Perpustakaan SMPN 4 SUKASADA,BULELENG,BALI
         


Rincian minggu EFEKTIF

                     RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester       : VII/1
Tahun Ajaran         : 2014/2015

                                                                    
I.      Jumlah minggu dalam semester 1
No.
Bulan
Jumlah Minggu
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
5
4
4
                         5                       
4
5

Jumlah Total
27

II.     Jumlah minggu efektif dalam semester 1
No.
Kegiatan
Jumlah Minggu
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
0
3
3
4
4
0

Jumlah Total
14

III.    Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
No.
Kegiatan
Jumlah Minggu
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
4
1
2
1
0
5

Jumlah Total
13

IV.    Jumlah minggu efektif dalam semester 1

Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 27 minggu – 13 minggu
= 14 minggu efektif

V.             Jumlah jam pelajaran efektif        
Jumlah minggu efektif x jumlah jam per minggu = 14  x  5 = 70  jam
Cadangan 2 jam  = 6 2 Jam

Mengetahui,
      Kepala SMP Negeri 4 Sukasada


     I Gede Sumatra Jaya,S.Pd
   Nip.19650329 198601 1  001
                    Panji Anom,    4 Agustus  2014
           Guru Mata Pelajaran IPA




Gede Sucita,S.Pd.Bio
                       Nip :  196211111984111001          

















                                                                                                                             
           DISTRIBUSI WAKTU

Sekolah                       : SMP Negeri 4 Sukasada
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas / Semester        : VII
Tahun pelajaran       : 2014/2015

Smt
KOMPETENSI  DASAR
Alokasi Waktu
Keterangan

I



3.1.Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri mahkluk hidup, dan lingkungan fisik kitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
13 JP
1 JAM =  40 MENIT



3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan mahkluk hidup yang ada dilingkungan sekitar

12 JP




Uji Materi
2 JP
UH I
Remedial
2 JP

Pengayaan
2 JP

3.4. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel.

   12 JP

Uji Materi
2 JP
UH II
Remedial
2 JP

Pengayaan
1 JP

3.5. Memahami karakteristik zat serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari ( misalnya pemisahan campuran


12 JP


Uji Materi
2 JP
UH III

Remedial
2 JP



Pengayaan
1 JP

Cadangan
6 JP

JUMLAH SEMESTER I
70 JP




    





Mengetahui,
      Kepala SMP Negeri 4 Sukasada


     I Gede Sumatra Jaya,S.Pd
   Nip.19650329 198601 1  001
               Panji Anom,    Juli   2014
           Guru Mata Pelajaran IPA




        GEDE SUCITA S.Pd.Bio
               NIP. 195621111 198411 1001



























PROGRAM TAHUNAN



                                                        Sekolah                  : SMP N 4 Sukasada
                                      Mata Pelajaran       :  IPA
                                      Kelas/Semester     :  VII/ 1 dan 2
                                      Tahun Pelajaran   :  2014/2015


Smt
KOMPETENSI  DASAR
Alokasi Waktu
Keterangan
I



3.1.Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri mahkluk hidup, dan lingkungan fisik kitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran

10 JP
1 JAM =  40 MENIT
3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan mahkluk hidup yang ada dilingkungan sekitar

10 JP

Uji Materi
2 JP
UH I
Remedial
2 JP

Pengayaan
1 JP

3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian mahkluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bagian kerja ilmiah serta mengklasifikasikan berbagai mahkluk hidup dan benda-benda tak hidup berdasarkan ciri yang diamati.
10 Jam

3.4. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel.

   10 JP

Uji Materi
2 JP
UH II
Remedial
2 JP


Pengayaan
1 JP


3.5. Memahami karakteristik zat serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari ( misalnya pemisahan campuran

10 JP

Uji Materi
2 JP
UH III
Remedial
2 JP

Pengayaan
1 JP

Cadangan
6 JP

JUMLAH SEMESTER I
62 JP


Smt
KOMPETENSI  DASAR
Alokasi Waktu
Keterangan

II



3.6. Mengenal konsep energi , berbagai sumber energi, energi dari makanan ,trasformasi energi dalam sel , metabolisme energi sel, respirasi, sistem pencernaan makanan dan fotosintesis.

10 JP

Uji Materi
2 JP
UH I
Remedial
2 JP

Pengayaan
1 JP

3.7. Memahami konsep suhu , pemuaian kalor, pemindahan kalor, dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kesetabilan suhu tubuh pada mnusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari.
10 JP




3.8.Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.
10 JP

Uji Materi
2 JP
UH II
Remedial
2 JP

Pengayaan
1 JP

3.10. Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistm.
10 JP




Uji Materi
2 JP
UH III

Remedial
2 JP


Pengayaan
1  JP

JUMLAH SEMESTER II
62 JP










Mengetahui,
      Kepala SMP Negeri 4 Sukasada


     I Gede Sumatra Jaya,S.Pd
   Nip.19650329 198601 1  001
           Panji Anom,    4 Agustus  2014
           Guru Mata Pelajaran IPA




       GEDE SUCITA S.Pd.Bio
              NIP. 19621111 198411 1001


















 


 

PROGRAM SEMESTER 
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SUKASADA

























Kelas/Semester : VII / GANJIL


























Mata Pelajaran : IPA


























                                                         
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR Materi Pokok Alokasi Waktu Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 3.1.Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi , serta pentinya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran * Obyek IPA dan pengamatannya 13 JAM AWAL TAHUN PELAJARAN BARU PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA IDUL FITRI 5 5 PERAYAAN HUT RI 3       ULANGAN TENGAH SEMESTER                 ULANGAN SEMESTER KOREKTOR UAS RAPAT WALI LIBUR SEMESTER LIBUR SEMESTER AWAL SEMESTR GENAP
  3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan mahkluk hidup yang ada dilingkungan sekitar. Ciri-ciri mahkluk hidup 12             2 5 5                               AWAL SEMESTR GENAP
ULANGAN HARIAN/UJI MATERI   2                   2                              
PENGAYAAN DAN REMEDIAL   1                   1                              
  3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bagian kerja ilmiah , serta menklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak hidupberdasarkan ciri yang diamati. Klasifikasi Makhluk Hidup 12 JAM                   2   5 5             ULANGAN SEMESTER KOREKTOR UAS RAPAT WALI LIBUR SEMESTER   AWAL SEMESTR GENAP
  3.4.Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel. Sistem Organisasi Kehidupan 12 JAM                           5 5 2                  
ULANGAN HARIAN/UJI MATERI   2                               2                  
PENGAYAAN DAN REMEDIAL   1                               1                  
  3.5. Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari ( misalnya pemisahan campuran ) Perubahan Benda-Benda Di Sekitar Kita 12 JAM                                 5 5 2 ULANGAN SEMESTER KOREKTOR UAS RAPAT WALI LIBUR SEMESTER   AWAL SEMESTR GENAP
ULANGAN HARIAN/UJI MATERI   2                                     2            
PENGAYAAN DAN REMEDIAL   1                                     1            
U T S                             X                          
U A S                                             X          
CADANGAN                                                        
 


     

 



 





               
 


     

 



 





               
 


     

 



 





               
 


     

 



 





               
 

































































































































































    NIP. 196211111984111001

 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 



























 




























































































































































































    NIP. 196211111984111001































 













































0 Responses

Posting Komentar