yang dikeluarkan melalui hidung.
Defekasi, merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan yang berupa tinja (feses) melalui anus.
Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh, yaitu luas, tinggi dan berat. Perkembangan adalah perubahan menjadi dewasa.
Berkembang Biak
Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Hewan berkembang biak antara lain dengan melahirkan, bertelur, bertelur-melahirkan, bertunas, fragmentasi atau membelah diri. Tumbuhan berkembang biak secara alami dan buatan.
Perkembangbiakan alami pada tumbuhan yaitu dengan biji (kawin) dan dengan tidak kawin, misalnya membelah diri, spora, tunas, umbi, geragih dan akar tinggal. Perkembangbikan tumbuhan secara buatan, misalnya stek, cangkok, runduk dan kultur jaringan.
Beradaptasi
Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan. Macam-macam adaptasi makhluk hidup adalah adaptasi morfologi, adaptasi tingkah laku, dan adaptasi fisiologi.
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. Contoh pada katak dan itik terdapat selapu renang pada kakinya untuk berenang.
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : hewan bermigrasi ke lain tempat yang banyak sumber makanan.
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : berkeringat saat cuaca panas.
Dari ciri-ciri tersebut diatas ada perbedaan ciri hidup yang dimiliki antara hewan/manusia dengan tumbuhan, anatara lain :
Hewan/Manusia
1.Bergerak : Melakukan gerak pindah tempat.
2.Cara memperoleh makanan: Tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof) . Bahan yg dimakan berupa zat organik.
3.Pertumbuhan: Hanya sampai batas usia tertentu
Tumbuhan
1.Bergerak :Tidak dapat berpindah tempat sendiri.
2.Cara memperoleh makanan: Dapat membuat makanan sendiri (autotrof), Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan berupa zat anorganik
3.Pertumbuhan : .Tumbuh terus menerus sampai mati. Klasifikasi Materi
Ketika kamu mengumpulkan sekelompok benda berdasarkan sifatnya, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.
» Mengamati karakteristik benda tersebut.
» Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda masing–masing.
» Memasukkan benda-benda yang memiliki persamaan sifat ke dalam satu kelompok.
» Memberi nama yang sesuai pada setiap kelompok benda tersebut.
Perhatikan sebuah lampu bohlam. Tersusun dari materi apa sajakah lampu tersebut?
Para ilmuwan mengklasifikasi materi agar lebih mudah dipelajari dan disusun secara sistematis. Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati sebuah ruang. Materi berdasarkan wujudnya dapat dikelompokkan menjadi zat padat, cair, dan gas. Contoh zat padat adalah beberapa jenis logam, seperti besi, emas, dan seng. Air, minyak goreng dan bensin merupakan contoh wujud cair. Contoh zat berwujud gas adalah udara, asap dan uap air. Asap rokok merupakan salah satu gas yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu kamu dilarang merokok. Merokok selain berbahaya bagi si perokok, juga berbahaya bagi orang lain yang berada di sekitar perokok, karena asap rokok akan terhisap oleh orang lain sebagai perokok pasif.
Contoh wujud zat yang sederhana dan mudah kamu pahami adalah air. Ketika dalam bentuk bongkahan es, es tersebut dikatakan dalam wujud padat. Tetapi, ketika dipanaskan es tersebut akan berubah kembali menjadi air. Air tersebut dikatakan dalam wujud cair. Ketika dipanaskan pada suhu 100°C air akan berubah menjadi uap air. Uap air dikatakan dalam wujud gas.
Perbedaan sifat zat padat, cair, dan gas dijelaskan pada Tabel 2.4.


Padat
Cair
Gas
Mempunyai bentuk dan volume tertentu.
Mempunyai volume tertentu, tetapi tidak mempunyai bentuk yang tetap, bergantung pada media yang digunakan.
Tidak mempunyai volume dan bentuk yang tertentu.
Jarak antar-partikel zat padat sangat rapat.
Jarak antar-partikel zat cair lebih renggang.
Jarak antar-partikel gas sangat renggang.
Partikel-pertikel zat padat tidak dapat bergerak bebas.

Partikel-pertikel zat cair dapat bergerak bebas namun terbatas.

