RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 4 Sukasada
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII / 1
Topik : Obyek IPA dan
Pengamatannya
Sub Topik : Obyek IPA dan Pengamatannya
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit (2 jam
pembelajaran)
A.
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
3. Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait
fenomena dan kejadian tampak mata;
4.
Mencoba, mengolah,
dan
menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR :
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat;tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan
percobaan
dan berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan.
3.1. Memahami
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup dan
lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya perumusan terstandar (baku) pengukuran.
Indikator
:
1. Menyajikan hasil pengamatan, menginferensi, dan
mengkomunikasikan hasil pengamatan.
2. Menjelaskan tiga komponen keterampilan proses:
pengamatan, inferensi dan komunikasi.
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan baku dan tidak baku
Indikator
:
1.
Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA
2.
Menyebutkan obyek yang dipelajari dalam
IPA
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1.
1. Melalui
pengamatan peserta didik dapat membandingkan ciri-ciri dari teman-temannya
dengan menggunakan alat indera yang dimilikinya.
2. Melalui
diskusi peserta didik dapat menyebutkan obyek yang dipelajari dalam IPA.
3. Melalui
diskusi peserta didik dapat menjelaskan manfaat belajar IPA
2.Pertemuan 2
4. .
Melalui pengamatan peserta didik dapat membandingkan ciri-ciri dari
teman-temannya dengan menggunakan alat indera yang dimilikinya.
5. Melalui
percobaan meneteskan tinta hitam ke dalam kertas tissu yang dicelupkan kedalam
air, peserta didik dapat menginferensi, dan mengkomunikasikan hasil pengamatan.
6. Melalui
percobaan, peserta didik dapat menyebutkan tiga keterampilan proses dalam
belajar IPA.
7. Melalui
diskusi peserta didik dapat menyebutkan obyek yang dipelajari dalam IPA.
8. Melalui
diskusi peserta didik dapat menjelaskan manfaat belajar IPA.
2.Pertemuan
3.
9. Melalui
pengamatan peserta didik dapat membandingkan ciri-ciri dari teman-temannya
dengan menggunakan alat indera yang dimilikinya.
10. Melalui
percobaan meneteskan tinta hitam ke dalam kertas tissu yang dicelupkan kedalam
air, peserta didik dapat menginferensi, dan mengkomunikasikan hasil pengamatan.
11. Melalui
percobaan, peserta didik dapat menyebutkan tiga keterampilan proses dalam
belajar IPA.
12. Melalui
diskusi peserta didik dapat menyebutkan obyek yang dipelajari dalam IPA.
13.Melalui diskusi peserta didik dapat
menjelaskan manfaat belajar IPA
4.Pertemuan
4.
14.Melalui kajian pustaka siswa menjelaskan
pengertian pengukuran
15. Melalui
observasi siswa dapat menyebutkan beberapa satuan-satuan yang tidak terstandar
16. Dari
pengembangan keterampilan pengukuran siswa dapat melakukan pengukuran dengan
satuan yang tidak terstandar dan satuan yang terstandar
17 Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu,
teliti, jujur, tekun, bertanggungjawab, saling menghargai dalam kegiatan
pengukuran dan diskusi kelompok
18.Siswa dapat menerapkan pengukuran untuk
mendapatkan hasil pengukuran
5.Pertemuan 5.
19
. Melalui diskusi kelompok siswa dapat
menjelaskan pengertian besaran pokok.
20 Melalui diskusi kelompok siswa dapat
menyebutkan 3 besaran pokok beserta satuannya.
21Melalui
kegiatan percobaan siswa terampil melakukan pengukuran besaran- besaran panjang, massa dan waktu dengan alat ukur yang sesuai
6.Pertemuan 6.
22 Melalui diskusi,
siswa dapat menjelaskan pengertian besaran turunan dan menyebutkan 3 contoh besaran turunan beserta satuannya.
23.Melalui
kegiatan percobaan, siswa dapat melakukan pengukuran besaran-besaran turunan
sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengamatan terhadap benda-benda sebagai
salah satu bagian pembelajaran IPA
2. Tiga langkah kunci dalam proses pengembangan
IPA (metode ilmiah) yaitu melakukan pengamatan, menginferensi, dan mengkomunikasikan.
