Rincian minggu EFEKTIF
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VII/1
Tahun Ajaran :
2014/2015
I.
Jumlah minggu
dalam semester 1
No.
|
Bulan
|
Jumlah Minggu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
|
5
4
4
5
4
5
|
|
Jumlah
Total
|
27
|
II.
Jumlah minggu
efektif dalam semester 1
No.
|
Kegiatan
|
Jumlah Minggu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
|
0
3
3
4
4
0
|
|
Jumlah
Total
|
14
|
III.
Jumlah minggu
tidak efektif dalam semester 1
No.
|
Kegiatan
|
Jumlah Minggu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
|
4
1
2
1
0
5
|
|
Jumlah
Total
|
13
|
IV.
Jumlah minggu
efektif dalam semester 1
Jumlah minggu dalam
semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 27 minggu – 13 minggu
= 14 minggu
efektif
V.
Jumlah jam pelajaran efektif
Jumlah minggu
efektif x jumlah jam per minggu = 14 x 5 = 70 jam
Cadangan 2 jam
= 6 2 Jam
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada
I Gede Sumatra Jaya,S.Pd
Nip.19650329 198601 1 001
|
Panji
Anom, 4 Agustus
2014
Guru Mata Pelajaran IPA
Gede Sucita,S.Pd.Bio
Nip : 196211111984111001
|
DISTRIBUSI WAKTU
Sekolah : SMP
Negeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII
Tahun pelajaran : 2014/2015
Smt
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
I
|
|
|
|
3.1.Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri
mahkluk hidup, dan lingkungan fisik kitar sebagai bagian dari observasi,
serta pentingya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
|
13 JP
|
1 JAM = 40 MENIT
|
|
3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan
mahkluk hidup yang ada dilingkungan sekitar
|
12 JP
|
|
|
Uji
Materi
|
2
JP
|
UH I
|
|
Remedial
|
2
JP
|
|
|
Pengayaan
|
2
JP
|
|
|
3.4.
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat
sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel.
|
12
JP
|
|
|
Uji
Materi
|
2
JP
|
UH II
|
|
Remedial
|
2
JP
|
|
|
Pengayaan
|
1
JP
|
|
|
3.5. Memahami karakteristik zat serta perubahan fisika dan kimia pada
zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari ( misalnya pemisahan
campuran
|
12 JP
|
|
|
|
Uji Materi
|
2
JP
|
UH III
|
|
Remedial
|
2 JP
|
|
|
Pengayaan
|
1
JP
|
|
Cadangan
|
6
JP
|
|
|
JUMLAH SEMESTER I
|
70
JP
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada
I Gede Sumatra Jaya,S.Pd
Nip.19650329 198601 1 001
|
Panji
Anom,
Juli 2014
Guru Mata Pelajaran IPA
GEDE SUCITA S.Pd.Bio
NIP. 195621111 198411 1001
|
PROGRAM
TAHUNAN
Sekolah : SMP N 4 Sukasada
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/
1 dan 2
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Smt
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
I
|
|
|
|
3.1.Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri
mahkluk hidup, dan lingkungan fisik kitar sebagai bagian dari observasi,
serta pentingya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
|
10 JP
|
1 JAM = 40 MENIT
|
|
3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan
mahkluk hidup yang ada dilingkungan sekitar
|
10 JP
|
|
|
Uji
Materi
|
2
JP
|
UH I
|
|
Remedial
|
2
JP
|
|
|
Pengayaan
|
1
JP
|
|
|
3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian mahkluk hidup dan
benda-benda tak hidup sebagai bagian kerja ilmiah serta mengklasifikasikan
berbagai mahkluk hidup dan benda-benda tak hidup berdasarkan ciri yang
diamati.
|
10
Jam
|
|
|
3.4.