Partikel-partikel gas dapat bergerak bebas
Larutan Asam, Basa, Garam

A. Asam
Tentu kita telah mengenal larutan asam dalam kehidupan sehari-hari. Asam  banyak  ditemukan  dalam  buah-buahan  dan  sayuran.  Contohnya, seperti  jeruk,  lemon,  tomat,  dan  sayuran.  Pada  saat  memasak  di  dapur, tentu  kita  mengenal  salah  satu  bahan  penambah  rasa  makanan,  yaitu cuka dapur yang mengandung asam asetat. Aki pada kendaraan bermotor mengandung asam sulfat. Asam dalam lambung kita berfungsi membantu proses pencernaan bahan makanan. Masih banyak contoh senyawa asam lainnya  yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari.
Kita dapat menemukan asam baik dalam makanan, minuman, ataupun bahan pembersih di rumah. Dari beberapa contoh larutan asam yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana cara kita mengidentifikasi larutan asam? Berikut ciri atau tanda dari larutan asam:
1.   Rasanya asam.
2.   Dapat menimbulkan korosif.
3.   Mengubah kertas lakmus biru menjadi merah.

Hujan Asam
Selain banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, bila tidak berhati- hati dalam penggunaannya, larutan asam dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, contohnya terjadi hujan asam. Di beberapa wilayah tertentu terjadi hujan asam yang menyebabkan kerusakan pada bangunan gedung dan patung-patung dalam kota. Mengapa dapat terjadi hujan asam? Bila terdapat kadar  gas  belerang  dioksida  (SO )  dan  nitrogen  oksida  (NO)  di  atmosfer sangat tinggi maka gas ini akan bereaksi dengan air di atmosfer membentuk asam sulfat, asam nitrat, dan senyawa asam lainnya. Ketika terjadi hujan, air yang dihasilkan bersifat lebih asam dari keadaan normal. Asam inilah yang kita kenal dengan hujan asam. Gas belerang dioksida dan gas nitrogen oksida dihasilkan dari pembakaran minyak bumi yang berasal dari buangan industri dan kendaraan bermotor. Selain merusak gedung dan patung-patung, hujan asam tersebut dapat merusak tumbuh-tumbuhan dan mengganggu kehidupan makhluk hidup lainnya seperti ikan dan insektisida.

B. Basa
Basa  merupakan  larutan  yang  banyak  kita  jumpai  dalam  kehidupan sehari-hari,  misal  sabun  mandi,  sabun  cuci,  pasta  gigi,  obat  maag,  dan pupuk.
Dalam penggunaan sehari-hari, pada umumnya basa dicampur dengan zat lain. Bagaimana cara kita mengidentifikasi larutan  basa? Berikut sifat basa:
1.   Terasa licin di kulit dan berasa agak pahit.
2.   Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru.
Dalam kehidupan sehari-hari, larutan asam sering direaksikan dengan larutan basa yang menghasilkan senyawa netral atau dikenal dengan reaksi netralisasi. Larutan basa akan menetralkan larutan asam yang membentuk air (H2O). Selain membentuk H2O, pada reaksi netralisasi dihasilkan juga garam.  Beberapa  contoh  penerapan  reaksi  netralisasi  dalam  kehidupan sehari-hari adalah untuk pengobatan bagi penderita sakit maag, pengobatan untuk  sengatan  serangga,  melindungi  kerusakan  gigi,  dan  pengolahan tanah pertanian.
C. Garam
Jenis   senyawa   garam   yang   paling   kita   kenal   adalah   garam   dapur atau  nama  senyawa  kimianya  natrium  klorida  (NaCl).  Garam  ini  banyak digunakan dalam pengolahan makanan.  Bagaimana senyawa garam dapat terbentuk? Salah satu reaksi yang dapat membentuk garam adalah reaksi asam  dan  basa  atau  reaksi  netralisasi.  Pada  reaksi  netralisasi  tersebut dihasilkan garam dan air.

                    Asam + Basa                   Garam + Air

Garam secara luas digunakan dalam kehidupan sehari-hari antara lain untuk  industri  pupuk,  obat-obatan,  pengolahan  makanan,  dan  bahan pengawet.