Pengamatan untuk mengumpulkan data dan informasi, dengan panca indra dan/atau
alat ukur yang sesuai. Kegiatan inferensi meliputi merumuskan penjelasan
berdasarkan pengamatan, untuk menemukan pola-pola, hubungan-hubungan, serta
membuat prediksi. Hasil dan temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik
lisan maupun tulisan. Yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam
bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.
3. Manfaat Belajar IPA:
a.
Memahami berbagai hal disekitar kita
b.
Menyelesaikan masalah
c.
Berfikir logis dan sistematis
d.
Meningkatkan kualitas hidup
4. Obyek yang dipelajari dalam IPA meliputi
seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola
keteraturannya
5. - pengukuran merupakan bagian dari pengamatan
- pengukuran dapat
dilakukan terhadap besaran benda-benda, tidak hanya benda mati (misalnya ,
masakelinci,panjang telinga kelinci, suhu kelinci, dan lain-lain).
- contoh yang bukan
termasuk besaran : cinta, keadilan, rasa sayang,,dan lain-lain.
- Pengukuran
merupakan proses membandingkan besaran
dengan besaran lain yang sejenis sebagai
satuan
- misalnya kita
ingin mendiskripsikan keadaan tubuh kita ,seperti tinggi badan, umur,berat
badan,merupakan sesuatu yang dapat diukur.
- segala sesuatu
yang dapat diukur disebut besaran.
- Hasil pengukuran: nilai (angka) dan satuan
Misalnya : panjang meja = 3 jengkalmu
Panjang meja = 5 jengkal
edo
. Pengukuran dengan besaran pokok
Besaran yang
satuannya didifinisikan disebut besaran pokok
Yang termasuk
besaran pokok adalah : Panjang,Masa dan Waktu
Panjang menggunakan satuan dasar SI meter (m).
Satu meter standar (baku) sama dengan jarak yang
ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299792458sekon.
Untuk keperluan
sehari-hari, telah dibuat alat-alat pengukur panjang tiruan dari meter standar,
seperti terlihat pada Gambar disamping.
Selain meter, panjang juga dinyatakan dalam
satuan-satuan yang lebih besar atau
lebih kecil dari meter dengan cara menambahkan
awalan-awalan seperti tercantum
dalam Tabel 1.1. Berdasar tabel tersebut:
» 1 kilometer (km) =
1.000 meter (m)
» 1 sentimeter (cm) =
1/100 meter (m) atau 0,01 m
Sebaliknya, diperoleh
» 1 m = 1/1,000 km = 0,001 km
» 1 m = 100 cm
Beberapa alat pengukur panjang misalnya
a) pita
ukur atau metlin,
b) penggaris
atau mistar,
c) jangka
sorong,
d) meteran
gulung.
Meteran gulung dan
penggaris mampu mengukur paling kecil 1 mm, tetapi jangka sorong mampu mengukur
sampai 0,1 mm.
Besaran Pokok
|
Satuan
|
Simbol satuan
|
Panjang
|
meter
|
m
|
Massa
|
kilogram
|
kg
|
Waktu
|
sekon
|
s
|
Kuat arus
|
ampere
|
A
|
Suhu
|
kelvin
|
K
|
Jumlah zat
|
mol
|
mol
|
Intensitas cahaya
|
candela
|
cd
|
3. Fungsi alat ukur:
a. penggaris untuk mengukur
panjang.
b. jangka sorong untuk
mengukur diameter.
c. mikrometer sekrup untuk
mengukur ketebalan.
d. neraca untuk mengukur
massa.
e.
stop watch untuk mengukur waktu.
4. Konversi Satuan
-
1
km = 1000 m
-
1
m = 100 cm
-
1
kg = 1000 gr
-
1
jam = 60 menit
-
1
menit = 60 detik
Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan
dari besaran pokok.
Contoh
:
Luas persegi panjang = panjang x lebar
Satuan luas = meter x meter = meter
persegi = m2
Besaran luas diturunkan dari besaran
panjang dan besaran panjang.
Volume balok = panjang x lebar x tinggi
Satuan volume = meter x meter x meter =
meter kubik = m3
Besaran volume diturunkan dari besaran
panjang, besaran panjang, dan besaran panjang
Massa jenis merupakan hasil bagi antara
masa benda dengan volume benda.