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat
sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel.
|
10 JP
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
UH II
|
|
Remedial
|
2 JP
|
|
|
Pengayaan
|
1 JP
|
|
|
3.5. Memahami karakteristik zat serta perubahan fisika dan kimia pada
zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari ( misalnya pemisahan
campuran
|
10
JP
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
UH III
|
|
Remedial
|
2 JP
|
|
|
Pengayaan
|
1 JP
|
|
|
Cadangan
|
6 JP
|
|
|
JUMLAH SEMESTER I
|
62
JP
|
|
Smt
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
II
|
|
|
|
3.6. Mengenal konsep energi , berbagai sumber energi, energi dari
makanan ,trasformasi energi dalam sel , metabolisme energi sel, respirasi,
sistem pencernaan makanan dan fotosintesis.
|
10 JP
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
UH I
|
|
Remedial
|
2 JP
|
|
|
Pengayaan
|
1 JP
|
|
|
3.7. Memahami
konsep suhu , pemuaian kalor, pemindahan kalor, dan penerapannya dalam
mekanisme menjaga kesetabilan suhu tubuh pada mnusia dan hewan serta dalam
kehidupan sehari-hari.
|
10 JP
|
|
|
3.8.Mendeskripsikan
interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.
|
10 JP
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
UH II
|
|
Remedial
|
2 JP
|
|
|
Pengayaan
|
1 JP
|
|
|
3.10.
Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya
bagi ekosistm.
|
10
JP
|
|
|
|
Uji Materi
|
2
JP
|
UH III
|
|
Remedial
|
2
JP
|
|
|
Pengayaan
|
1 JP
|
|
JUMLAH SEMESTER II
|
62 JP
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada
I Gede Sumatra Jaya,S.Pd
Nip.19650329 198601 1 001
|
Panji Anom, 4 Agustus
2014
Guru Mata Pelajaran IPA
GEDE SUCITA S.Pd.Bio
NIP. 19621111 198411 1001
|
PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||
TAHUN PELAJARAN 2014/2015 | ||||||||||||||||||||||||||||||
Nama Sekolah | : SMP NEGERI 4 SUKASADA | |||||||||||||||||||||||||||||
Kelas/Semester | : VII / GANJIL | |||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran | : IPA | |||||||||||||||||||||||||||||
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | Materi Pokok | Alokasi Waktu | Juli | Agustus | September | Oktober | Nopember | Desember | |||||||||||||||||||||
3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||||
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 3.1.Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi , serta pentinya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran | * Obyek IPA dan pengamatannya | 13 JAM | AWAL TAHUN PELAJARAN BARU | PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA | IDUL FITRI | 5 | 5 | PERAYAAN HUT RI | 3 | ULANGAN TENGAH SEMESTER | ULANGAN SEMESTER | KOREKTOR UAS | RAPAT WALI | LIBUR SEMESTER | LIBUR SEMESTER | AWAL SEMESTR GENAP | |||||||||||||
3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan mahkluk hidup yang ada dilingkungan sekitar. | Ciri-ciri mahkluk hidup | 12 | 2 | 5 | 5 | AWAL SEMESTR GENAP | ||||||||||||||||||||||||
ULANGAN HARIAN/UJI MATERI | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||||||||||
PENGAYAAN DAN REMEDIAL | 1 | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||
3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bagian kerja ilmiah , serta menklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak hidupberdasarkan ciri yang diamati. | Klasifikasi Makhluk Hidup | 12 JAM | 2 | 5 | 5 | ULANGAN SEMESTER | KOREKTOR UAS | RAPAT WALI | LIBUR SEMESTER | AWAL SEMESTR GENAP | ||||||||||||||||||||
3.4.Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel. | Sistem Organisasi Kehidupan | 12 JAM | 5 | 5 | 2 | |||||||||||||||||||||||||
ULANGAN HARIAN/UJI MATERI | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||||||||||
PENGAYAAN DAN REMEDIAL | 1 | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||
3.5. Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari ( misalnya pemisahan campuran ) | Perubahan Benda-Benda Di Sekitar Kita | 12 JAM | 5 | 5 | 2 | ULANGAN SEMESTER | KOREKTOR UAS | RAPAT WALI | LIBUR SEMESTER | AWAL SEMESTR GENAP | ||||||||||||||||||||
ULANGAN HARIAN/UJI MATERI | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||||||||||
PENGAYAAN DAN REMEDIAL | 1 | 1 | ||||||||||||||||||||||||||||
U T S | X | |||||||||||||||||||||||||||||
U A S | X | |||||||||||||||||||||||||||||
CADANGAN | ||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||
NIP. 196211111984111001 | ||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||
NIP. 196211111984111001 | ||||||||||||||||||||||||||||||
Posting Komentar