Indikator
Seperti diuraikan tentang sifat-sifat asam dan basa di atas, larutan asam dan basa memiliki sifat-sifat yang khas. Salah satu cara untuk membedakan asam atau basa adalah dengan menggunakan indikator. Suatu indikator asam-basa adalah suatu senyawa yang menunjukkan perubahan warna apabila bereaksi dengan asam atau basa.
Indikator buatan
Salah satu jenis indikator buatan yang bukan dalam bentuk larutan cair adalah  kertas  lakmus.  Ada  2  jenis  kertas  lakmus  yaitu  lakmus  biru  dan lakmus  merah.  Kertas  lakmus  biru  akan  menjadi  merah  dalam larutan  asam.  Kertas  lakmus  merah  akan  menjadi  biru  dalam larutan basa.
Gambar 2.13 Di dalam larutan asam, lakmus biru berubah warna menjadi merah. Di dalam larutan basa, lakmus merah berubah warna menjadi biru.
Sumber Gambar: www.profmarsolais.com




E.     Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan saintifik
b.      Model : Discovery learning
c.       Metode : Diskusi informasi,Pengamatan
F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.       Media
-          Gambar contoh benda sekitar,lingkungan sekitar,komputer
b.      Alat dan bahan
Alat :Bahan :
benda atau gambar “Pengamatan terhadap burung dan pesawat terbang” serta beberapa benda-benda sehari hari, seperti tas, bola, buah-buahan, berbagai jenis tumbuhan


c.       Sumber Pembelajaran
1.         Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Edisi Revisi 2014 SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Penerbit : Pusbuk Kemendikbud Halaman 26 – 30
2.         Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Edisi Revisi 2014 SMP/MTs Kelas VII : Pusbuk Kemendikbud Halaman 43 – 48.
G.    Kegiatan Pembelajaran:
1.Pertemuan 1 :
Kegiatan
Langkah-langkah
Model

DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahaluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)


Menanya
Pemusatan perhatian :
-   Guru mengucapkan salam
-   Guru mengecek kehadiran
-  Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
-   Guru memotivasi siswa. 
-  Guru mengambil dua buah benda sebagai contoh  dan siswa yang lain disuruh menyebutkan benda tersebut tergolong benda alamiah atau benda buatan manusia.

10 menit
Inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah




-  Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan terhadap lingkungan sekitar sekolah.
-  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
Masing-masing peserta dalam kelompok melakukan pengamatan.Ditunjukkan dengan gambar benda-benda sekitar yang ada di buku paket siswa hal 27 -28 kepada peserta didik.
Berdasarkan hasil pengamatan tersebut peserta  didik diminta untuk mengerjakan dan mengisi table pengamatan.
60 menit
Pengumpulan data





















Pengolahan data dan analisis















Verifikasi
Generalisasi
1.  Mencatat hasil pengamatan tentang cirri-ciri benda sekitar,seperti,mainan mobil,ikan,dan kucing dalam bentuk table!

Cirri- cirri
Ket
Ikan/Kucing
Mobil-mobilan













Nama dan Ciri-ciri Benda
Nama Benda
Ciri-ciri Benda
Tas

Ban mobil

Bola

Pesawat helicopter

Buah-buahan

Orang utan

Burung


Mengolah dan menganalisis data dari setiap pengamatan dalam kegiatan diskusi kelompok
Setelah tabel diatas sudah terisi, bandingkan hasil pengamatanmu dengan temanmu, catat persamaan dan perbedaan
Setelah mencatat hasil ,jawablah pertanyaan berikut:
1.    Apakah ada benda-benda yang mempunyai cirri yang sama?
2.    Ciri-ciri apa saja yang dimiliki benda tersebut?

- Presentasi hasil pengamatan
-Menyimpulkan pengelompokan  benda-benda disekitar kita berdasarkan susunannya.


Penutup
Refleksi
-          Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-          Guru memberikan penghargaan seperti pujian kepada kelompok yang berkinerja dengan baik.
-          Menegaskan kepada peserta didik bahwa benda-benda sekitar ada yang bersifat alami dan buatan,ada yang bersifat kompleks dan bersifat sederhanan.Setiap jenis benda mempunyai sifat atau cirri yang membedakannya dari jenis benda lain.
10 menit
Penugasan
Memberikan tugas mencatat nama-nama benda sekitar yang ada di lingkungan tempat tinggal dan mengelompokkan kedalam benda yang bersifat alami,buatanmanusia.


Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam


2.Pertemuan 2 :


Kegiatan
Langkah-langkah
Model Discovery

Deskripsi Kegiatan
Alokasi
     Waktu
 Pendahuluan
    Menciptakan  situasi
  (stimulasi )

Menanya
Pemusatan perhatian :
-   Guru mengucapkan salam
-   Guru mengecek kehadiran
-  Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran

-   Guru memotivasi siswa. 
-  Guru mengambil dua buah benda sebagai contoh  dan siswa yang lain disuruh menyebutkan benda yang termasuk makhluk hidup dan tak hidup

15 mnt
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan identifikasi masalah








Pengumpulan data








Pengolahan data dan analisis





Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan terhadap lingkungan sekitar sekolah.
-  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
Masing-masing peserta dalam kelompok melakukan pengamatan. Ditunjukkan dengan gambar benda-benda sekitar yang ada di buku paket siswa hal  28-33 kepada peserta didik.
.

2.  Mencatat hasil pengamatan tentang cirri-ciri benda  hidup dan tak hidup
No
Nama benda
Ciri-ciri
ket
hidup
Tak hidup


















1 Mengolah dan menganalisis data dari setiap pengamatan dalam kegiatan diskusi kelompok
Setelah tabel diatas sudah terisi, bandingkan hasil pengamatanmu dengan temanmu, catat persamaan dan perbedaan
Setelah mencatat hasil ,jawablah pertanyaan berikut:
3.    Apakah ada benda-benda yang mempunyai ciri yang sama?
4.    Ciri-ciri apa saja yang dimiliki benda tersebut?

90 mnt
Penutup
Refleksi







Penugasan
-          Guru memberikan penghargaan berupa pujian atau penghargaan lain yang relevan kepada kelompok yang berkinerja baik
-          Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya.
-          Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah

15 mnt
3.Pertemuan 3 :

Kegiatan
Langkah-langkah
Model Discovery

Deskripsi Kegiatan
Alokasi
     Waktu
 Pendahuluan
  Menciptakan situasi
  (stimulasi )



Menanya
Pemusatan Perhatian
Guru menugaskan peserta didik melihat benda-benda yang ada di lingkungan sekitar sekolah
1. Sebutkan wujud benda yang ada di lingkungan  sekitar
2. Sebutkan pula contoh benda yang berwujud padat,cair dan gas
3. Bagaimana kalian bisa mengamati  apakah benda tsb berwujud padat,cair atau gas
15 mnt
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan identifikasi masalah











Observasi




Pengumpulan data








Menganalisis







Mengkomunikasikan



- Membentuk kelompok 4-5 orang
- Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang dilakukan yaitu mengamati contoh benda padat,cair dan gas
- Mendemonstrasikan kegiatan 2 yaitu mengenalkan benda padat cair dan gas
- Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS

- Melakukan pengamatan terhadap benda yang digunakan sebagai contoh benda padat,cair dan gas
-          Siswa mencatat data pada kolom yang tersedia pada LKS
NO
Nama benda
Jenis zat
padat
cair
gas
1
-                       
-                       
-                       
-                       
2
-                       
-                       
-                       
-                       
-                       
-                       
-                       
-                       
-                       

-          Siswa melakukan diskusi membandingkan data yang diperoleh dengan informasi yang diperoleh dari literatur.
-          Presentasi hasil diskusi dan pengamatan
-           Membuat kesimpulan tentang zat padat, cair dan gas



90 menit
Penutup

-          Guru memberikan penghargaan berupa pujian atau penghargaan lain yang relevan kepada kelompok yang berkinerja baik
-          Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya.
-          Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah

15 menit

4.Pertemuan 4 :
. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah-langkah
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (Stimulasi)



Menanya

-   Pemusatan perhatian : Menunjukkan beberapa jenis larutan yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

-   Apersepsi : bahwa di alam terdapat banyak sekali jenis benda. Untuk memudahkan mempelajarinya maka dilakukan klasifikasi. Materi dapat diklasifikasikan berdasarkan wujudnya, komponen penyusunnya, dan ada juga berdasarkan sifat larutannya.
Mungkin kalian telah menganal yang namanya asam, basa, garam. Dari beberapa jenis larutan tadi, yang mana tersuk asam, basa, atau garam?
-   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari larutan asam, basa, garam
-   Guru menginformasikan secara singkat tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan, dan menghimbau agar berhati-hati dengan zat-zat tersebut.
10 menit
Kegiatan Inti











Pembahasan Tugas dan dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan Data
Pengolahan data dan Analisis