Satuan Massa jenis = kg/m3
Besaran massa jenis diturunkan dari besaran
massa dan panjang
Tabel 1.3 Besaran Turunan dan Satuannya
(dalam Sistem SI)
Besaran Turunan
|
Satuan
|
Simbol Satuan
|
Luas
Volume
Massa jenis
Kecepatan
|
meter
persegi
meter kubik
kilogram
per meter kubik
meter
per sekon
|
m2
m3
kg/m3
m/s
|
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Scientific
2.
Metode : Diskusi dan eksperimen
3.
Model :
Discovery Learning
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat dan Bahan/Media :
-
Peserta didik
-
Tayangan
gambar
-
Laptop
2.
Sumber Belajar :
a.
Buku
: Puskurbuk. 2013. IPA SMP kelas VII.
Politknik Negeri Media Kreatif: Jakarta.
b.
Lingkungan
sekitar
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.Pertemuan
1.
Kegiatan
|
Langkah-langkah
pembelajaran Saintific
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (stimulasi)
Menanya
|
1) Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.
2) Peserta didik bersama guru berdoa
untuk memulai pelajaran.
3) Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
5) Memberikan
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian
6) Melakukan
apersepsi:
Apa yang menyebabkan tinggi
teman dikelas tidak semua sama?
Mengapa warna kulit
teman-teman kebanyakan sawo matang?
Bagaimanakah warna rambut temanmu?.
|
10 mnt
|
Kegiatan inti
|
Observasi
Mengumpulkan Data
Mengasosiasi:
Mengomunikasikan:
|
1)
Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 3
– 5 anak.
2) Peserta didik melakukan kegiatan
saling mengamati dengan menggunakan indera, berkaitan dengan ciri-ciri fisik
yang dapat diamati.
3)
Berdasarkan rencana kegiatan mengamati cirri-ciri yang
dimiliki temanya.
Contoh hasil kerja peserta didik:
·
hasil pengamatan peserta didik:
ciri-ciri yang dimiliki temannya
adalah kulit sawo matang,rambut warna hitam
4)
Peserta didik melakukan kegiatan “kerja dalam IPA” pada
Buku Siswa halaman 6.
5)
Peserta didik melakukan diskusi kelompok mengenai
keterampilan proses: pengamatan, inferensi, dan komunikasi, serta menjelaskan
kegunaan mempelajari IPA.
6)
Peserta didik melakukan kajian pustaka (dapat menggunakan
buku siswa) mengenai objek yang dipelajari dalam IPA.
7)
Peserta didik menyimpulkan hasil prediksi dengan
menggunakan data pengamatan dan kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi
kelompok.
8)
Mempresentasikan hasil pengamatan dan hasil diskusi.
|
60 mnt
|
Penutup
|
1) Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
2) Guru mendorong peserta didik
untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik.
3) Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok
yang berkinerja baik.
4) Guru menyampaikan informasi
materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Pengukuran sebagai Bagian dari
Pengamatan.
5) Guru memberikan tugas untuk
menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.
|
10 mnt
|
2
Pertemuan 2.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
pembelajaran Saintific
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (stimulasi
Menanya
|
1) Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.
2) Peserta didik bersama guru berdoa
untuk memulai pelajaran.
3) Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
5) Memberikan
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian
6) Peserta didik melakukan
pengamatan terhadap tayangan yang disajikan guru mengenai fenomena alam
sebagai objek yang dipelajari dalam IPA, diantaranya penomena alam dan
interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dan
7) Peserta didik menerima
klarifikasi yang dilakukan guru, bahwa “saat melakukan pengamatan, hindari
dulu membuat tafsiran terhadap pengamatan (inferensi)”.
|
10 mnt
|
Kegiatan inti
|
Observasi
Mengumpulkan Data
Mengasosiasi:
Mengomunikasikan:
|
9)
Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 3
– 5 anak.
10)
Peserta didik melakukan kegiatan mengamati garis pada
kertas tisu (garis dibuat dengan spidol) kemudian menyajikan hasil pengamatan
sesuai dengan buku siswa.
11)
Berdasarkan rencana kegiatan mengamati garis pada kertas
tisu yang dibuat dari spidol permanent, jika kertas tisu dicelupkan ke dalam
air dengan posisi garis sedikit di atas permukaan air, setiap peserta didik
mengajukan prediksi peristiwa yang akan terjadi pada garis tersebut.
Contoh hasil kerja peserta didik:
·
prediksi peserta didik: garis itu akan menjadi kabur
karena terkena air yang bergerak naik pada tisu.
·
hasil pengamatan peserta didik: setelah tisu dicelup, air
mulai bergerak naik di dalam tisu. Air mengenai garis, 4 menit kemudian garis
tampak kabur.
·
Jika prediksi tidak sesuai pengamatan, berarti prediksi
tidak tepat.
12)
Peserta didik melakukan kegiatan “kerja dalam IPA” pada
Buku Siswa halaman 3.
13)
Peserta didik melakukan diskusi kelompok mengenai
keterampilan proses: pengamatan, inferensi, dan komunikasi, serta menjelaskan
kegunaan mempelajari IPA.
14)
Peserta didik melakukan kajian pustaka (dapat menggunakan
buku siswa) mengenai objek yang dipelajari dalam IPA.
15)
Peserta didik menyimpulkan hasil prediksi dengan
menggunakan data pengamatan dan kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi
kelompok.
16)
Mempresentasikan hasil pengamatan dan hasil diskusi.
|
20 mnt
|
Penutup
|
1) Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
2) Guru mendorong peserta didik
untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik.
3) Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok
yang berkinerja baik.
4) Guru menyampaikan informasi
materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Pengukuran sebagai Bagian dari
Pengamatan.
5) Guru memberikan tugas untuk
menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.
|
10 mnt
|
3
Pertemuan 3.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
pembelajaran Saintific
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (stimulasi
Menanya
|
1) Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.
2)
Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai
pelajaran.
3) Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
5) Memberikan
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian
6)
Peserta didik melakukan pengamatan terhadap tayangan yang
disajikan guru mengenai fenomena alam sebagai objek yang dipelajari dalam
IPA, diantaranya penomena alam dan interaksi makhluk hidup dengan
lingkungannya dan
7) Peserta didik menerima
klarifikasi yang dilakukan guru, bahwa “saat melakukan pengamatan, hindari
dulu membuat tafsiran terhadap pengamatan (inferensi)”.
8) Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru.
|
10 mnt
|
Kegiatan inti
|
Observasi
Mengumpulkan Data
Mengasosiasi:
Mengomunikasikan:
|
17)
Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 3
– 5 anak.
18)
Peserta didik melakukan kegiatan mengamati objek yang
pada tayangan tentang benda alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari
pola-pola keteraturannya.
19)
.Peserta didik melakukan kegiatan “kerja dalam IPA” pada
Buku Siswa halaman 8.
20)
Peserta didik melakukan diskusi kelompok mengenai
keterampilan proses: pengamatan, inferensi, dan komunikasi, serta menjelaskan
kegunaan mempelajari IPA.
21)
Peserta didik melakukan kajian pustaka (dapat menggunakan
buku siswa) mengenai objek yang dipelajari dalam IPA.
22)
Peserta didik menyimpulkan hasil prediksi dengan
menggunakan data pengamatan dan kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi
kelompok.
23)
Mempresentasikan hasil pengamatan dan hasil diskusi.
|
100 mnt
|
Penutup
|
1 Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
2 Guru mendorong peserta didik
untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik.
3 Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok
yang berkinerja baik.
4 Guru menyampaikan informasi
materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Pengukuran sebagai Bagian dari
Pengamatan.
5 Guru memberikan tugas untuk
menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.
|
10 mnt
|
4.Pertemuan
4.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi
(Stimulasi)
Menanya
|
Pemusatan perhatian
-
memberi salam
-
mengecek kehadiran siswa
-
Guru menunjukkan alat ukur yang sudah dikenal
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
- Menyiapkan peserta didik untuk belajar
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Memberikan motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian
|
10 mnt
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi
masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan
informasi tentang pengukuran dengan metode diskusi informasi
- Memperlihatkan
alat-alat ukur yang tersetandar kepada siswa.
- Membagi siswa
menjadi lima
kelompok
- Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS
- Melakukan
pengukuran sesuai dengan petunjuk LKS
- Siswa mencatat
data pada kolom yang tersedia pada LKS
- siswa
mengolah data yang ada untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada LKS
- Presentasi
hasil pengukuran
- Diskusi
prinsip-prinsip dalam pengukuran
- Membuat
kesimpulan tentang prinsip-prinsip pengukuran
|
50 mnt
|
Penutup
|
- Siswa dan guru mereview hasil pengamatan
- Guru memberikan pujian atau
penghargaan pada individu/kelompok yang bekerja dengan baik
- Siswa menjawab uraian tentang
pengukuran
- Guru memberi tugas untuk mempelajari
materi Besaran Pokok
|
20 mnt
|
5.Pertemuan 5.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi( Stimulus )
Menanya
|
Mengucapkan
salam
Pemusatan
perhatian:
- Guru
memperlihatkan salah satu alat
ukur, misalnya arloji, kemudian guru
mengajukan pertanyaan seperti:
·
Apa nama benda ini?