Verifikasi

Generalisasi
-       Siswa dibagi menjadi 5 kelompok masing-masing kelompok terdi atas 3 – 4 orang.
-       Tiap kelompok diberikan LKS untuk melakukan kegiatan mengamati larutan asam, basa, garam.
-       Guru memberikan penjelasan tentang apa yang dilakukan.
-     Siswa   melakukan eksperimen pengamatan larutan yang telah tersedia, dan guru membimbingnya.
-     Siwa mencatat hasil pengamatannya pada tabel LKS, selanjutnya mendiskusikan pertanyaan pada LKS.
-     Salah satu kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya, dan guru memandu jalannya presentasi.
-     Guru  mendiskusikan  hasil  pengamatan  larutan asam, basa, dan garam serta memberikan penguatan dan konfirmasi.
-       Guru bersama siswa menyimpulkan hasil kegiatan yang dilakukan.
50 menit









Penutup

-        Siswa dan guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran  
-        Guru memberikan kuis dan Siswa menjawab kuis tentang asam, basa, garam.
-        Guru memberikan tindak lanjut berupa penugasan untuk mengidentifikasi dampak negatif dari adanya larutan asam.
-        Guru  menyampaikan tentang pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa untuk membawa kunyit, bunga mawar, bunga kembang sepatu.
20 menit


H.  PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
a. Metode                         : non tes dan tes
b. Bentuk isntrumen         : lembar observasi dan tes tulis

2.   Instrumen Penilaian
a.       Sikap Spiritual (observasi)
b.      Sikap  social  (Penilaian diri : jujur)
c.       Keterampilan (Tugas proyek)
d.      Pengetahuan




1.        INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
             
a.      Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)

Instrumen Observasi:
Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi benda-benda sekitar  sebagai karunia Tuhan  yang  ada di alam.
.
Lembar Observasi:


No.
Sikap yang dinilai
Skor
1
2
3
4

  1.  
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





  1.  
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan





  1.  
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi





  1.  
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupaun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan





  1.  
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor yang Diperoleh











Rubrik:
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
1.         Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.         Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.         Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2.         Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

  1.  
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
1.         Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.         Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.         Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.         Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pern
5.         ataan

  1.  
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
1.         Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.         Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.         Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.         Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan


  1.  
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupaun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
1.         Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.         Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.         Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.         Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

  1.  
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
1.         Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.         Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.         Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.         Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernataan
Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 4

Skor Maksimum
Konversi Penilaian:
Sangat Baik (SB),      apabila 3,20 – 4,00  (80 – 100)
Baik (B),                     apabila  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup (C)                 apabila 2,40 - 2,79  (60 – 69)
Kurang (K)                apabila Skor< 2,40  (kurang dari 60%)

a.       Observasi : Jujur
Lembar Penilaian Observasi: Kejujuran


No.
Sikap
Skor
1
2
3
4

  1.  
Tidak menyontek dalam mengerjakan ulangan/tugas





  1.  
Tidak melakukan plagiat dalam mengerjakan setiap tugas





  1.  
Melaporkan data atau informasi apa adanya





  1.  
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor yang Diperoleh


b.      Penilaian Diri : Jujur
Lembar Penilaian Diri: Kejujuran
No.
Sikap
Skor
(1) TP
(2)KD
(3)SR
(4)SL

  1.  
Saya menyontek pada saat mengerjakan ulangan





  1.  
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas





  1.  
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang





  1.  
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan





  1.  
Saya mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




Jumlah Skor yang Diperoleh



Rubrik Penilaian:
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kejujuran
1.      Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.      Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.      Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4.      Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X4

Skor Maksimum

Kriteria Penilaian:
Sangat Baik (SB),         apabila 3,20 – 4,00  (80 – 100)
Baik (B),                      apabila  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup (C)                    apabila 2,40 - 2,79  (60 – 69)
Kurang (K)                  apabila Skor< 2,40  (kurang dari 60%)


2.        Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator  :
1.Menyebutkan 5 ciri –ciri  benda-benda sekitar
2.Menjelaskan benda-benda disekitar yang bersifat alamiah
3. Menjelaskan benda-benda disekitar yang bersifat buatan manusia
4.Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana

      5. Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda disekitar kita
!
a.       Tes Tertulis
1.Sebutkanlah 5 ciri-ciri benda -benda yang terdapat disekitar kita?
2.Jelaskan  ciri benda yang bersifat alamiah !
3.Jelaskan cirri benda yang bersifat buatan!
4. Sebutkan 2 contoh benda yang bersifat kompleks dan sederhana!
5.Sebutkan kegunaan dari salah satu benda yang bersifat alami
Lembar Penilaian Tes Tertulis
No
Kunci Jawaban
Skor
1