·
Apa kegunaan benda ini?
- Guru
menyampaikan tujuan dan
manfaat mempelajari besaran pokok
- Memberikan
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian
terhadap materi yang akan disajikan:
*
Apakah pengertian besaran itu?
*
Apa pula yang dimaksud dengan
mengukur ?
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
Pembahasan
tugas
Pengumpulan
data
Verifikasi
Generalisasi
|
- Menyampaikan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan yaitu
mengukur besaran pokok panjang,
massa dan waktu dengan alat ukur
yang sesuai.
-
Mendemonstrasikan cara pengunaan
alat ukur
- Membagi
siswa menjadi beberapa
kelompok
- Siswa
melakukan pengukuran panjang, massa, dan waktu sesuai dngan LKS.
- Siswa
mencatat hasil pengukuran dalam bentuk tabel.
- Setiap
kelompok mempresentasikan
hasil pengukuran.
- Diskusi
tentang besaran pokok yang
lain dengan satuannya
- Membuat
kesimpulan tentang besaran-
besaran pokok.
|
100 menit
|
Penutup
|
- Guru dan siswa mereview hasil
kegiatan pembelajaran.
- Guru
memberikan penghargaan pada
kelompok yang berkinerja baik.
- Siswa
menjawab kuis tentang besaran
pokok.
- memberikan
tugas untuk mempelajari
besaran turunan
|
10 menit
|
6.Pertemuan
6.
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
model discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (Stimulasi)
Menanya
|
·
Guru
mengajak perserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran dan memusatkan
perhatian peserta didik dengan mengecek kehadiran siswa dan memberi motivasi.
·
Peserta
didik mengamati sebuah balok dan segelas air yang ditunjukkan guru
·
Peserta
didik diminta pendapatnya “Bagaimana menentukan volume kedua benda tersebut?”
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan
Tugas dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan
Data
Pengolahan
data dan Analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
·
Peserta
didik membentuk kelompok dengan anggota 3-5 orang
·
Guru
memodelkan cara mengukur volume benda yang tidak teratur
·
Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan cara mengukur volume banda tidak
teratur pada buku siswa hal.17.
·
Peserta
didik secara berkelompok melakukan pengukuran volume benda yang tidak teratur
dengan menggunakan gelas ukur
·
Peserta
didik secara berkelompok melakukan konversi hasil pengukuran dari satuan
mililiter ke cm3 atau m3
·
Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan hasil pengukuran untuk memahami
pengertian besaran turunan dan menyebutkan 3 contoh besaran turunan dan
satuannya
·
Peserta
didik secara berkelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
·
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran pada pertemuan
ini
|
55 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang
berkinerja baik
·
Siswa menjawab kuis tentang besaran turunan.
·
Guru
menyampaikan tentang pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·
Do’a dan salam penutup
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
a. Penilaian
Sikap
1.
Jenis/Teknik Penilaian
- Oservasi :pengamatan langsung terhadap sikap siswa
saat proses pembelajaran
2. Bentuk
Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Ket
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
||||
2
|
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan
pengukuran
|
||||
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
||||
4
|
Rasa cinta lingkungan dalam proses kegiatan
yang dilakukan.
|
Nilai =
skor perolehan/12 x 10
3. Pedoman
Penskoran
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3. Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias,
aktif, dalam kegiatan kelompok
2. Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu
antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1. Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian dan hati-hati
|
3. Mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur,hati-hati dalam melakukan percobaan
2. Mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur,kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1. Mengamati
hasil percobaan tidak sesuai prosedur,tidak hati-hati dalam melakukan
percobaan
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara
individu maupun berkelompok
|
3. Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya
tepat waktu
2. Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas,
namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1. Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Rasa cinta lingkungan dalam proses kegiatan yang dilakukan
|
3. Dengan tanpa disuruh mau menjaga kelestarian dan
kebersihan sekitarnya dengan dengan tindakan nyata.