5  ciri-ciri benda yang terdapat disekitar yaitu,Bentuk benda berbeda-beda,ukuran benda berbeda-beda,warna benda berbeda-beda,keadaan permukaan benda berbeda-beda,bahan penyusun benda berbeda-beda
10
2
Ciri benda yang bersifat alamiah: sudah terdapat dialam,tidak dibuat oleh manusia
Ciri benda yang bersifat uatan: Dibuat oleh manusia.
10
3
Ciri-ciri benda yang bersifat buatan ,Yaitu dibuat oleh manusia,bisa bersifat sederhana,bisa bersifat kompleks.
10
4
2 contoh benda yang bersifat kompleks yaitu:mobil,kapal,2 contoh benda yang bersifat sederhana,yaitu:buku,gelas
10
5
Benda yang bersifat alami contohnya matahari ,kegunaannya yaitu sebagai sumber energy kehidupan
10

Skor maksimum
50

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum




b.      Tes Penugasan (tugas proyek)
Tugas proyek: Digunakan untuk menilai peserta didik dalam hal:Mengidentifikasi benda-benda di sekitar
Penilaian Keterampilan (Tugas Projek)
Tugas Projek:

Digunakan untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal: mencatat nama-nama benda sekitar yang ada di lingkungan tempat tinggal dan mengelompokkannya ke benda yang bersifat alami,atau buatan manusia.

Petunjuk:
1.      Bentuklah kelompok, dengan anggota antara 3 – 5 anak.
2.      Buatlah 10 nama benda dan mengelompokkannya ke dalam benda yang bersifat alamidan buatan dalam bentuk tabel dengan waktu 3 hari (pertemuan berikutnya)!
3.      Presentasikan  hasil kerja kelompokmu!
Instrumen Tugas Projek
No.
Indikator
Skor
1
2
3

  1.  
Menyebutkan 10  nama-nama benda disekitar




  1.  
Mengelompokkan benda yang didata ke dalam kelompok benda yang bersifat alamiah dan buatan




  1.  
Mempresentasikan hasil kerja



Jumlah Skor


Rubrik penilaian
No
Indikator
Skor 1 – 3
1
Menyebutkan nama-nama benda disekitar
3. Menyebutkan 10 nama benda-benda disekitar dengan benar.
2. Menyebutkan 7 nama benda-benda disekitar dengan benar.
1. Menyebutkan 4 nama benda-benda disekitar dengan benar.
2
Mengelompokkan benda yang didata ke dalam kelompok benda yang bersifat alamiah dan buatan
3.  Mengelompokkan 10 benda yang bersifat alami dan buatan dengan benar.
2.  Mengelompokkan 7 benda yang bersifat alami dan buatan dengan benar.
1.  Mengelompokkan 7 benda yang bersifat alami dan buatan dengan benar.

3
Mempresentasikan hasil kerja
3.  Mampu mempresentasikan hasil kerja dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.  Mampu mempresentasikan hasil kerja dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1. Mampu mempresentasikan hasil kerja dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100


Skor Maksimum


Instrumen Penilaian pertemuan 2 :
Soal objektif
 1.  Co2 sangat di butuhkan untuk peroses .....
            a. pertumbuhan           c. perkembangan
            b. fotosintesis  d. pernapasan 
2.   Mahluk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu,semua  mahluk hidup  memiliki ciri-ciri sebagai    berikut
            a. tumbuh, berfotosintesis, dan berjalan
            b. mengeluarkan zat sisa, makan, dan bernafas
            c. beranak, peka terhadap rangsang, dan fotosintesis
            d. berkembangbiak, mendengar dan bergerak

      3. Mahluk hidup tidak akan mengalami kepunahan hal ini karena mahluk hidup  mampu...
            a. tumbuh        c. berkembang
            b. bernafas       d.berkembangbiak