2. Mau menjaga kelestarian dan kebersihan sekitarnya,
tetapi tidak secara tuntas.
1. mau menjaga kelestarian dan kebersihan sekitarnya,
hanya dengan disuruh.
|
b. Penilaian
Keterampilan
1.
Jenis/Teknik Penilaian
- Tes Unjuk Kerja
2.
Bentuk Instrumen
Lembar observasi keterampilan pengamatan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
Baik (1)
|
Cukup (2)
|
Kurang (3)
|
||
1.
|
Melakukan pengamatan
|
|||
2.
|
Menuliskan hasil pengamatan
|
|||
3.
|
Melakukan analisis/penafsiran
|
|||
4.
|
Menyajikan/Mengkomunikasikan
|
Nilai = skor perolehan/12 x 100
3.
Pedoman Penskoran
Rubrik penilaian keterampilan pengamatan :
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Melakukan pengamatan
|
Melakukan pengamatan
|
Melakukan kegiatan dengan bantuan guru
|
Kegiatan dilakukan secara mandiri (individual
atau kelompok)
|
Menuliskan hasil Pengamatan
|
Pengamatan tidak cermat
|
Pengamatan cermat, tetapi mengandung
interpretasi (tafsiran terhadap pengamatan)
|
Pengamatan
cermat dan bebas interpretasi
|
Melakukan analisis
|
Tidak melakukan penafsiran data
|
Melakukan analisis data, namun tidak melakukan
upaya mengaitkan antar variabel
|
Melakukan analisis dan mencoba mengaitkan antar
variabel yang diselidiki (atau bentuk lain, misalnya mengklasifikasi)
|
Mengomunikasikan
|
Dilakukan secara lisan
|
Lisan dan tertulis, namun tidak dipadukan
|
Memadukan hasil tertulis sebagai bagian dari
penyajian secara lisan
|
c. Penilaian pengetahuan
1. Jenis/Teknik Penilaian
- Tes
tertulis; uraian
2. Bentuk Instrumen
- essy
Instrumen
:
1. Jelaskan tiga komponen keterampilan proses dalam
pelajaran IPA!
2. Jelaskan manfaat mempelajari IPA!
3. Sebutkan objek yang dapat dipelajari dalam IPA
4.
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan besaran pokok!
5.
Sebutkan
3 besaran pokok beserta satuannya!
6.
Alat
apa yang digunakan untuk mengukur:
a.
ketebalan
benda.
b.
massa
benda.
c.
waktu.
d.
diameter
benda
Kunci
jawaban :
1. mengamati,
menginferensi, dan mengomunikasikan. Pengamatan untuk mengumpulkan data dan
informasi, dengan panca indra dan/atau alat ukur yang sesuai. Kegiatan
inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan, untuk
menemukan pola-pola, hubungan-hubungan, serta membuat prediksi. Hasil dan
temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan. Yang
dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, graik, bagan,
dan gambar yang relevan.
2. Manfaat
Belajar IPA:
a. Memahami
berbagai hal disekitar kita
b. Menyelesaikan
masalah
c. Berfikir
logis dan sistematis
d. Meningkatkan
kualitas hidup
3. Obyek
yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala
interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya.
4.besaran pokok adalah besaran yang satuannya menjadi
dasar
satuan
besaran lain.
5a. – besaran panjang satuannya
meter.
b- besaran massa satuannya kilogram.
- c besaran waktu satuannya sekon.
6. a. Mikeometer sekrup.
b. neraca.
c. stop watch/arloji
d. jangka sorong
3. Pedoman Penskoran
Rubrik penilaian uraian
No
|
Uraian
|
skor
|
1
|
Jika jawaban benar
|
10
|
2
|
Jika jawaban benar
|
10
|
3
|
Jika jawaban benar
|
10
|
Total
|
30
|
Nilai =
skor perolehan/3 x 100
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4 Sukasada
I GEDE SUMATRA JAYA,S.Pd
NIP. 196503291986011001
|
Panji Anom,
21 Juli 2014
Guru Mata Pelajaran IPA
GEDE SUCITA S.Pd.Bio
NIP. 19621111 198411 1001
|
kenapa pertemuannya ada 6 kali. terus di bagian identitas cuman 2x40 menit (2 jam pelajaran)?