4. Gerakkan pada hewan berbeda dengan gerak pada tumbuhan karena gerak  pada   hewan........

            a. mencari makanan     c. gerak mudah diamati
            b. sangat terbatas        d. sangat cepat
      5 . Gerakan pada tumbuhan di sebut gerak....
            a. aktif c. fasif
            b. interaktif     d. sejati
      6. Perbedaan mendasar antara hewan dan tumbuhan adalah dalam hal......
            a. pernafasan   c. perkembangbiakan
            b. pengeluarkan zat sisa          d. cara memperoreh makanan
      7 . Berikut ini yang bukan merupakan rangsangan adalah....
            a. lingkungan   c. cahaya
            b. sentuhan      d. suara
      8. Bermacam-macam zat ada di dalam tubuh kita tidak akan meracuni tubuh karena  tubuh  
      mampu  melakukan peroses....
            a. resfirasi        c. pengeluaran
            b. pencernaan  d. pertumbuhan
     9. Tumbuhan hijau mampu menyusun makanan sendiri dari bahan-bahan berikut ini,
            kecuali....
            a. air    c. oksigen
            b. karbondioksida       d. cahaya matahari
     10.Perhatikan gambar !
Gambar di samping menunjukkan salah satu ciri mahluk hidup adalah…..
a. tumbuh
b. berkembangbiak
c. beradaptasi
d. tunas adventif
           
Lembar Penilaian Tes Tertulis
No
Kunci Jawaban
Skor
1
d
1
2
b
1
3
d
1
4
c
1
5
c
1
6
d
1
7
a
1
8
c
1
9
c
1
10
b
1

Skor maksimum
10



X 100



Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum






Lembar Pengamatan Sikap
1. Pengamatan Prilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
KET
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati hatian




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok




4
Ketrampilan berkomunikasi





2. Rubrik  Penilaian Prilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Rasa ingin tahu
3. menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,antusias,aktif dalam kegiatan kelompok
2. menunjukkan rasa ingin tahu namun kurang antusias dan baru terlihat aktif dalam kelompok setelah disuruh
1. tidak menunjukkan antusias dan pasif dalam kegiatan kelompok walaupun sudah didorong  untuk terlibat
2
Ketelitian dan kehati hatian
3. melakukan percobaan sesuai prosedur, hati-hati
2. melakukan percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati
1. melakukan percobaan tidak sesuai prosedur, tidak hati-hati.
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
3. tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan,berupaya tepat waktu
2. belum menunjukkan upaya terbaik yang bisa dilakukan,berupaya tepat waktu
1. tidak menunjukkan upaya terbaik yang bisa dilakukan,tidak tepat waktu
4
Ketrampilan  berkomunikasi
3. aktif dalam tanya jawab, ikut mengemukakan gagasan/ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan/ide menghargai pendapat siswa lain.
1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan/ide kurang menghargai pendapat siswa lain.


Penilaian ketrampilan mengelompokkan makhluk hidup dan tak hidup
No
Ketrampilan yang dinilai
skor
Rubrik
1.
Penulisan data pada tabel
2
Ketepatan menuliskan data pada tabel
Pengurutan data
2
Penulisan laporan praktikum
3
Kerapian penulisan
Kebersihan penulisan
Ketepatan waktu penyelesaian laporan

1.      Instrumen Penilaian pertemuan 3
a.                       Soal Uraian
1. Sebutkan perbedaan  zat padat, cair, dan gas dilihat dari bentuk dan volumenya!
2. Sebutkan masing-masing 2 contoh zat padat, cair dan gas!
3. Sebutkan 3 perbedaan sifat zat padat, cair dan gas!
4. Sebutkan 5 perubahan wujud zat padat, cair dan gas!
5. Buatlah skema perubahan wujud, zat padat, cair dan gas!
b. Kunci jawaban:
       1. Perbedaan wujud zat padat, cair, dan gas dilihat dari bentuk dan volumenya adalah zat padat mempunyai bentuk dan volume tetap, zat cair mempunyai bentuk berubah, volume tetap dan zat gas mempunyai bentuk dan volume berubah.                  Skor...........20
       2. 2contoh masing-masing zat padat, cair dan gas adalah zat padat contohnya kayu, es, zat cair contohnya air, minyak dan zat gas contohnya minyak wangi, udara.        Skor.....20
       3. 3 perbedaan sifat zat padat, cair dan gas adalah
No
Padat
Cair
Gas
1
Jarak antar partikel zat sangat rapat
Jarak antar partikel zat lebih renggang
Jarak antar partikel zat sangat renggang
2
Partikel-partikel zat tidak dapat bergerak bebas
Partikel-partikel zat dapat bergerak bebas namun terbatas
Partikel-partikel zat dapat bergerak sangat bebas
3
Gaya tarik menarik antar partikel zat sangat kuat
Gaya tarik antar partikel agak lemah
Gaya tarik antar partikel sangat lemah
                                                                             Skor....................20
4. 5 Perubahan wujud zat pada benda yaitu :
     a. menyublim
     b. Menguap
     c. Mengembun
     d. Mencair
     e. Membeku                                                    Skor..................20
5. Skema perubahan wujud zat padat,cair dan gas

padat
                
                
                                    1
                                                            2                                              5                      6
gas
cair
                                                                                    3
                                                                                                                       
                                                                                    4
                        KET :
            1.Mencair
            2. Membeku
            3.Menguap
            4. Mengembun
            5.Mengkristal
            6.Menyublim                                                                           Skor.................20
                                   
                                    Nilai    = Jumlah Skor/Skor maksimum x100
Lembar Pengamatan Sikap
1. Pengamatan Prilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
KET
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati hatian




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok




4
Ketrampilan berkomunikasi





2. Rubrik  Penilaian Prilaku

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Rasa ingin tahu
3. menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,antusias,aktif dalam kegiatan kelompok
2. menunjukkan rasa ingin tahu namun kurang antusias dan baru terlihat aktif dalam kelompok setelah disuruh
1. tidak menunjukkan antusias dan pasif dalam kegiatan kelompok walaupun sudah didorong  untuk terlibat
2
Ketelitian dan kehati hatian
3. melakukan percobaan sesuai prosedur, hati-hati
2. melakukan percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati
1. melakukan percobaan tidak sesuai prosedur, tidak hati-hati.
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
3. tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan,berupaya tepat waktu
2. belum menunjukkan upaya terbaik yang bisa dilakukan,berupaya tepat waktu
1. tidak menunjukkan upaya terbaik yang bisa dilakukan,tidak tepat waktu
4
Ketrampilan  berkomunikasi
3. aktif dalam tanya jawab, ikut mengemukakan gagasan/ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan/ide menghargai pendapat siswa lain.
1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan/ide kurang menghargai pendapat siswa lain.


Penilaian ketrampilan zat padat, zat  cair dan zat gas

No
Ketrampilan yang dinilai
skor
Rubrik
1.
Penulisan data pada tabel
2
Ketepatan menuliskan data pada tabel
Pengurutan data
2
Penulisan laporan praktikum
3
Kerapian penulisan
Kebersihan penulisan
Ketepatan waktu penyelesaian laporan

4.Instrumen Pengetahuan pertemuan 4
Soal uraian
1.    Jelaskan pengertian larutan asam!
2.    Jelaskan pengertian larutan basa!
3.    Jelaskan pengertian garam!
4.    Sebutkan masing-masing tiga contoh zat yang bersifat asam, basa, garam dalam kehidupan sehari-hari!
5.    Sebutkan masing-masing  contoh indikator  buatan untuk asam-basa!
Kunci :
1. Larutan asam suatu zat yang memilki ciri atau tanda :
-   Rasanya asam.
-   Dapat menimbulkan korosif.
-   Mengubah kertas lakmus biru menjadi merah.
1.    Larutan basa suatu zat yang memilki sifat :
- Terasa licin di kulit dan berasa agak pahit.
-  Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru.
2.    Garam merupakan senyawa yang terbentuk dari reaksi asam dan basa.
3.    Contoh asam : cuka dapur (asam asetat), air aki (asam sulfat); basa : sabun mandi, sabun cuci, obat maag, pupuk; garam : garam dapur, 
4.    Contoh asam-basa buatan : lakmus merah, lakmus biru
Rubrik penilaian uraian
No
Uraian
skor
1
Jika jawaban benar
20
2
Jika jawaban benar
20
3
Jika jawaban benar
20
4
Jika jawaban benar
30
5
Jika jawaban benar
10
Total
100
Nilai  =   skor perolehan/100 x 100




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada

I GEDE SUMATRA JAYA,S.Pd
NIP. 196503291986011001

Panji Anom,       21   Juli      2014
Guru Mata Pelajaran IPA

GEDE SUCITA, S.Pd.Bio
NIP. 19621111 198411 1001
0 Responses

Posting Komentar